(vpn chrome app, what is vpn app for iphone, free vpn without app, easy vpn app store, cloud vpn app, vpn server app, best vpn in app store, what is a vpn app, android vpn app apk, mac app store vpn, opera vpn app, cisco vpn app for iphone, best paid vpn app for android, best vpn app for china, vpn mac app, what is vpn app, best free vpn app for android phones, vpn token app, pia vpn app, best cheapest car insurance company, who is the best car insurance company for young drivers, best term insurance company, best online car insurance company, best insurance company for drivers with points, best cheap car insurance company, best company for auto insurance, best cheapest auto insurance company, best car insurance company for new drivers, best company for car insurance, cheapest best auto insurance company, which is the best insurance company for auto, what is the best home and auto insurance company, what is the best and cheapest auto insurance company, best and cheapest car insurance company, best company for home and auto insurance, navigators insurance company am best rating, best car insurance company 2015, what is the best insurance company for auto, best car insurance company california, usda loan mortgage companies, qualifications for a conventional mortgage loan, mortgage home loan process, va mortgage loan credit score requirements, what is the mortgage rate for a va loan, how to apply for a va mortgage loan, mortgage loan omaha, movement mortgage va loan, sierra pacific mortgage my home loan, when to refinance mortgage loan, how much is a jumbo mortgage loan, mortgage loan options for first time home buyers, mortgage loan income to debt ratio, what does it take to be a mortgage loan officer, refinance mortgage and equity loan, qualify for a fha mortgage loan, second mortgage or home equity loan, advantages of a va mortgage loan, va mortgage loan closing costs, apply for mortgage loan online with bad credit)

Alfian Nugraha Saya Adalah Seorang CMO (Chief Marketing Officer) Ahli Dalam Bidang Optimasi SEO Yang Khususnya Dalam Pembuatan Konten Artikel

Panduan SEO Link Building Terlengkap Bagi Pemula [Terbaru]

8 min read

Link Building

Link Building adalah teknik SEO yang membantu situs web mencapai hasil pencarian teratas. Untuk melakukan ini, jangan gunakan metode pembuatan tautan apa pun.

Artikel berikut akan membantu Anda memahami apa itu link building dan bagaimana strategi yang tepat agar Anda tidak kena penalti atau planggaran oleh pihak Google. Yuk, lihat selengkapnya! 

eistt , sebelum itu anda bisa lihat video dari kami terlebih dahulu nih ada video link building dari SEO khusus untuk anda yang mau meraih ranking nomor 1 di google 

dan selebihnya jangan lupa pantengin terus channel youtube baotme indonesia lalu like comment dan subscribe supaya kami dapat memberikan ilmu seputar digital marketing secara rutin untuk kebutuhan anda.

Mari Mengenal Apa Itu Link Building?

Link building adalah aktivitas mendapatkan tautan yang mengarah ke situs web Anda dari situs web lain. Jenis tautan ini disebut backlink dan merupakan salah satu faktor utama penilaian Google untuk SEO.

Secara teknis, upaya link building ini akan memasuki ranah SEO di luar halaman. Jadi optimalisasi yang dilakukan benar-benar di luar website Anda sendiri.

Meskipun bagus untuk mendapatkan banyak tautan dari pekerjaan ini, faktor kualitas tautan balik lebih penting.

Backlink berkualitas tinggi biasanya berasal dari situs web yang relevan dan andal dengan lalu lintas yang stabil.

Baca Juga : Technical SEO: Pengertian Manfaat Dan Hal Yang Harus Diperhatikan

Link building adalah upaya sebuah website untuk mendapatkan backlink yang banyak tanpa kena sanksi dari Google. Ini terjadi ketika situs web yang menyediakan tautan berisi spam.

Jangan anggap enteng. Hal ini karena hukuman dapat berupa penghapusan situs Anda dari hasil penelusuran tanpa batas waktu. Atau sampai backlink berkualitas rendah itu dihapus sepenuhnya dari situs.

Anda sudah tahu apa itu link building, bukan? Yuk cari tahu apa saja manfaatnya..

Mengapa Link Building Sangat Penting Untuk SEO?

Link Building adalah pekerjaan SEO yang penting karena tautan masih menjadi faktor peringkat di Google. Algoritme SEO Google selalu berubah, tetapi satu hal yang pasti: backlink berkualitas tinggi masih menjadi faktor utama yang dievaluasi Google untuk hasil pencarian.

Logikanya seperti ini: semakin banyak backlink yang Anda miliki, semakin situs Anda menjadi panutan bagi situs lain.

Alhasil, Google akan memprioritaskan situs Anda di hasil pencarian karena dianggap memiliki konten yang paling bermanfaat.

Nah, backlink tersebut bisa Anda dapatkan dengan membangun strategi link. Itu sebabnya link building adalah teknik SEO penting yang dilakukan setiap pemilik situs web.

Jenis-Jenis Link Building

Berikut jenis-jenis link building yang bisa menghasilkan backlink, termasuk yang berkualitas dan mana yang harus dihindari:

Jenis ini adalah link building terbaik yang bisa Anda dapatkan. Bagaimana itu bisa berada disini? Orang lain akan dengan senang hati memasang tautan Anda di situs mereka tanpa diminta.

Jenis link building natural ini biasanya terjadi ketika:

  • Lainnya menyertakan tautan dari konten Anda sebagai sumber informasi tepercaya
  • Orang lain yang menyinggung situs Anda adalah sumber tambahan dari konten mereka sendiri
  • Integrasikan situs web Anda sebagai pembuat infografis atau statistik
  • Lakukan wawancara dengan orang-orang yang terkait dengan situs web Anda

Anda dapat melihat bahwa orang lain pasti memiliki alasan khusus untuk membangun backlink secara sukarela. Dengan kata lain, Anda harus membuat orang lain “jatuh cinta” dengan website Anda.

Hal ini tentu sangat sulit dan memakan banyak waktu. Karena, Anda harus membuat konten yang berkualitas, menarik, update, dan lengkap sekaligus.

Baca Juga : 15 Tips Mudah Optimasi SEO On Page Untuk Website Dan Blog

Inilah sebabnya mengapa metode membangun tautan alami adalah langkah terbaik dan paling berharga. 

Bahkan biasanya situs yang berhasil mendapatkannya akan berada di urutan teratas hasil pencarian Google dalam waktu yang lama.

Jenis ini mengharuskan Anda menghubungi pemilik situs web dan meminta mereka untuk memposting tautan Anda. 

Penjangkauan adalah jenis bangunan tautan yang paling umum digunakan. Apalagi untuk website baru yang skalanya kecil dan belum terkenal.

Orang yang Anda hubungi belum tentu setuju untuk memasang backlink. Anda harus bisa memberikan alasan yang jelas dan keuntungan yang akan mereka terima.

Selain itu, Anda tidak dapat menghubungi pemilik situs web secara acak. Anda harus menghubungi pemilik situs web yang memiliki tema serupa dengan Anda. Sebagai contoh, kita semua telah membahas komputer.

Biasanya, penjangkauan pembuatan tautan terjadi ketika:

  • Guest blogging, tempat Anda menulis artikel untuk dipublikasikan di situs web orang lain. Kemudian, sertakan tautan ke situs web Anda sendiri di artikel.
  • Anda menjadi sponsor situs web. Oleh karena itu, website Anda tersirat dalam kontennya sebagai donatur atau sponsor acara tersebut.
  • Siaran pers tentang berita terbaru terkait situs web/merek Anda.

Ini adalah jenis link building terburuk yang harus Anda hindari sebisa mungkin. Karena praktek link building ini biasanya dilakukan untuk mengelabui Google.

Oleh karena itu, konten di situs web tampak relevan dan penting, padahal tidak sama sekali.

Backlink yang termasuk dalam jenis ini adalah:

  • Backlink Berbayar. Google sendiri secara terang-terangan melarang praktik jual beli backlink.
  • Spam komentar orang lain dengan menyertakan tautan ke situs web Anda sendiri.
  • Spammer di forum online sengaja membuat thread/utas yang berisi banyak backlink ke situs mereka sendiri.

Terlihat bahwa cara membangun link ini memang sangat mudah untuk dipraktekkan. Maka tak heran jika banyak orang yang masih menggunakannya sebagai jalan pintas menuju kesuksesan.

Baca Juga : 20 Cara Membuat Artikel SEO Friendly Terbaru 2022

Faktanya, sejak algoritma Penguin pada tahun 2012, Google sangat aktif memburu situs web yang melakukan aktivitas penipuan tersebut di atas. 

Jika ketahuan, Google tidak segan-segan mendenda dan menghapus situs tersebut dari hasil pencariannya.

5 Strategi Untuk Link Building

Sebenarnya, ada banyak strategi membangun tautan yang bisa Anda coba.Namun, di bawah ini kami akan menawarkan beberapa strategi umum yang berlaku untuk semua orang di semua industri:

Inti dari strategi ini adalah bertujuan menjadikan situs web Anda sebagai panutan karena Anda memiliki konten berkualitas tinggi.

 Dengan begitu, orang lain akan dengan senang hati memberikan tautan karena situs Anda adalah sumber yang sepenuhnya dapat dipercaya.

Oleh karena itu, konten yang Anda buat tidak boleh asli atau mirip dengan situs lain. Berikut adalah beberapa jenis konten yang biasanya mendapatkan banyak backlink:

  • bagan informasi
  • Data statistik
  • Kertas kosong (kertas putih)
  • memandu
  • Film
  • Galeri foto

Setelah Anda membuat satu (atau lebih) hal di atas, jangkau situs yang menurut Anda relevan. Minta mereka untuk memasang tautan ke konten Anda di situs mereka. Entah itu tentang konten yang sudah dibuat atau tentang apa yang akan mereka posting nanti.

Ini adalah bentuk link building yang sangat efektif, meski membutuhkan usaha di awal. mengapa demikian?

Pelan-pelan, kamu tidak perlu mengemis seperti itu lagi. Sebab, website Anda akan dikenal kualitasnya. 

Anggap ini sebagai cara untuk mempromosikan blog Anda dan membangun kredibilitas, karena ada banyak situs lain yang menawarkan backlink.

Baca Juga : 9 Cara Riset Kyword Paling Jitu Untuk Blog Dan Website

Cara membangun tautan ini memang memakan waktu lama. Selain itu, membuat konten berkualitas tinggi membutuhkan banyak usaha, waktu, dan uang.

Namun, hasil akhirnya sungguh memuaskan dan menjadi impian kebanyakan orang: peringkat pertama di hasil pencarian Google dan menjadi panutan bagi situs lain. 

Jika Anda memilikinya, kesuksesan apa pun yang ingin Anda capai dengan situs web Anda pasti akan terjadi.

2.Guest Blogging

Seperti namanya, guest blogging adalah saat Anda menjadi tamu di website lain dengan menulis artikel untuk dipublikasikan di website lain.

Kemudian, masukkan tautan ke situs web Anda sendiri di dalam artikel.

Metode membangun tautan ini telah umum dilakukan di kalangan pemilik situs web sejak zaman kuno. Tapi sekarang, Google sangat memperhatikan praktik blogging tamu ini.

Ini karena banyak orang menggunakan guest blogging hanya untuk mencari backlink dan bukan untuk menulis konten yang berkualitas. 

Oleh karena itu, konten ini hanyalah spam dan melanggar aturan Google. Jika Anda memiliki akhiran ini, Anda dijamin akan ditemukan: Google akan memberi Anda penalti.

Jadi, pastikan konten blog tamu Anda ditanggapi dengan serius untuk memastikan kualitasnya. Tulis artikel seperti Anda menulis artikel di situs web Anda sendiri. 

Selain itu, pastikan website yang Anda pilih juga terkait dengan trafik yang stabil.

3.Memancing Ego Bait

Jika diartikan secara harfiah, ego baiting adalah memancing ego.

Memancing ego siapa? 

Ya Tentu saja, ego orang lain yang ingin Anda dapatkan backlink-nya.

Semoga orang tersebut merasa tersanjung sehingga mau memasang link anda di situsnya.

Taktik membangun tautan ini memanfaatkan psikologi dasar manusia dan (hampir) selalu berhasil 

selama Anda melakukannya dengan benar. 

Siapa yang tidak suka dipuji?

Nah, agar umpan ego Anda berhasil, berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda coba:

  • Melakukan Wawancara Pribadi

Wawancara satu lawan satu adalah jenis umpan ego terbaik karena orang yang diwawancarai secara otomatis menjadi fokus utama. 

Seperti, mereka adalah orang-orang penting yang pendapatnya layak didengar publik.

Untuk menerapkan strategi membangun tautan ini, Anda harus terlebih dahulu menghubungi pemilik situs web untuk mendapatkan persetujuan.

Jika dia setuju, Anda dapat mengirimkan daftar pertanyaan untuk dijawab. 

Pada akhirnya, yang harus Anda lakukan hanyalah mempublikasikan daftar pertanyaan dan jawaban di situs web Anda.

Oleh karena itu, setelah artikel dipublikasikan, Anda dapat menghubungi pemilik situs untuk menindaklanjutinya.

Kami 99,9% yakin dia akan langsung memposting tautan ke artikel wawancara Anda di situsnya. 

Bahkan, dia kemungkinan besar akan membagikannya di media sosialnya tanpa Anda minta.

  • Wawancara Kelompok/Grup

Seperti namanya, wawancara kelompok berarti Anda mewawancarai beberapa orang sekaligus tentang topik yang sama. 

Namun, Anda tidak perlu mengirimkan pertanyaan mendetail ke semua sumber, seperti wawancara. Alih-alih, sebarkan masalah ke semua sumber.

Baca Juga : Paduan Terlengkap SEO Off Page Terbaru 2022

Jadi setiap narasumber hanya mendapat satu atau dua pertanyaan. 

Tergantung topik pembicaraan. Oh ya, tema yang dipilih harus relevan dengan website Anda. Demikian pula, penyedia informasi yang dipilih harus ahli dalam bidang tersebut.

Setelah semua narasumber Anda menjawab, Anda tinggal membuat konten yang berhubungan dengan topik wawancara.

Misalnya, “Wah, 10 penyihir terkenal membagikan rahasia mereka untuk menggandakan uang baru Anda di akhir tahun 2022!” atau “Tips memasak dari 7 koki terkenal sedunia”. 

Maka dari itu, Anda bisa mencantumkan kutipan singkat atau opini dari sumber dalam poin-poin diskusi Anda.

Setelah diterbitkan, Anda dapat menghubungi sumbernya lagi, memasang tautan balik ke artikel di situs web mereka, dan membagikannya di media sosial.

Mereka kemungkinan besar akan senang melakukannya.

  • Ego Bait Listicle

Listicle adalah artikel yang berisi komentar tentang beberapa hal dengan topik yang sama. Misalnya, “10 Rahasia Upin dan Ipin yang Jarang Diketahui” atau “10 Orang Paling Sial yang Pernah Tinggal di Indonesia”. 

Nah, artikel daftar ini bisa kamu buat dengan menambahkan ego bait listicle

Dalam daftar puisi diri, Anda menambahkan orang tersebut ke daftar Anda. 

Tujuannya adalah untuk membuatnya merasa bahagia dan bangga karena menurut Anda dia harus masuk dalam daftar.Jadi, Anda juga harus membuat daftar yang memang patut dibanggakan, bukan difitnah. 

Baca Juga : Cari Tau Apa itu SEO? Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya (Update)

Puji orang lain, tetapi jangan berlebihan. Jelaskan mengapa Anda memilih dia daripada yang lain. Dengan begitu, diri umpan Anda tidak terlihat dibuat-buat.

Oh iya, salah satu hal yang harus kamu ingat tentang ego baiting adalah memastikan orang tersebut pantas mendapatkannya. 

Jangan hanya berbagi ego bait  dengan orang yang tidak ahli dan tidak ada kaitannya dengan website Anda.

Jika dipraktikkan dengan benar, metode pembuatan tautan ini dapat membantu peringkat situs web menjadi lebih baik di Google.

Broken link, seperti namanya, adalah broken link yang tidak bisa diakses oleh pengunjung atau mesin pencari. 

Ada banyak tautan seperti itu yang berserakan di dunia maya, dan Anda pasti pernah menemukannya.

Pembuatan tautan rusak adalah taktik yang dirancang untuk membantu pemilik situs web memperbaiki tautan rusak yang ada.

Bagaimana caranya? Dengan memberikan link ke website Anda tentunya.

Masih bingung? Oke, ini contohnya:

Katakanlah Anda memiliki situs web yang membahas kotoran kucing. Jadi, Anda mengumpulkan backlink agar artikel tersebut bisa berperingkat tinggi di Google. 

Kemudian Anda menemukan situs yang membeli dan menjual kucing impor, hanya untuk menemukan bahwa situs tersebut memiliki banyak tautan rusak dalam deskripsi produknya.

Baca Juga : 8+ Cara Optimasi Kecepatan Website dan Blog Anda

Kemudian, Anda menghubungi pemilik situs web yang membeli dan menjual kucing impor.

 Anda memberikan tautan baru ke artikel baru untuk menggantikan tautan lama yang rusak. 

Setelah itu, pemilik website dengan senang hati menggantinya karena konten Anda juga bermanfaat dan berkualitas tinggi.

Singkatnya, proses broken link building adalah sebagai berikut:

  • Anda melakukan riset di situs terkait.
  • Jika anda menemukan broken link, anda cek apakah ada artikel yang membahas tentang broken link.
  • Jika tidak, Anda dapat menulis artikel khusus yang membahas tautan rusak (selama masih relevan).
  • Hubungi pemilik situs untuk mengganti tautan yang rusak dengan milik Anda.

Daur ulang tautan adalah taktik yang dirancang untuk mengklaim tautan yang menjadi hak Anda. Ada beberapa jenis strategi membangun tautan ini:

  • Link Reclamation 404

Katakanlah ada website yang memasang backlink yang mengarah ke website Anda. Namun, ternyata tautan tersebut mengarah ke halaman yang tidak ada/dihapus di situs Anda. 

Dengan cara ini, kesalahan 404 akan muncul ketika seseorang berkunjung.

Anda dapat melakukan dua hal. Pertama, Anda harus menghubungi pemilik situs web untuk mengubah tautan. 

Kedua, perbaiki kesalahan 404 di situs Anda atau gunakan pengalihan redirect 301.

  • Mentions Tampa Link

Tidak jarang orang lain menyebutkan (mention) nama situs Anda tanpa memberikan link sebagai pujian.

Apalagi jika menyebutkannya memperkuat konten di situs tersebut.Ouh Sangat menyebalkan bukan ? tentu!

Oleh karena itu, Anda dapat menghubungi pemilik website untuk memberikan backlink setiap kali website Anda disebutkan. 

Oh ya, saya masih harus bertanya, ya. Karena tidak ada peraturan tertulis mengenai hal tersebut, maka bukan tanggung jawab pemilik situs.

Anda dapat menemukan penyebutan ini menggunakan alat seperti Google Alerts, Mention.net, dan Fresh Web Explorer.

  • Tidak Ada Link Pada Gambar 

Selain hal di atas, seringkali ada situs yang memposting foto Anda tanpa izin. 

Jadi,  karena dengan cara ini untuk  menyerang situs karena pelanggaran hak cipta, gunakan ini sebagai peluang membangun tautan.

Hubungi pemilik situs web dan minta mereka memberikan tautan ke situs web Anda pada keterangan di bawah gambar. 

Baca Juga : Mudah! Optimasi Website Agar Mobile Friendly Dalam 11 Langkah

Anda dapat menggunakan alat seperti TinEye dan Pencarian Gambar Google untuk menemukan gambar yang tidak tertaut ini.

Sudah Siap? Yuk Lakukan SEO Link Building Sekarang Juga!

Membangun tautan link building adalah teknik penting dalam SEO, jadi tautan yang Anda dapatkan harus berkualitas tinggi. 

Pastikan situs tempat Anda bekerja relevan, kredibel, dan diperdagangkan dengan baik.

Jauhi dan abaikan praktik membangun tautan yang buruk seperti membeli dan menjual tautan, spam komentar, spam forum, dll. 

Memang benar membangun tautan itu mudah dan banyak pekerjaan. Namun, hasil akhirnya sama sekali tidak berguna: situs Anda akan dihapus dari Google Penelusuran.

Oh iya, link building yang berkualitas masih belum cukup untuk bersaing memperebutkan posisi puncak Google lho. 
Ada aspek SEO lain yang juga harus Anda perhatikan agar sukses dalam menjalankan link building SEO ini nah maka dari itu kami baotme.com akan memberikan solusi terbaik dalam pembuatan link building / backlink dan juga jasa SEO Website anda.

Alfian Nugraha Saya Adalah Seorang CMO (Chief Marketing Officer) Ahli Dalam Bidang Optimasi SEO Yang Khususnya Dalam Pembuatan Konten Artikel

10 Plugin WordPress 2023 Terbaik Download GRATIS!

Plugin WordPress Download Gratis merupakan sebuah script tambahan yang di bundel menjadi sebuah plugin untuk menambah fitur tambahan di wordpress selft hosting kamu sehingga...
helmi fadlilah
3 min read

Cara Memulai Bisnis Online Di tahun 2023

Untuk memulai bisnis di tahun 2023 ini perlu yang namanya sebuah stategi untuk mencapai sebuah keberhasilan apalagi sekarang di tahun 2023 semua serba menggunakan...
helmi fadlilah
13 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *