(vpn chrome app, what is vpn app for iphone, free vpn without app, easy vpn app store, cloud vpn app, vpn server app, best vpn in app store, what is a vpn app, android vpn app apk, mac app store vpn, opera vpn app, cisco vpn app for iphone, best paid vpn app for android, best vpn app for china, vpn mac app, what is vpn app, best free vpn app for android phones, vpn token app, pia vpn app, best cheapest car insurance company, who is the best car insurance company for young drivers, best term insurance company, best online car insurance company, best insurance company for drivers with points, best cheap car insurance company, best company for auto insurance, best cheapest auto insurance company, best car insurance company for new drivers, best company for car insurance, cheapest best auto insurance company, which is the best insurance company for auto, what is the best home and auto insurance company, what is the best and cheapest auto insurance company, best and cheapest car insurance company, best company for home and auto insurance, navigators insurance company am best rating, best car insurance company 2015, what is the best insurance company for auto, best car insurance company california, usda loan mortgage companies, qualifications for a conventional mortgage loan, mortgage home loan process, va mortgage loan credit score requirements, what is the mortgage rate for a va loan, how to apply for a va mortgage loan, mortgage loan omaha, movement mortgage va loan, sierra pacific mortgage my home loan, when to refinance mortgage loan, how much is a jumbo mortgage loan, mortgage loan options for first time home buyers, mortgage loan income to debt ratio, what does it take to be a mortgage loan officer, refinance mortgage and equity loan, qualify for a fha mortgage loan, second mortgage or home equity loan, advantages of a va mortgage loan, va mortgage loan closing costs, apply for mortgage loan online with bad credit)

Alfian Nugraha Saya Adalah Seorang CMO (Chief Marketing Officer) Ahli Dalam Bidang Optimasi SEO Yang Khususnya Dalam Pembuatan Konten Artikel

Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi Google Ranking? Terupdate

8 min read

Faktor Apa Saja Yang Dapat Mempengaruhi Google Ranking? Terbaru 2022

Faktor Google Ranking – Tahukah Anda bahwa ada lebih dari 200 faktor yang mempengaruhi peringkat situs web di Google? Karena itulah persaingan di halaman pertama Google begitu sengit.

Agar adil dan mencegah manipulasi, Google sengaja memiliki banyak faktor penilaian.

Tapi untungnya, Anda tidak harus memenuhi semua faktor peringkat Google ini untuk menjadi nomor satu. Ini karena 200 faktor peringkat Google tidak semuanya memiliki bobot yang sama.

Maka dari itu, sebaiknya fokuskan saja pada elemen utama strategi SEO Anda yang paling mempengaruhi penilaian Google, yaitu:

  1. Kualitas Konten
  2. Backlink
  3. Search Intent
  4. Kecepatan Website
  5. Mobile Friendly
  6. Domain Authority
  7. Optimasi Kata Kunci
  8. Struktur Website
  9. Keamanan Website
  10. User Experience
  11. Informasi Bisnis yang Relevan

Baca Juga : Technical SEO: Pengertian Manfaat Dan Hal Yang Harus Diperhatikan

Oh ya, sebelum kami menjelaskan faktor peringkat Google di atas, ada baiknya Anda membaca → Belajar SEO terbaru untuk pemula (update 2022). 

Dengan cara ini Anda dapat memahami cara kerja Google dan tidak bingung dengan istilah yang akan kami gunakan di artikel ini.

Nah sebelum ke pembahasan dari 11 urutan di atas anda bisa melihat dulu video dari baotme indonesia 

yang mana akan memberikan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi anda tetep terus pantengin channel youtube baotme.com ya 

dan jangan lupa like koment and subscribe silahkan llihat di bawah ini: 

11 Faktor Google Ranking Paling Penting Bagi Bisnis Anda

Algoritma Google terus diperbarui dan ditingkatkan. Jadi faktor peringkat utama Google di bawah ini juga bisa berubah sewaktu-waktu.

Saat ini, 11 faktor google ranking tersebut memang menjadi faktor google ranking yang paling utama. Namun, jika ada perubahan di masa mendatang, kami akan memperbarui artikel ini sesegera mungkin dan sesuai dengan mengikuti algoritma google.

