(vpn chrome app, what is vpn app for iphone, free vpn without app, easy vpn app store, cloud vpn app, vpn server app, best vpn in app store, what is a vpn app, android vpn app apk, mac app store vpn, opera vpn app, cisco vpn app for iphone, best paid vpn app for android, best vpn app for china, vpn mac app, what is vpn app, best free vpn app for android phones, vpn token app, pia vpn app, best cheapest car insurance company, who is the best car insurance company for young drivers, best term insurance company, best online car insurance company, best insurance company for drivers with points, best cheap car insurance company, best company for auto insurance, best cheapest auto insurance company, best car insurance company for new drivers, best company for car insurance, cheapest best auto insurance company, which is the best insurance company for auto, what is the best home and auto insurance company, what is the best and cheapest auto insurance company, best and cheapest car insurance company, best company for home and auto insurance, navigators insurance company am best rating, best car insurance company 2015, what is the best insurance company for auto, best car insurance company california, usda loan mortgage companies, qualifications for a conventional mortgage loan, mortgage home loan process, va mortgage loan credit score requirements, what is the mortgage rate for a va loan, how to apply for a va mortgage loan, mortgage loan omaha, movement mortgage va loan, sierra pacific mortgage my home loan, when to refinance mortgage loan, how much is a jumbo mortgage loan, mortgage loan options for first time home buyers, mortgage loan income to debt ratio, what does it take to be a mortgage loan officer, refinance mortgage and equity loan, qualify for a fha mortgage loan, second mortgage or home equity loan, advantages of a va mortgage loan, va mortgage loan closing costs, apply for mortgage loan online with bad credit)

Alfian Nugraha Saya Adalah Seorang CMO (Chief Marketing Officer) Ahli Dalam Bidang Optimasi SEO Yang Khususnya Dalam Pembuatan Konten Artikel

15 Tips Mudah Optimasi SEO On Page Untuk Website Dan Blog

7 min read

15 tips mudah optomasi seo on page

Dalam SEO, ada banyak faktor yang perlu diperhatikan agar sebuah website bisa cepat rangking di SERPs atau hasil pencarian.

Untuk kemudahan dalam prakteknya, SEO dibagi menjadi dua jenis yaitu SEO on-site dan SEO off-site.

Nah, pada postingan artikel  kali ini, kita akan membahas bagaimana cara optimasi SEO on-page di website Anda,

yang ternyata tidak semudah yang Anda bayangkan. Tetapi jika Anda melakukannya dengan serius, itu pasti akan membuahkan hasil. 

Kali ini baotme indonesia akan membahas teknik SEO On-Page dengan penjelasan yang lebih lengkap sehingga mudah dipahami bahkan untuk pemula.

Semakin baik optimasi, semakin besar peluang halaman website Anda muncul di halaman pertama hasil mesin pencari seperti Google.

Jika website Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian, peluang Anda untuk dikunjungi tentu saja lebih baik.

Apalagi jika situs Anda berada di urutan teratas halaman pertama hasil pencarian.

Hal ini juga akan berdampak pada jumlah pengunjung atau pengikut Anda, karena semakin banyak pengunjung, 

Maka semakin besar kemungkinan layanan dan produk Anda akan diikuti atau produk dan jasa yang dibeli.

Pada dasarnya, pengoptimalan ini adalah cara untuk meningkatkan traffic web.

Oke baiklah kita cukupkan pembukaan artikel ini dan langsung saja ke inti dari pembahasannya

tetapi sebelum itu anda juga perlu melihat video optimasi SEO yang akan membantu anda dalam menaikan traffic website dan blog anda 

silahkan saja lihat video di bawah ini dan jangan lupa kunjungi youtube kami dan jangan lupa juga like comment dan subscribe channel youtube kami

supaya bisa rutin memberikan informasi tips dan trik serta ilmu pengetahuan untuk solusi website anda

Yuk Cari Tahu Apa Itu SEO-On Page?

SEO On-page adalah praktik optimasi SEO yang dilakukan pada konten yang dipublikasikan. Langkah-langkah optimasi SEO pada halaman fokus pada faktor-faktor dalam konten. 

