(vpn chrome app, what is vpn app for iphone, free vpn without app, easy vpn app store, cloud vpn app, vpn server app, best vpn in app store, what is a vpn app, android vpn app apk, mac app store vpn, opera vpn app, cisco vpn app for iphone, best paid vpn app for android, best vpn app for china, vpn mac app, what is vpn app, best free vpn app for android phones, vpn token app, pia vpn app, best cheapest car insurance company, who is the best car insurance company for young drivers, best term insurance company, best online car insurance company, best insurance company for drivers with points, best cheap car insurance company, best company for auto insurance, best cheapest auto insurance company, best car insurance company for new drivers, best company for car insurance, cheapest best auto insurance company, which is the best insurance company for auto, what is the best home and auto insurance company, what is the best and cheapest auto insurance company, best and cheapest car insurance company, best company for home and auto insurance, navigators insurance company am best rating, best car insurance company 2015, what is the best insurance company for auto, best car insurance company california, usda loan mortgage companies, qualifications for a conventional mortgage loan, mortgage home loan process, va mortgage loan credit score requirements, what is the mortgage rate for a va loan, how to apply for a va mortgage loan, mortgage loan omaha, movement mortgage va loan, sierra pacific mortgage my home loan, when to refinance mortgage loan, how much is a jumbo mortgage loan, mortgage loan options for first time home buyers, mortgage loan income to debt ratio, what does it take to be a mortgage loan officer, refinance mortgage and equity loan, qualify for a fha mortgage loan, second mortgage or home equity loan, advantages of a va mortgage loan, va mortgage loan closing costs, apply for mortgage loan online with bad credit)

Alfian Nugraha Saya Adalah Seorang CMO (Chief Marketing Officer) Ahli Dalam Bidang Optimasi SEO Yang Khususnya Dalam Pembuatan Konten Artikel

Panduan Terlengkap SEO Off Page Terbaru 2022

8 min read

SEO Off Page

Apakah Anda merasa upaya SEO on-page seperti optimasi kata kunci sudah cukup? 

Jadi bingung karena website Anda belum ada di ranking #1 di SERP? 

Nah, berarti Anda masih lupa apa itu SEO Off Page.

SEO Off Page adalah jenis optimasi yang berfokus pada dukungan eksternal dari sebuah situs web.

Bagaimana penjelasan lengkapnya?

Nah pada artikel kali ini kami tidak hanya akan menjelaskan seputaran apa itu SEO Off Page, tapi juga anda harus tahu bagaimana cara pengoptimasian SEO Off Page dan juga beserta perbedaan dari SEO On Page dan juga SEO Off Page.

Yuk, lihat selengkapnya di bawah ini tapi sebelum itu di bawah ini juga ada video paduan optimasi SEO yang terbaik dari kami baotme indonesia jangan lupa pantengin terus videonya dan juga jangan lupa like comment dan subscribe channel youtube baotme.com.

Mengenal Apa itu SEO Off page?

apa itu seo off page

SEO Off Page merupakan sebuah langkah untuk optimasi SEO yang dilakukan di luar website Anda. 

Optimalisasi ini akan mendukung upaya SEO on-page yang fokus pada peningkatan faktor internal website.

Nah! Untuk menerapkan teknik SEO Off Page ini supaya lebih baik, Anda juga harus menggunakan berbagai platform untuk memberikan optimasi di luar website anda. 

Mulai dari website lain, media sosial, hingga forum online yang masih banyak lainnya.

Singkatnya, SEO Off Page tidak cukup untuk membangun tautan, seperti yang dipikirkan banyak orang.

SEO On Page Vs SEO Off Page

SEO On Page Vs SEO Off Page

Pemilik website, pebisnis online dan blogger sudah tidak asing lagi dengan istilah search engine optimization (SEO), teknik yang digunakan untuk meningkatkan traffic website.

Penggunaannya sendiri terbagi menjadi dua cara, SEO on page dan SEO off page. 

Kedua teknik ini sangat penting dalam menentukan keberhasilan kampanye SEO Anda. dilihat dari Secara umum untuk perbedaan antara SEO on page dan juga SEO off page adalah sebagai berikut simak di bawah ini:

  • SEO On Page adalah teknik optimasi yang dilakukan pada sebuah website dengan cara mengoptimalkan konten pada halaman website dan beberapa masalah teknis.
  • SEO Off Page adalah teknik optimasi yang dilakukan di luar website agar bisa tampil di halaman pertama pencarian Google. Hal ini dilakukan dengan cara meningkatkan domain authority melalui link building, backlink, atau kegiatan optimasi website eksternal lainnya.

Sudah Jelas?

Atau Belum Jelas ?

Oke jika belum jelas ini saya akan uraikan singkatnya saja saya akan buatkan tabel seperti di bawah ini penjelasan contoh dari SEO On Page Vs SEO Off Page

SEO On PageSEO Off Page
Menyebarkan LSI Keyword Pada Website AndaAnda Harus Melakukan Link Building
Menerapkan Optimasi Gambar Sesuai Dengan Kaidah SEO on pageHarus Meningkatkan Engagement Rate Media Sosial Anda
Pada Konten Anda Pasangkan Internal LInkMengoptimasi Dan Mengoptimalkan Local SEO
Harus Memperhatikan Meta TagAnda Bisa Memanfaatkan Forum Online

Anda sudah tahu bagaimana cara membuat website Anda menjadi nomor satu bukan? Intinya, optimasi SEO harus dilakukan secara internal dan eksternal melalui berbagai platform.

Mengapa SEO Off-Page Sangat Penting Bagi Website Anda?

Mengapa SEO Off-Page Sangat Penting Bagi Website Anda?

Alasannya sederhana: karena SEO Off Page juga menentukan penilaian peringkat Anda di Google.

Google sendiri menggunakan banyak faktor untuk mengevaluasi website, baik internal maupun eksternal. 

Faktor-faktor tersebut kemudian dihitung menggunakan rumus yang dimiliki oleh Google, yang tidak banyak dipublikasikan secara eksplisit.

Namun beberapa penelitian, seperti yang dilakukan oleh Moz, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang SEO, menunjukkan bahwa SEO Off Page dapat mempengaruhi hingga 50% penilaian Google.

Banyak Yang mengatakan, jika Anda telah mengabaikan SEO Off Page karena Anda pikir SEO On Page sudah cukup, Anda harus mulai melakukannya sekarang.

Tidak berhenti sampai disitu, SEO Off Page juga berguna untuk membangun kredibilitas website.

Karena pekerjaan SEO Off Page dilakukan di berbagai platform, jika berhasil maka website Anda akan lebih sering ditemukan terutama di niche yang relevan. 

Pada akhirnya, situasi ini akan meningkatkan kredibilitas Anda di mata netizen dan Google.

Alhasil, Anda akan lebih mudah mendapatkan peringkat tinggi karena Anda dipercaya oleh Google.

Agar lebih jelas mari kita pelajari cara optimasi SEO Off Page berikut ini.

5 Cara Mengoptimasikan SEO Off-Page

5 cara optimasi SEO off page

Berikut lima teknik SEO Off Page yang bisa Anda coba ini sangat penting sekali dan bermanfaat sekali anda sebisa mungkin jangan lewatkan 5 hal ini simak saja langsung di bawah ini:

jalankan link building

Cara pertama dan terpenting untuk mengoptimalkan SEO Off Page adalah membangun tautan. Link building adalah kegiatan mendapatkan link (backlink) dari website lain.

Backlink adalah salah satu faktor utama yang dinilai oleh Google, karena banyaknya link dari berbagai website terkait menunjukkan bahwa website tersebut merupakan sumber terpercaya.

Faktanya, jumlah backlink yang dimiliki sebuah situs web memang memberikan situs web tersebut posisi terbaik dalam hasil pencarian.

Situs yang di ranking 1 memiliki rata-rata 3,8 kali lebih banyak backlink daripada situs  yang berada di ranking 2-10.

Tapi pastikan kamu memasang backlink yang berkualitas ya. Jika Anda memiliki banyak backlink, tetapi berasal dari situs tiruan dan tidak relevan, maka Google akan menganggapnya sebagai spam.

Nah berikut beberapa teknik membangun link SEO Off Page yang bisa Anda coba:

  • Bangun Tautan Link Dari Konten – Buat konten berkualitas tinggi seperti artikel panduan lengkap, infografis, dan statistik. Dengan begitu, situs lain bisa membuat rekomendasi untuk Anda.
  • Guest Blogging – Posting artikel berkualitas Anda di situs lain yang memiliki tautan balik ke situs Anda.
  • Ego bait – menyebutkan nama seseorang atau merek di artikel Anda untuk menarik orang tersebut memberikan backlink.
  • Broken Link Building – Bekerja dengan situs lain untuk menggunakan konten Anda menggantikan orang lain dengan tautan rusak.
  • Link Reclamation – Mendaur ulang tautan balik yang memiliki 404 kesalahan pada halaman situs web Anda dan memperbaikinya.

Jadi, faktor link building apa yang harus diperhatikan?

Domain Authority dan Page Authority

Kualitas backlink ini diukur dengan skala yang disebut Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA).

DA adalah skor yang digunakan untuk memprediksi kemungkinan peringkat situs web di Google. Pada saat yang sama,

Sedangkan PA adalah skor yang menunjukkan peluang peringkat halaman situs web tinggi di Google. Keduanya memiliki skala dari 1-100.

Untuk mendapatkan backlink berkualitas, carilah situs dengan DA dan PA yang serupa dengan milik Anda. Lebih baik lagi, Anda mencari situs dengan DA dan PA di atas Anda.

Anda dapat memeriksa DA dan PA dengan alat Moz atau Ahrefs yang  bisa anda temukan di google secara gratis..

Tautan dofollow meminta Google untuk mengikuti tautan target, yang pada akhirnya memperkuat nilai SEO situs target.

Sebaliknya, tautan Nofollow akan meminta Google untuk tidak mendeteksi tautan tersebut. Jenis tautan ini tidak berguna untuk upaya SEO Off Page Anda.

Untungnya, tautan secara otomatis diatur ke dofollow secara default.

Jadi, untuk memastikan backlink Anda bermanfaat, Anda dapat memeriksanya dengan ekstensi Google Chrome NoFollow.

Jika masih nofollow, Anda bisa menghubungi mereka untuk mempertimbangkan menggunakan dofollow untuk menunjuk ke website Anda.

Tambahkan Anchor Text

Anchor text adalah potongan teks yang berisi tautan yang mengarahkan pengunjung ke halaman lain.

Teks jangkar membantu Google memahami konteks informasi situs atau laman yang dimaksud.

Dengan kata lain, anchor text dari backlink yang baik akan berisi kata kunci berdasarkan tujuan Anda.

Misalnya, jika Anda memiliki website toko online yang menjual sepatu, terapkan SEO toko online seperti backlink dengan anchor text sepatu yang optimal.

Sayangnya, Anda tidak selalu dapat mengontrol anchor text di backlink Anda.

Relevansi

Cobalah untuk membangun link di situs yang masih satu niche dengan Anda. Sebab, backlink dari situs dengan niche yang sama lebih berharga di mata Google.

Untuk sebagai contohnya jika anda nichenya misalkan digital marketing maka anda mendapatkan backlinknya juga di website seputar digital marketing

Traffik

Faktor terakhir yang harus diperhatikan saat membangun tautan adalah traffic. 

Jika backlink Anda berasal dari situs web dengan lalu lintas tinggi, kemungkinan tautan Anda diklik juga akan meningkat.

Untuk melihat perkiraan Traffic ke situs web Anda, Anda dapat menggunakan alat seperti Ubersuggest atau Ahrefs yang bisa anda cari dan pakai secara gratis di google.

2. Meningkatkan EAT

Meningjatkan E-A-T

EAT adalah singkatan dari keahlian, otoritas, dan kepercayaan. Menurut Search Quality Evaluator, E-A-T merupakan indikator kualitas sebuah website.

Dengan EAT, Google tahu cara memercayai situs web. Artinya Google dapat memastikan bahwa hasil pencarian yang ditampilkan adalah yang terbaik dan akurat.

E-A-T mencakup faktor SEO off-page yang penting. Hal itu karena Google semakin gencar menindak hoax atau misinformasi di hasil pencarian. Terutama di bidang kesehatan karena bisa mematikan.

Selain itu, “memberikan hasil yang cepat dan akurat” adalah nilai jual utama Google. Jika Google tidak bisa memuaskannya, tentu saja orang akan meninggalkannya dan berpindah ke mesin pencari lainnya.

Oleh karena itu, sebaiknya tingkatkan EAT sebagai cara mengoptimalkan SEO Off Page. 

Bagaimana caranya simak di bawah ini?

Upayakan Brand Mentions

Penyebutan merek adalah ketika situs web lain menyebutkan nama situs web atau merek Anda.

Ada dua jenis penyebutan merek: penyebutan merek dengan tautan yang menunjuk ke Anda dan penyebutan merek tanpa tautan.

Menariknya, kedua jenis penyebutan merek tersebut memiliki dampak positif pada E-A-T Anda, seperti yang dikatakan oleh Analis Tren Webmaster Google, Gary Illyes.

Tapi tentu saja, penyebutan merek dengan tautan lebih baik secara keseluruhan. Sebab, selain meningkatkan EAT, Anda juga akan mendapatkan kontribusi traffic dari website tersebut.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan brand mention Anda, yaitu:

  • Melakukan Guest Blogging. Anda bisa menyebutkan situs tanpa link, seperti di intro dan penutup.
  • Coba Hubungi Pemilik Situs. Anda mencoba bermitra dengan situs lain untuk membuat konten menggunakan nama merek Anda
  • Menjadi Narasumber. Anda dapat menjadi narasumber untuk artikel, wawancara media, podcast, dan webinar tentang merek Anda.
  • Menjadi Populer Di Dunia Maya. Berusaha keras untuk membuat konten unik yang sesuai dengan tren sosial dan relevan dengan merek Anda.

Situs unggulan adalah situs yang dipercaya oleh Google karena memiliki rekam jejak yang baik, seperti Wikipedia dan beberapa situs dengan domain .GOV, .EDU, dan portal berita.

Mendapatkan backlink dari situs torrent dapat meroketkan EAT situs Anda. Namun tentu saja tidak mudah karena artikel Anda harus spesial untuk mendapatkannya.

Taktik lain, Anda bisa mencoba mendapatkan backlink dari situs yang mendapatkan backlink dari situs torrent. Tidak secara langsung, tapi tetap memberikan efek positif pada EAT kamu lho.

Jadi, inilah penjelasan  singkatnya:

  • situs torrent → ke situs Anda = terbaik
  • situs torrent → situs orang lain → situs Anda = juga mungkin

Mendapatkan Review Yang Positif

Review atau ulasan konsumen juga sangat penting dalam usaha SEO Off Page Anda.

Penilai Kualitas Google menekankan bahwa ulasan positif adalah bukti kuat reputasi bisnis. 

Baik dilakukan di Google Bisnisku atau situs review lainnya seperti TripAdvisor, Yelp, Traveloka, Zomato dan GoFood/Grabfood.

Cara agar konsumen meninggalkan ulasan positif adalah dengan memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa. 

Misalnya selalu bersikap ramah kepada konsumen, cepat merespon pertanyaan konsumen di media sosial, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan ulasan positif dari:

  • Berapa banyak penghargaan yang telah Anda menangkan. Misalnya, penghargaan jurnalistik, penghargaan blogger, kompetisi penulisan artikel, dll.
  • Ulasan positif situs web Anda dari para ahli. Misalnya, blog Anda membahas tentang topik game dan mendapat pujian dari IGN atau Gamespot untuk salah satu artikel Anda.

3. Fokus Pada Local SEO 

fokus pada local SEO

Jika Anda memiliki website bisnis, Anda juga bisa menggunakan SEO lokal sebagai cara mengoptimalkan SEO Off Page lho.

Local SEO adalah cara agar bisnis Anda ditampilkan di Google Penelusuran Lokal.

Jadi, mengapa Anda harus peduli dengan SEO lokal?

Strategi SEO ini memudahkan pelanggan menemukan bisnis Anda karena menampilkan nama lengkap bisnis Anda beserta alamat dan detail kontak.

Selain itu, Local SEO juga memungkinkan pengunjung menilai layanan dan produk bisnis Anda.

Dengan metrik tersebut, Google pasti akan merekomendasikan bisnis Anda kepada lebih banyak orang. Anda juga akan mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Berikut beberapa cara optimasi SEO lokal yang bisa Anda terapkan:

  • Lengkapi profil Google Bisnis Anda. Mulai dari lokasi lengkap, nomor telepon, jam operasional hingga foto. 
  • Riset Kata Kunci Lokal. Tujuannya adalah agar Anda menggunakan kunci yang dicari penduduk setempat.Untuk penelitian, Anda dapat menggunakan alat SEO gratis seperti Google Trends.
  • Dapatkan Backlink Dari Situs Web Lokal. Misalnya, situs web mitra bisnis, pelanggan, pemasok, dll.
  • Tambahkan Resume Bisnis Anda Di Berbagai Platform. Mulai dari website, media sosial hingga marketplace. Pasalnya, semakin banyak profil bisnis Anda terlihat di dunia maya, semakin populer pula bisnis Anda.

4. Tingkatkan Engagement Ke Media Sosial

Tingkatkan Engagement Ke Media Sosial

Apakah Anda rutin mempromosikan konten website Anda di media sosial?

Nah, ternyata salah satu praktik content marketing ini berdampak tidak langsung pada SEO off page Anda lho.

Syaratnya, tingkat partisipasi seperti jumlah komentar dan like harus tinggi.

Menurut penelitian, semakin tinggi tingkat keterlibatan pada postingan Anda, semakin tinggi peringkat Anda di Google. mengapa demikian?

Alasannya sederhana: ketika penonton menemukan konten yang menarik dan bermanfaat, interaksi dengan konten tersebut akan tinggi.

Aktivitas keterlibatan ini akan terekam dalam algoritma media sosial dan akan terus mendorong konten Anda untuk dipromosikan ke pengguna lain. Misalnya melalui umpan.

Nah, ini pasti akan meningkatkan popularitas website Anda. Bahkan, Anda berpeluang mendapatkan backlink, brand mention, dan ulasan.

Jadi, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda coba untuk meningkatkan tingkat engagement ke media sosial Anda:

  • Buat Konten Berkualitas Tinggi – Konten Anda harus relevan dan menjawab pertanyaan audiens Anda secara menyeluruh.
  • Publikasikan Pada Waktu Yang Tepat – Publikasikan konten saat audiens Anda paling aktif. Menurut penelitian, waktu terbaik untuk memposting adalah sekitar pukul 08.00 pagi dan 14.00 siang
  • Gunakan Tagar Yang Relevan – permudah audiens target Anda untuk menemukan postingan Anda.

5. Menggunakan Forum Online

SEO Off Page melalui forum

Teknik SEO Off Page melalui forum sebenarnya sudah mulai ditinggalkan. Sebab, banyak orang yang menyalahgunakan forum sebagai backlink spam. Oleh karena itu, malah menimbulkan hukuman Google.

Seringkali, pemilik website hanya mengetikkan link website setiap kali membalas komentar, tanpa memperhatikan konteksnya. Terkadang mereka hanya membuat tema untuk promosi situs web.

Jadi jika Anda benar-benar ingin menggunakan cara ini, pastikan untuk memberikan tautan ke forum diskusi. 

Selain itu, Anda harus aktif menjawab pertanyaan dan membuat postingan yang menanyakan pertanyaan terbaru, tidak hanya fokus pada penempatan tautan.

Dengan cara ini, Anda akan dianggap ahli oleh anggota forum. 

Tentunya hal ini juga akan memberikan efek positif bagi popularitas website Anda, dan mungkin mereka juga akan memberikan backlink ke website Anda.

Sekarang Saatnya Yuk, Optimalkan SEO Off-Page Anda!

Sekarang Saatnya Yuk, Optimalkan SEO Off-Page Anda!

SEO Off Page merupakan pekerjaan penting yang harus Anda lakukan agar website Anda bisa mendapatkan peringkat teratas di Google.

Beberapa hal SEO Off Page yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Link building
  • Pengoptimalan EAT situs web anda
  • Menerapkan Local SEO 
  • Meningkatkan engagement ke media sosial
  • Aktif di berbagai forum online

Dengan mempelajari SEO Off Page, kredibilitas website Anda akan meningkat dan peringkat Anda akan lebih baik di hasil pencarian.

Untuk membuat upaya SEO Anda lebih optimal, jangan lupakan SEO on-page juga, ya?

Akhir katanya semoga bermanfaat untuk tips serta langkah dan penjelasannya dari baotme indonesia dan semoga ilmu ini dapat di share ke banyak orang yang aktif di internet serta juga memberikan sebuah solusi yang berbobot dari artikel ini untuk anda 

Saya ucapkan terimakasih anda sudah membaca artikel ini sampai akhir!

Alfian Nugraha Saya Adalah Seorang CMO (Chief Marketing Officer) Ahli Dalam Bidang Optimasi SEO Yang Khususnya Dalam Pembuatan Konten Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index