1. Kualitas Konten Artikel Anda

kualitas konten artikel

Pada awal tahun 1996, pendiri Microsoft Bill Gates pernah berkata, “Konten adalah raja.” 

Dua puluh empat tahun kemudian, kata-katanya masih berlaku. Di mata Google, konten adalah raja dan harus diutamakan.

Konten berkualitas tinggi juga akan mendapat peringkat tinggi di SERP atau hasil pencarian Google.

Ini sangat penting, jika sebuah website memenuhi sebagian besar syarat dalam artikel ini, namun kontennya ceroboh, 

maka website tersebut tetap tidak bisa menempati peringkat pertama.

kejam? Tidak terlalu kejam sih!.

Sebab, faktor kualitas konten ini bisa dikatakan berkaitan erat dengan misi Google.

Google diciptakan untuk memberikan informasi berguna yang dapat diakses dengan mudah oleh semua orang. 

Percuma kalau isinya asal-asalan, kan?

Jadi, saat membuat konten, ingatlah hal-hal berikut:

Baca Juga : 15 Tips Mudah Optimasi SEO On Page Untuk Website Dan Blog

Kelengkapan Konten Website Anda

Konten lengkap tidak harus panjang, karena tidak ada aturan baku tentang jumlah kata. Ada yang membutuhkan setidaknya 2.500 kata dan ada yang membutuhkan 1.890 kata.

Namun, satu hal yang pasti: konten yang luas mencakup topik yang mendalam.

Misalnya, orang menelusuri “daftar film korea terbaik”. Tentunya dia ingin tahu apa film korea terbaik sepanjang masa, bukan?

Masih contoh yang sama. Agar kontennya lengkap, usahakan tidak hanya menyediakan daftar film korea, tapi juga informasi lain terkait film yang lainnya.

Mulailah dengan siapa sutradara, pemeran, anggaran, opini box office, penghargaan, ulasan singkat Anda, dan banyak lagi.

Selain itu, jika situs lain hanya mencantumkan 10 atau 15 film, Anda dapat menawarkan 20, 25 atau lebih film asli. Dengan cara ini, konten Anda lebih lengkap dan mendalam dibandingkan situs pesaing.

Sering Update Konten

Faktor peringkat Google ini sebenarnya tergantung pada situs dan kata kunci yang dicari.

Misalnya, website Anda adalah website berita. Artinya konten yang Anda muat adalah berita dan informasinya harus selalu diupdate.

Misalnya update jumlah korban kecelakaan, skor pertandingan pada menit tertentu, dll. Dengan cara ini pencari selalu mendapatkan berita terbaru setiap kali mereka mencari menggunakan kata kunci tersebut.

Namun jika jenis konten yang Anda cari bukanlah berita, melainkan panduan atau daftar yang direkomendasikan, itu lain cerita

Nah, seperti yang Anda ketahui, bentuk dasi tidak banyak berubah, dan cara pemakaiannya pun tidak berubah sejak dulu. 

Dengan begitu panduan tahun apa pun dapat menghiasi bagian atas Google.

Akurasi Konten

Kok isinya panjang dan baru, tapi ternyata menyesatkan/hanya scam. 

Bayangkan pengguna mencari “presiden pertama Indonesia” dan Atta Halilintar muncul. Pengguna dapat meninggalkan Google dan beralih ke mesin telusur lain.

Apalagi jika kata kunci yang Anda cari terkait dengan kehidupan masyarakat, seperti “dosis obat lansoprazole”. 

Jika Google keliru memberikan dosis yang tepat, pengguna dapat mengalami overdosis atau sembuh dari penyakit.

Baca Juga : 20 Cara Membuat Artikel SEO Friendly Terbaru 2022

Oleh karena itu, Anda harus membuat konten yang autentik dan tidak mencoba mengelabui Google atau pengguna. 

Itu karena Google menggunakan algoritme kompleks seperti grafik pengetahuan dan basis data SEO untuk mendeteksi konten yang menyesatkan dalam hasil penelusurannya.

Struktur Konten

Banyak pemilik website yang meremehkan struktur konten website mereka.

Padahal, jika konten berantakan, pengunjung akan bosan karena tidak bisa dengan mudah mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Dengan cara ini, konten tampak tidak berguna bagi pengunjung.

Oleh karena itu, saat Anda membuat konten, Anda harus memperhatikan strukturnya. Secara umum, sebuah artikel dibagi menjadi tiga bagian: pengantar, tubuh utama dan kesimpulan.

Jangan bolak-balik ke diskusi setiap sesi, oke? Karena, ini bisa sangat membingungkan pengunjung Anda.

Juga, Anda dapat menggunakan judul dan subjudul (H2, H3, H4, dll.) Jika poin pembicaraannya masih sama.

Jangan lupa untuk menggunakan poin-poin jika Anda menjelaskan beberapa hal sekaligus. Terlebih lagi, poin-poin juga dapat meningkatkan peluang Anda untuk muncul di fitur snippet

Backlink

Hasil dari upaya SEO Off Page juga termasuk dalam faktor peringkat Google. Salah satunya adalah backlink.

Tautan balik adalah tautan ke situs web Anda sendiri yang dipasang di situs web lain. 

Semakin banyak backlink yang Anda miliki, semakin penting, bermanfaat, dan tepercaya situs web Anda.

Karena situs lain tidak akan ragu untuk menjadikan Anda panutan mereka. Bahkan jika Anda adalah pesaing. 

Inilah mengapa backlink menjadi salah satu faktor utama dalam peringkat Google.

Namun, Anda harus berhati-hati dengan backlink. Seperti konten, backlink harus berkualitas tinggi. Jadi, Anda tidak bisa begitu saja menerima backlink dari situs web sembarangan.

Tautan balik Anda harus relevan dan berasal dari situs tepercaya dengan lalu lintas yang stabil. 

Tidak masalah jika Anda memiliki jumlah backlink yang sedikit, asalkan berkualitas tinggi. Alih-alih backlink acak dari situs tidak jelas yang tidak terhubung sama sekali.

Jika Anda ingin tahu bagaimana menemukan backlink berkualitas silahkan anda bisa menghubungi baotme indonesia dari jasa pembuatan backlink berkualitas.

3. Search Intent

search intent

Singkatnya, maksud pencarian adalah apa yang sebenarnya dicari orang di Google. Jika user mencari “tips budidaya ikan gabus”, 

berarti dia sedang mencari tips/panduan cara beternak ikan gabus yang baik dan benar. 

Daripada mencari sejarah dan asal muasal keberadaan lele di Indonesia.

Atau ketika pengguna mencari “beli kucing impor”, itu berarti dia mencari situs web yang menjual kucing impor karena dia ingin membelinya.

Ketika mencari cara untuk menyelundupkan dan mengimpor kucing dari luar negeri.

Google tidak akan memberi Anda posisi teratas jika Anda disesatkan. Karena konten Anda tidak berguna dan tidak memenuhi kebutuhan pengguna.

Jadi, setiap kali Anda membuat konten, pastikan diskusi sesuai dengan maksud pencarian pengguna. 

Untuk mengetahuinya, Anda bisa memulainya dengan melakukan riset kata kunci.

4. Kecepatan Situs Web

kecepatan website

Siapa yang tidak marah ketika mereka mengklik situs web di hasil pencarian Google dan tidak terbuka? 

Faktanya, pengguna menginginkan jawaban segera karena dia bermaksud untuk membuat orang yang dia sukai terkesan dengan sanjungan Google.

Yah, Google tahu ini dengan sangat baik. 

Baca Juga : 9 Cara Riset Kyword Paling Jitu Untuk Blog Dan Website

Google tahu bahwa orang ingin mendapatkan informasi dengan cepat dan tidak ingin menghabiskan terlalu banyak waktu untuk melihat ikon pemuatan berputar. 

Oleh karena itu, Google akan mengutamakan website yang cepat dalam hasil pencariannya.

5. Mobile Friendly

mobile friendly

Saat ini, smartphone telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia modern. Faktanya, 52,2% lalu lintas situs web berasal dari perangkat seluler, lho.

Jadi tidak mengherankan jika Google menerapkan algoritma baru pada tahun ini, Google Mobile First Index. 

Algoritme memprioritaskan kinerja situs web pada perangkat seluler daripada komputer.

Artinya, website yang sulit dibuka dan terlihat berantakan saat diakses dari smartphone bebas turun peringkat. 

Bahkan, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada halaman pertama Google.

6. Domain Authority

domain authority

Bisa dibilang Domain Authority (DA) adalah cara Google mengevaluasi reputasi dan keahlian sebuah website pada topik yang sedang dibahas. 

Dengan kata lain, semakin tinggi skornya (0 – 100), semakin Google percaya bahwa Anda ahli dalam topik tersebut dan dapat menyediakan konten berkualitas tinggi.

Oleh karena itu, situs dengan skor tinggi cenderung berperingkat lebih tinggi dalam hasil penelusuran. 

Ibaratnya di sekolah, siswa dengan nilai tinggi lebih berpeluang mendapat peringkat 10 besar.

Jadi, bagaimana untuk melihat nilai DA ini? 

untuk melihat nilai DA situs Anda, Anda bisa menggunakan tools seperti Ahrefs atau Moz.tersedia gratis di google.

7. Optimasi Keyword

optimasi keyword

Orang menggunakan kata kunci tertentu untuk mencari sesuatu di Google.

Jadi wajar saja jika kata kunci menjadi faktor penentu peringkat sebuah website di Google. 

Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa konten yang Anda posting dioptimalkan dengan kata kunci.

Optimalisasi kata kunci juga dikenal sebagai SEO on-page. 

Anda bukan hanya tempat mengetik kata kunci ke dalam konten Anda. Ada juga deskripsi meta, gambar, tag judul dan banyak lainnya.

8. Struktur Situs Web

struktur website

Selain struktur konten yang sudah dibahas di atas, struktur website juga menjadi faktor utama peringkat Google lho.

mengapa demikian? Ini karena struktur yang bersih memudahkan Googlebot untuk melakukan proses pengindeksan di situs Anda.

Baca Juga : Paduan Terlengkap SEO Off Page Terbaru 2022

Sederhananya, Googlebot adalah perayap web yang bertanggung jawab memasukkan situs web Anda ke dalam basis data Google.

Dengan begitu, saat pengguna mencari kata kunci tertentu di Google, website Anda akan muncul di hasil pencarian.Nah, proses ini disebut pengindeksan.

Dapat dilihat dari penjelasan di atas bahwa proses indexing sangatlah penting. Jadi, jangan biarkan Googlebot mengalami masalah di situs Anda. 

Siapa yang tidak lelah ketika pekerjaannya menjadi sulit?

9. Keamanan Situs Web

keamanan situs web anda

Kejahatan dunia maya sedang meningkat. Faktanya, WordPress diretas sekitar 90.000 kali per menit, lho.

Maka tidak heran jika Google memasukkan faktor keamanan sebagai faktor pemeringkatan website sejak tahun 2014. 

Google tidak ingin menampilkan situs yang tidak aman di bagian atas karena itu menyuruh pengguna masuk ke kandang Macan.

Baca Juga : Cari Tau Apa itu SEO? Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya (Update)

10. User Eksperience

user experience

Pengalaman pengguna adalah cara pengalaman pengunjung Anda berinteraksi dengan situs web Anda.

Apakah pengunjung kesulitan menemukan apa yang mereka butuhkan? 

Atau apakah interaksinya begitu lancar sehingga mudah ditemukan?

Oleh karena itu, Anda dapat menebak bahwa situs dengan pengalaman pengguna yang buruk tidak diprioritaskan oleh Google di bagian atas hasil pencarian. 

Karena situs web menyulitkan pengunjung dan membuat mereka frustrasi.

Jadi, bagaimana Google mengetahui situs mana yang memiliki pengalaman pengguna yang baik dan situs mana yang tidak? Apakah pengguna akan melaporkannya ke Google?

Tidak, tidak seperti itu. Sebaliknya, Google menggunakan kecerdasan buatan (AI) canggih yang disebut RankBrain.

RankBrain mengevaluasi pengalaman pengguna situs web Anda berdasarkan tiga faktor:

CTR

CTR (Click Through Rate) adalah persentase berapa banyak orang yang mengklik website Anda di hasil pencarian Google. Misalnya, situs Anda muncul di Google 1.000 kali untuk kata kunci “kucing”, tetapi pencari hanya mengklik 100 kali. Jadi, ini berarti CTR Anda adalah 10%.

Google menganggap RKPT tinggi sebagai tanda relevansi situs dan solusi bagi pencari

  • Bounce Rate

Sederhananya, Bounce Rate adalah persentase orang yang membuka halaman dan langsung meninggalkan situs web Anda tanpa interaksi apa pun. 

Juga tidak hanya mengklik menu atau satu tautan.

Nah, Bounce rate yang tinggi sebenarnya merupakan indikasi dari hal yang buruk jika dibandingkan dengan rasio klik-tayang. 

Baca Juga : 8+ Cara Optimasi Kecepatan Website dan Blog Anda

Persentase Bounce Rate yang lebih tinggi berarti kualitas konten di halaman tersebut sangat rendah. 

Karena tidak sesuai dengan maksud pencarian, tidak diperbarui, menyesatkan, atau karena alasan lain.

Jika demikian, Google tidak akan memberi Anda posisi teratas karena situs Anda tidak berguna dan tidak relevan.

  • Dwell Time

Dwell Time adalah jumlah waktu yang dihabiskan pengunjung di situs Anda setelah mengeklik dari hasil penelusuran Google. 

Semakin lama waktu tinggal, semakin baik.

Ya, dwell time hampir sama dengan bounce rate di atas. 

Bedanya, bounce rate hanya berfokus pada satu halaman saja, sedangkan dwell time berfokus pada keseluruhan website.

Untuk menambah waktu tunggu, Anda dapat mengubah situs web agar lebih ke user friendly

11. Memberikan Informasi Bisnis Yang Jelas Dan Konsisten

memberikan informasi bisnis yang jelas

Faktor peringkat Google terakhir ini berlaku terutama bagi mereka yang memiliki kehadiran online. 

Google memeringkat merek yang dianggapnya paling kredibel, tepercaya, dan relevan dalam hasil penelusurannya.

Baca Juga : Mudah! Optimasi Website Agar Mobile Friendly Dalam 11 Langkah

Jadi, semakin jelas dan konsisten informasi tentang bisnis Anda di Internet, Google akan semakin memprioritaskannya.

Faktor peringkat Google ini juga dikenal sebagai SEO lokal, dan setidaknya ada tiga hal yang harus Anda perhatikan:

  • tampilkan nama, alamat lengkap, dan nomor telepon yang sama di banyak tempat;
  • Mendaftar dan melengkapi profil di Google Bisnisku;
  • Miliki ulasan konsumen di Google dan situs ulasan lainnya;

Ayok Fokuskan Pada Strategi Seo Anda Sekarang Berdasarkan Faktor Google Ranking Di Atas!

Ayok Fokuskan Pada Strategi Seo Anda Sekarang Berdasarkan Faktor Peringkat Google Di Atas!

Setelah membaca artikel dari baotme.com ini, apakah Anda berpikir: “Sebenarnya SEO adalah tentang menyenangkan Google atau menyenangkan pengguna, bukan?”

Jawabannya memuaskan kedua belah pihak.

Ya, Google dan penggunanya pasti senang karena situs Anda berada di urutan teratas.

Meski begitu, Anda tetap harus memprioritaskan pengguna Anda. Mengapa? Ingat Google diciptakan untuk satu tujuan: memberikan informasi yang berguna dan dapat diakses oleh semua orang.

Terdengar sulit? mungkin. Namun jangan khawatir, semua kerja keras, waktu, dan tenaga Anda akan terbayar mahal pada akhirnya.

Baca Juga : Paduan SEO Link Building Terlengkap Bagi Pemula [Terbaru]

Faktanya, tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa mendapatkan tempat nomor satu di Google seperti menemukan jin dalam botol yang dapat mengabulkan keinginan apa pun.

Apakah Anda ingin situs web terkenal? bisa! Apakah Anda ingin menjual bisnis online Anda dengan baik? Tentu! Ingin pendapatan AdSense ratusan juta? Jelas Anda bisa!

Jadi mulailah sekarang dengan memfokuskan strategi SEO Anda pada 11 Faktor google ranking untuk meraih Peringkat Google.

Selamat mencoba strategi SEO dan selamat anda telah mengetehui faktor-faktor yang mempengaruhi Google ranking Anda, ya!

Alfian Nugraha Saya Adalah Seorang CMO (Chief Marketing Officer) Ahli Dalam Bidang Optimasi SEO Yang Khususnya Dalam Pembuatan Konten Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index