Secara sederhana, SEO on-page dapat dijelaskan sebagai langkah optimasi untuk meningkatkan kualitas konten Anda sehingga pembaca dapat dengan mudah membaca dan memahami situs web atau blog Anda.

Tidak hanya itu, SEO on-page yang dioptimalkan juga akan memudahkan mesin pencari untuk memahami konteks konten Anda dan relevansi situs web Anda dengan kata kunci yang Anda cari

15 Tips Mudah Optimasi SEO-On Page

Setidaknya ada 15 strategi SEO on-page yang bisa Anda terapkan. Dari memperbaiki permalink hingga yang sederhana hingga mengubah pengaturan tautan untuk dibuka di tab baru. Apa saja langkah-langkahnya? Simak penjelasannya di bawah ini!

permalink seerhana

Permalink sederhana adalah salah satu metrik utama SEO 2019. Permalink yang sederhana akan memudahkan mesin pencari untuk mengidentifikasi topik yang sedang Anda diskusikan. 

Idealnya, permalink berisi kata kunci fokus yang cukup yang ingin Anda targetkan.

Misalnya, Anda menargetkan kata kunci jam tangan pria. Tautan permanen yang ideal untuk jenis konten ini adalah seperti ini:

www.websiteanda.com/optimasi-seo misalkan

Dan Sayangnya, secara default, WordPress membuat permalink Anda seperti ini:

www.websiteanda.com/2019/05/titlearticle

Jadi, Anda perlu mengubahnya secara mandiri. Tenang,  tak perlu khawatir gaess untuk cara mengubah struktur permalink ini sangat mudah.

Anda hanya perlu membuka dashboard WordPress Anda dan klik Settings > Permalinks. Setelah itu, pilih struktur permalink nama posting dan klik simpan.

menyelesaikan! Sekarang, struktur permalink situs Anda cukup sederhana untuk dikenali oleh Google.

2. Buat Judul Konten Yang Menarik

buat judul yang menarik

Ketika orang mencari kata kunci di Google, mereka hanya melihat judul dan deskripsi singkat dari konten Anda di hasil pencarian. Oleh karena itu, Anda perlu membuat judul semenarik mungkin agar orang langsung tertarik membaca konten Anda.

Anda dapat menambahkan angka atau kata sifat untuk membuat judul artikel yang menarik. Menurut Content Marketing Institute, judul dengan angka 45% lebih baik daripada judul tanpa angka. Misalnya:

  • 50+ Template Blog Keren dan SEO Friendly
  • Ketahui Bagaimana cara membuat website dari awal? 
  • Cara menghasilkan uang dari Website 

Namun, tidak semuanya cocok untuk menggunakan angka dalam judul. Tentu saja, Anda tidak selalu harus menggunakan angka dalam judul. Banyak variasi headline lainnya juga bisa menarik perhatian pembaca.

3. Tambahkan Gambar atau Video

tambahkan gambar atau video

Konten yang hanya berupa teks tentu akan sangat membosankan bagi pembaca. Selain membosankan, konten tanpa media visual juga bisa melelahkan untuk dibaca. 

Jadi pastikan untuk menambahkan setidaknya satu atau dua gambar ke setiap konten Anda.

Lebih baik lagi jika Anda menambahkan media visual seperti video.

Ada yang menyebutkan bahawa Artikel dengan video 53 kali lebih mungkin muncul di halaman pertama di hasil pencarian Google daripada artikel tanpa video.

4. Optimalisasi Gambar

optimasi gambar

Ketiga, kami sarankan untuk menambahkan gambar ke konten Anda. Agar gambar yang Anda tambahkan dapat meningkatkan kualitas SEO on-page Anda, Anda perlu memperhatikan beberapa hal.

Pertama, anda  jangan lupa untuk mengoptimalkan gambar yang Anda tambahkan. Yang mengatakan, pastikan ukuran gambar tidak terlalu besar. 

Gambar besar hanya akan memperlambat pemuatan situs web. Jadi, Anda perlu mengurangi ukuran gambar. Setidaknya satu gambar harus berukuran tidak lebih dari 100KB.

Anda dapat memanfaatkan layanan kompresi gambar seperti TinyPNG, ILoveIMG, Trimage, Kraken, dan OptiPNG. 

Layanan ini akan membantu Anda mengurangi ukuran gambar tanpa mengurangi kualitasnya.

Yang Kedua, berikan nama file berdasarkan kata kunci fokus yang Anda targetkan. Nama file yang cocok dengan kata kunci fokus dapat membantu gambar muncul di Penelusuran Gambar Google.

Dan ,Ketiga, ubah teks alt berdasarkan kata kunci fokus. Teks alternatif, atau teks alternatif, membantu Google mengidentifikasi topik yang Anda diskusikan di konten Anda. 

Selain itu, teks alt yang tepat dapat memudahkan gambar muncul di hasil pencarian gambar.

Untuk mengubah teks alt, klik pada gambar dan di sebelah kanan Anda akan melihat pengaturan seperti ini. 

Ubah teks alternatif berdasarkan kata kunci fokus yang Anda targetkan. Jika ada beberapa gambar dalam satu konten, Anda dapat memodifikasi teks alt menggunakan kata kunci turunan atau LSI-nya.

5. Dalam Artikel Anda Gunakan Judul dan Subjudul

Untuk membuat konten lebih mudah dibaca pengunjung, Anda perlu membuat struktur konten yang jelas dan mudah dipahami. 

Salah satu cara untuk membuat struktur konten yang mudah dipahami adalah dengan menggunakan judul dan subjudul.

Judul dan subjudul digunakan untuk membagi artikel Anda menjadi beberapa bagian. Singkatnya, judul dan subjudul seperti bab dan subbab yang ada dalam sebuah buku. 

Dengan judul dan subjudul, pembaca akan lebih mudah untuk sampai pada poin yang mereka butuhkan.

Selain itu, judul dan subjudul membantu mesin telusur memahami konten Anda.

Judul memudahkan bot mesin pencari untuk merayapi konten dan memperlakukannya sebagai subjek konten.

WordPress menyediakan heading 1 sampai 6. Judul 1 biasanya otomatis digunakan sebagai judul. Jadi hal selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah heading 2 hingga heading 6. 

Namun, biasanya Anda hanya membutuhkan judul atau heading 4 paling banyak. Di setiap judul, Anda harus memasukkan kata kunci fokus atau beserta turunannya.

6. Letakkan Focus Keyword Di 100 kata Teratas

letakan focus keyword di 100 kata teratas

Selain judul, paragraf pertama juga harus memberikan kesan pertama yang baik bagi pembaca. Anda harus memahami apa yang akan Anda sampaikan dalam konten Anda. 

Oleh karena itu, jika memungkinkan, yang terbaik adalah menempatkan kata kunci fokus Anda di 100 kata pertama.

Meski begitu, tidak semua kata kunci fokus cocok untuk ditempatkan di 100 besar. Jika tidak memungkinkan, tidak perlu memaksakan kata kunci fokus berada di paragraf pertama.

7. Gunakan Tema Yang Responsive (Mobile Friendly)

Pilih tema yang responsif

Tema responsif adalah tema yang kompatibel dengan perangkat apa pun. 

Baik Anda membukanya di desktop, tablet, atau perangkat seluler, situs web Anda akan tetap berfungsi dengan baik dan responsif.

Sayangnya, tidak semua tema WordPress responsif. Jadi, Anda harus berhati-hati sebelum memilih tema WordPress yang SEO friendly untuk situs web Anda. 

Pastikan tema yang Anda pilih responsif di semua perangkat, terutama seluler.

Terlebih lagi, Google kini telah menerapkan pengindeksan yang mengutamakan seluler, yang mengharuskan pemilik situs untuk membuat situs yang ramah seluler. 

Dengan Google Mobile First Index, Google kini mengevaluasi kinerja situs melalui versi seluler situs tersebut. 

Jika situs seluler Anda berkinerja buruk, kemungkinan besar akan berdampak negatif pada kualitas SEO situs Anda secara keseluruhan.

masukan outbond link

Saat membuat konten, cobalah untuk memiliki setidaknya satu tautan ke situs web lain atau satu tautan keluar.

Tapi, bukan situs asal-asalan, ya. Pastikan situs web yang Anda gunakan sebagai sumber rujukan memiliki reputasi yang baik.

Tautan keluar digunakan untuk menunjukkan bahwa konten yang Anda buat memiliki sumber yang dapat diandalkan. 

Konten Anda juga dianggap memiliki topik yang sama dengan situs perujuk, dengan tautan ke sumber perujuk yang sesuai.

maksimalkan internal link

Tidak hanya outbound link, Anda juga perlu memaksimalkan internal link. Tautan internal adalah tautan ke konten lain di situs web Anda. 

Jenis tautan ini penting untuk memudahkan pembaca berpindah dari satu konten ke konten lainnya di situs web Anda.

Selain itu, tautan internal membantu mesin telusur memahami konteks dan hubungan antar halaman di situs web. 

Google memprioritaskan situs dengan konten yang saling berhubungan. Dan dengan tautan internal, Anda dapat menunjukkan hubungan antar konten di situs Anda.

10. Tingkatkan Kecepatan Loading Website

tingkatkan kecepatan website

Pemuatan website  yang lambat hanya akan membuat pengunjung frustrasi dan kesal menunggu dan setelah pengunjung website anda kesal ia akan meninggalkan situs Anda. 

Semakin banyak orang meninggalkan situs web Anda, semakin tinggi rasio pentalan. Tingkat bouncing yang tinggi pasti dapat berdampak buruk pada kualitas SEO Anda.

Oleh karena itu, Anda harus meningkatkan kecepatan situs web Anda. Sekarang coba periksa kecepatan memuat situs web Anda. Anda dapat menggunakan salah satu dari 10 alat ini untuk memeriksa kecepatan loading website

Jika website Anda masih loading lebih dari 5 detik, Anda harus mulai lebih waspada. 

Karena menurut penelitian Google, 53% pengunjung meninggalkan situs web yang membutuhkan waktu lebih dari 3 detik untuk memuat.

Apa yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan situs web? Ada banyak langkah yang diperlukan untuk mempercepat loading blog atau website yang salah satunya pada artikel ini

11. Gunakan LSI Keyword

gunakan lsi keyword

Anda benar-benar perlu mengulang kata kunci fokus beberapa kali dalam sebuah konten. Namun, bukan berarti Anda boleh berlebihan. 

Pengulangan kata kunci yang berlebihan hanya akan menyebabkan Google melihat konten Anda sebagai spam.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan kata kunci LSI. Kata kunci LSI adalah kata kunci yang masih memiliki arti yang mirip dengan kata kunci yang Anda targetkan.

Mengapa saya perlu menggunakan kata kunci LSI? Karena kata kunci yang diberikan keyword tool biasanya merupakan hasil homogenisasi dari beberapa kata kunci yang mirip. 

Oleh karena itu, variasi untuk kata kunci tertentu terbatas.

Bahkan jika tidak semua orang menggunakan kunci yang sama persis. Faktanya, orang menggunakan berbagai macam kata kunci untuk mencari topik. 

Oleh karena itu, varian kata kunci ini disebut kata kunci LSI. Untuk mencari kata kunci LSI, Anda dapat menggunakan layanan seperti LSIGraph atau LSI Keywords.

Untuk hasil optimalisasi yang maksimal, Anda juga bisa menyisipkan LSI ke dalam meta description.

12. Tambahkan Tombol Berbagi Ke Media Sosial

tambahkan tombol berbagi ke sosial media

Meskipun berbagi di media sosial tidak secara langsung memengaruhi kualitas SEO, Anda tidak dapat mengabaikannya. 

Media sosial dapat membantu Anda menjangkau dan membangun audiens baru di berbagai platform.

Selain itu, orang Indonesia dikenal aktif di media sosial. Menurut penelitian, 87% pengguna internet di Indonesia beralih ke media sosial menggunakan internet. 

Semoga pembaca Anda akan membagikan konten Anda dengan teman dan pengikut mereka di media sosial.

Untuk memudahkan pembaca berbagi konten, Anda perlu menambahkan tombol bagikan ke semua konten situs Anda. 

Ini memungkinkan mereka untuk secara otomatis membagikan konten di media sosial pilihan mereka hanya dengan menekan tombol bagikan.

Untuk menambahkan tombol share di media sosial, Anda bisa menggunakan plugin sharing seperti AddToAny dan MasShare.

13. Perhatikan Panjang Konten Artikel Anda

pengoptimalan panjang artikel

Jumlah kata dalam konten Anda juga merupakan metrik SEO on-page yang perlu Anda perhatikan.

Tidak ada jumlah kata pasti yang harus disertakan dalam konten. Karena sesuai dengan isi kata kunci target dan kompetitor, penentuan jumlah kata selalu berbeda. 

Mungkin Anda perlu membuat konten 800 kata untuk kata kunci A, tetapi Anda harus membuat konten 2000 kata untuk kata kunci B.

Anda perlu mengukur berapa lama konten Anda seharusnya. Triknya adalah dengan melihat jumlah kata dari konten pesaing Anda. 

Setidaknya lihat jumlah kata sebenarnya di tiga hasil pencarian teratas. Setelah itu, buat konten dengan jumlah kata yang sama atau lebih banyak dari pesaing Anda.

14. Pastikan Untuk Membuat Konten Yang Berkualitas Dan Solutif

membuat konten berkualitas dan solutif

Selain jumlah kata, hal lain yang harus diperhatikan saat menulis artikel SEO friendly adalah kualitas itu sendiri.Tanpa kualitas yang baik, sebanyak apapun kata yang Anda tulis, akan sulit memenangkan persaingan di hasil pencarian Google.

Apa itu konten premium?

Konten premium adalah sebuah Konten yang di haruskan menjawab pertanyaan pembaca. 

Saat mereka mengetik kata kunci ke dalam mesin pencari, mereka mengharapkan jawaban. Jadi pastikan untuk memberikan informasi yang relevan sesuai dengan kebutuhan pencari.

15. Atur Tautan Untuk Dibuka Di Tab Baru

atur link di bawah tab baru

Mungkin membuka link di tab baru mungkin terlihat sepele, tapi bisa meningkatkan kualitas pengalaman pengunjung website.

Bayangkan jika ada tiga atau empat tautan dalam sebuah artikel, dan pembaca perlu menekan tombol kembali berkali-kali untuk kembali ke konten pertama. 

Selain melelahkan pembaca, ada juga kekhawatiran membuka tautan di tab yang sama akan meningkatkan rasio pentalan Anda.

Sayangnya, WordPress secara otomatis mengatur pembaca untuk membuka tautan di tab yang sama. Oleh karena itu, Anda perlu mengubah pengaturan ini satu per satu.

Jangan khawatir, karena caranya sangat sederhana.

Anda dapat memodifikasi pengaturan tautan untuk membuka di tab baru di editor WordPress sebagai berikut:

1. Klik pada pengaturan tautan

2. Pilih untuk membuka di tab baru

Kerugian dari cara di atas adalah pengaturan tautan perlu diubah setiap kali tautan dimasukkan ke dalam konten. Jika ingin cara otomatis, Anda bisa menggunakan bantuan plugin WP External Links.

Penutupan

Optimasi SEO On Page adalah salah satu solusi terbaik untuk meningkatkan traffic blog. Optimasi SEO On Page juga tidak sulit. Dengan mengikuti 15 langkah di atas, Anda telah meningkatkan kualitas SEO on page Anda dengan baik.

Dan lagi bagi anda yang masih bingung bagaimana cara optimasi SEO on page nya silahkan kami memberikan layanan jasa SEO yang akan membantu anda mengembangkan website bisnis online anda menjadi di halaman pertama di google 

Alfian Nugraha Saya Adalah Seorang CMO (Chief Marketing Officer) Ahli Dalam Bidang Optimasi SEO Yang Khususnya Dalam Pembuatan Konten Artikel

10 Plugin WordPress 2023 Terbaik Download GRATIS!

Plugin WordPress Download Gratis merupakan sebuah script tambahan yang di bundel menjadi sebuah plugin untuk menambah fitur tambahan di wordpress selft hosting kamu sehingga...
helmi fadlilah
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *