(vpn chrome app, what is vpn app for iphone, free vpn without app, easy vpn app store, cloud vpn app, vpn server app, best vpn in app store, what is a vpn app, android vpn app apk, mac app store vpn, opera vpn app, cisco vpn app for iphone, best paid vpn app for android, best vpn app for china, vpn mac app, what is vpn app, best free vpn app for android phones, vpn token app, pia vpn app, best cheapest car insurance company, who is the best car insurance company for young drivers, best term insurance company, best online car insurance company, best insurance company for drivers with points, best cheap car insurance company, best company for auto insurance, best cheapest auto insurance company, best car insurance company for new drivers, best company for car insurance, cheapest best auto insurance company, which is the best insurance company for auto, what is the best home and auto insurance company, what is the best and cheapest auto insurance company, best and cheapest car insurance company, best company for home and auto insurance, navigators insurance company am best rating, best car insurance company 2015, what is the best insurance company for auto, best car insurance company california, usda loan mortgage companies, qualifications for a conventional mortgage loan, mortgage home loan process, va mortgage loan credit score requirements, what is the mortgage rate for a va loan, how to apply for a va mortgage loan, mortgage loan omaha, movement mortgage va loan, sierra pacific mortgage my home loan, when to refinance mortgage loan, how much is a jumbo mortgage loan, mortgage loan options for first time home buyers, mortgage loan income to debt ratio, what does it take to be a mortgage loan officer, refinance mortgage and equity loan, qualify for a fha mortgage loan, second mortgage or home equity loan, advantages of a va mortgage loan, va mortgage loan closing costs, apply for mortgage loan online with bad credit)

Alfian Nugraha Saya Adalah Seorang CMO (Chief Marketing Officer) Ahli Dalam Bidang Optimasi SEO Yang Khususnya Dalam Pembuatan Konten Artikel

20 Cara Membuat Artikel SEO Friendly Terbaru 2023

11 min read

20 tips cara membuat artikel seo friendly 2022

20+ Dari Cara Membuat Artikel SEO Friendly dengan anda Menulis artikel yang bagus saja tidak cukup. 

Dan Anda juga harus bisa membuat artikel yang ramah mesin pencari google atau seo friendly. 

Dengan cara ini, blog Anda akan lebih berpeluang menjadi nomor satu di Google dan dibanjiri pengunjung.

Bagaimana cara melakukannya? 

Pertama-tama Anda juga perlu tahu dari cara membuat artikel yang SEO friendly, artikel yang sudah mengikuti dan sesuai aturan algoritma Google yang terbaru dan juga menarik bagi para pembaca. 

Nah, pada postingan kali ini, kami di artikel ini akan memberikan 20+ tips untuk menulis artikel SEO. 

selain itu Anda juga bisa untuk mempelajari sebuah contoh tulisan yang SEO friendly untuk dipraktekkan pada penulisan artikel anda. 

Anda penasaran? 

Yuk, baca selengkapnya! Di bawah ini! 

Eisst, tetapi sebelum itu anda bila ingin lebih ke gambar visual berbentuk video nah anda bisa lihat video cara membuat artikelnya di bawah ini secara gratis ilmu ini kami berikan untuk anda 

Dan satu hal lagi jangan lupa like comment dan subscribe akun youtube baotme indonesia dan anda akan dapatkan tips dan trik setiap harinya dari kami

20+ Cara Membuat Artikel SEO Friendly di 2023

Nah kali ini Ada dua puluh cara agar artikel yang bagus bisa berperingkat tinggi di Google,

yang mana anda akan gunakan ini sebagai strategi untuk mencapai peringkat google

dan mencapai cuan yang mengalir tiap harinya untuk bisnis online anda di antaranya yaitu:

  1. Lakukan riset kata kunci
  2. Pahami maksud pengguna
  3. mengambil perspektif yang unik
  4. Perhatikan struktur artikel
  5. Perhatikan bagian awalnya atau bagian pembukaan artikel
  6. gunakan paragraf pendek
  7. Gunakan teknik piramida terbalik
  8. Tulis artikel kunci
  9. Sebarkan kata kunci dengan benar
  10. menggunakan kata penghubung
  11. Masukkan tautan internal dan eksternal
  12. Tambahkan konten visual
  13. Pengoptimalan gambar
  14. Gunakan judul dan subtitle
  15. Coba panjang artikel terbaik
  16. Perhatikan komponen teknis blog
  17. Manfaatkan plugin SEO
  18. Pastikan tidak ada kesalahan ketik
  19. Lanjutkan untuk mempublikasikan artikel
  20. Jangan lupa promosikan artikelnya
  21. Siap untuk menulis artikel SEO friendly?

Ternyata ada banyak cara untuk membuat artikel SEO friendly bukan? 

Oke Kalau begitu, mari kita mulai pembahasannya satu per satu.

simak sampai habis di bawah ini.

1. Gunakan Kata Kunci Yang Tepat

Gunakan Kata Kunci Yang Tepat

Langkah pertama untuk membuat artikel Anda sesuai dengan pedoman SEO adalah dengan menggunakan kata kunci yang tepat

dan kata-kata yang memiliki volume pencarian tinggi, persaingan rendah, dan sesuai dengan niche blog Anda.

Kata kunci dengan volume pencarian tinggi menunjukkan bahwa mereka sangat dicari oleh audiens. Jadi jika Anda menulisnya, itu akan berpotensi menarik banyak pembaca.

Kata kunci dengan persaingan yang lebih sedikit akan memudahkan Anda untuk mendapatkan peringkat tinggi di Google.

Ini bisa jadi karena belum banyak orang yang menulis tentangnya, atau pesaingnya bukan blogger besar.

Nah, memilih kata kunci yang sesuai dengan niche blog Anda akan membantu konten Anda tetap relevan.

Dengan cara ini, akan memenuhi kebutuhan pengunjung blog Anda. Misalnya, blog kecantikan tentu saja lebih cocok untuk kata kunci seperti tips kecantikan, produk perawatan kulit terbaik, dll.

Untuk mendapatkan kata kunci yang tepat, Anda bisa memulainya dengan melakukan riset kata kunci.

Beberapa tools SEO yang dapat Anda gunakan untuk riset kata kunci gratis adalah Ubersuggest, KWFinder atau Google Trends.

2. Pahami Maksud Atau Intent Pengguna

memahami Maksud Atau Intent Pengguna

Intent pengguna  adalah sebuah informasi yang diinginkan pengguna ketika mereka mengetikkan kata kunci tertentu ke mesin pencarian Google.

Menulis artikel SEO membutuhkan perhatian pada niat dan maksud yang di cari oleh para pengguna, karena niat pencarian adalah salah satu faktor peringkat Google. Pasalnya, niat yang tepat menjawab kebutuhan pencari dalam bentuk konten yang relevan.

Kemudian, ketika pengunjung mendapatkan informasi yang mereka inginkan, mereka pasti akan berlama-lama di artikel Anda.Hal Ini membuat Google menganggap artikel Anda berguna dan perlu mendapat peringkat tinggi.

Untungnya, memahami maksud atau yang di maksud intent pengguna cukup mudah. Anda cukup melihat artikel pesaing di hasil pencarian Google (SERP).

3. Ambil Sudut Pandang Yang Unik

Ambil Sudut Pandang Yang Unik

Kata kunci dapat digunakan untuk membuat artikel dengan sudut pandang yang berbeda. Langkah ini efektif untuk membuat artikel Anda lebih menonjol. Tapi, tentunya dengan memastikan sesuai dengan niat dan intent pengguna, ya!

Misalkan Anda ingin menggunakan kata kunci “cara membuat seblak”. Jika pesaing memiliki artikel tentang cara membuat seblak ala restoran, Anda dapat menulis artikel tentang “Cara Membuat Seblak di Rumah dalam Lima Langkah”. Seperti itulah contoh cara membuat artikel yang baik dan benar

Selain artikel Anda yang unik, kemudahan yang diberikan pasti akan lebih menarik bagi pembaca. Belum lagi, perspektif yang unik juga memastikan bahwa artikel Anda asli, sehingga Google lebih memilih untuk peringkat tinggi.

4. Perhatikan Struktur Artikel Anda

Perhatikan Struktur Artikel Anda

Setelah Anda mengidentifikasi sudut pandang Anda, Anda dapat mengatur artikel Anda dengan baik. Tujuannya adalah untuk mempercepat proses penulisan dengan memilih apa yang ingin disampaikan dalam artikel anda

Selain itu, struktur artikel yang baik akan memudahkan pengunjung untuk memahami artikel Anda. Secara umum, struktur artikel ini dibagi menjadi tiga bagian:

  • Prolog (Pembukaan)

Awal atau pembukaan artikel, menjelaskan latar belakang dan tujuan artikel anda yang tepatnya berada di bagian atas setelah anda membuat judul yang unik tentang pembahasan artikel anda.

  • Konten (isi) 

Penjelasan rinci tentang topik utama dan penjelasan semua isi dari judul yang telah anda buat di bagian isi ini akan menjelaskan biasanya kalau di contohkan memuat resep nah isinya ini adalah resep beserta cara membuat masakannya seperti itulah cara membuat artikel dan contohnya.

  • Kesimpulan (Conclusion) 

Bagian kesimpulan yang berisi abstrak atau kesimpulan dari artikel kesimpulan ini biasa ada di bagian akhir artikel yang menjelaskan tentang uraian singkat tentang isi dari semua artikel yang telah anda buat

Salah satu trik yang bisa Anda coba adalah menulis kalimat pendek yang menguraikan setiap bagian. Anda kemudian dapat mengembangkannya menjadi penjelasan lengkap yang saling berhubungan.

5. Perhatikan Bagian Pembuka Artikel

Perhatikan Bagian Pembuka Artikel

Cara membuat artikel yang benar selanjutnya adalah dengan menulis bagian pembuka yang baik yang menjawab maksud pembaca dan menyertakan kata kunci. 

Mengapa harus seperti itu?

Ada alasan yang Pertama, adalah membuka bagian yang tidak menjawab maksud akan membuat pembaca menjauh dari artikel Anda. 

Yang Kedua, menempatkan kata kunci di awal dapat membantu Google merekomendasikannya kepada pembaca yang tepat

Untuk membuat bagian pembuka menjadi menarik, dapat digunakan rumus AIDA yaitu : 

  • Attention – menarik perhatian pembaca dengan kalimat utama berupa pertanyaan, lelucon pendek, atau statistik 
  • Minat (Interest) – Tangkap minat pembaca dengan menyebutkan masalah yang dihadapi misalnya sedang kesulitan ketika belajar SEO
  • Desire – menjelaskan bahwa artikel Anda bisa menjadi solusi dan memberikan manfaat bagi para pembaca di internet
  • Tindakan (Action) – Undang pembaca Anda untuk membaca artikel sampai akhir dan biasanya untuk bisnis action ini biasanya akan memberikan suatu penawaran yang menarik supaya pelanggan bisa membeli produk dan jasa anda.

Berikut ini adalah deskripsi singkat dari bagian pembukaan AIDA

  • Paragraf pertama menarik perhatian pembaca dengan pertanyaan yang sering meresahkan para pebisnis, yaitu tentang retensi pelanggan
  • Selanjutnya Paragraf kedua menangkap minat pembaca dengan isu langsung, loyalitas pelanggan.
  • Di Paragraf ketiga menyebutkan solusi tentang cara mempertahankan loyalitas pelanggan, yang dapat ditemukan dalam artikel.
  • Terakhir ,Paragraf yang keempat mengajak pembaca untuk mengidentifikasi langkah-langkah tersebut.

6. Bagi Menjadi Paragraf Yang Pendek

Bagi Menjadi Paragraf Yang Pendek

Buat paragraf dalam artikel Anda singkat karena membuat pembaca merasa nyaman. Tiga kalimat biasanya cukup untuk menyampaikan penjelasan yang sangat baik.

Menurut penelitian, pembaca artikel online cenderung tidak membaca kata demi kata, tetapi memindai huruf “F” (Pola Berbentuk F) dalam sebuah pargraf yang ada pada artikel tersebut.

Pembaca akan membaca pembukaan secara lengkap dan kemudian memindai kata/kalimat yang menarik secara vertikal. Begitu seterusnya hingga artikel berakhir. 

Sekarang, dengan maksimal tiga kalimat per paragraf, Ada pula keuntungannya menggunakan kalimat pendek di antaranya seperti di bawah ini : 

  • Mempermudah pembaca untuk menemukan kata/kalimat yang mereka butuhkan.
  • Bisa Mempermudah pembaca untuk memahami penjelasannya.
  • Akan memudahkan pembaca artikel dalam melihat kata-kata yang menurut mereka penting
  • Bisa mempermudah pembaca dalam memahami ejaan kata yang ada pada artikel
  • Membuat pembaca tidak pusing saat membaca artikel

7. Menggunakan Strategi Piramida Terbalik

strategi piramida terbalik

Piramida terbalik merupakan sebuah teknik atau strategi penulisan yang di mana Anda dapat meletakkan informasi yang terpenting di awal artikel, dan diikuti dengan penjelasan yang lebih rinci, dan yang terakhir adalah informasi tambahan.

Dengan adanya strategi atau teknik ini yang akan membuat artikel Anda tetap terlihat lebih sederhana dan yang paling utama dapat memudahkan para pengguna internet yang khususnya para pembaca artikel untuk mendapatkan berita utama dengan cepat.

Anda dapat menggunakan strategi piramida terbalik dalam penjelasan di seluruh artikel, di subpos, hingga paragraf Contohnya seperti daftar isi di atas

8. Tulis Artikel Yang Fokus Pada Satu Topik

Tulis Artikel Yang Fokus Pada Satu Topik

Tentukan topik dan fokus pada bagaimana penjelasan itu membuat artikel ramah SEO yang penting. 

Selain tidak membingungkan bagi para pembaca, topik pada sebuah artikel yang jelas akan membuat pesan yang disampaikan lebih runtut dan lebih terperinci

Selain itu, berfokus pada topik tertentu memanfaatkan kata kunci terkait, dan pada akhirnya, lebih mudah bagi perayap web Google untuk memahami struktur artikel untuk pengindeksan atau biasa di sebut proses indexing.

9. Sebarkan Kata Kunci Dengan Benar

Sebarkan Kata Kunci Dengan Benar

Salah satu kesalahan yang dilakukan pemula saat menulis artikel adalah terlalu banyak menggunakan kata kunci (keyword stuffing)

target sehingga dapat muncul di halaman pencarian Google lebih cepat.

Faktanya, isian kata kunci adalah praktik spam, jauh dari cara standar menulis artikel yang SEO friendly. 

Pasalnya, Google memperlakukan isian kata kunci sebagai spam karena mengurangi kualitas artikel Anda dan membuat pembaca tidak nyaman.

Jika keyword stuffing terjadi, peringkat Anda akan down atau turun atau juga bahkan akan dihapus dari hasil pencarian google. 

Waduhh! Makin ribet urusannya!

Jadi, anda sebisa mungkin sebarkan kata kunci Anda secara tepat sesuai kebutuhan. tapi Ingat, Anda sedang menulis artikel untuk dibaca manusia dan para pengguna internet seluruh dunia. Jadi, pastikan paragraf Anda berbobot dan mudah untuk dibaca.

10. Gunakan Lebih Banyak Konjungsi (Kata Sambung)

Gunakan Lebih Banyak Konjungsi (Kata Sambung)

Seperti namanya, konjungsi adalah kata yang menghubungkan sebuah kalimat atau paragraf.

Konjungsi digunakan untuk membantu para pembaca artikel untuk memahami hubungan antara ide-ide dalam sebuah teks dalam artikel.

Contoh kata sambung atau konjungsi yang bisa Anda gunakan dalam sebuah penulisan artikel adalah

  • Kata sambung pertentangan: tetapi, namun, sedangkan, sebaliknya
  • Konjungsi pembetulan: melainkan, hanya
  • (Konjungsi) Kata sambung penegasan: bahkan, malah (malahan), lagipula, apalagi, jangankan
  • Kata sambung batasan: kecuali, hanya
  • Konjungsi (kata sambung) urutan: lalu, kemudian, selanjutnya
  • Kata sambung persamaan: yaitu, yakni, bahwa, adalah, ialah
  • Yang terakhir Kata sambung penyimpulan: jadi, karena itu, oleh sebab itu

11. Masukkan Link Atau Tautan Internal Dan Eksternal

Masukkan Link Atau Tautan Internal Dan Eksternal

Link atau Tautan internal adalah tautan dari satu halaman ke halaman lain di sebuah website yang sama.

Untuk Artikel SEO perlu menggunakan tautan/link internal karena dapat membantu Google untuk mengindeks situs web Anda dan berguna untuk memahami konteks artikel yang dibuat oleh anda. 

Oleh karena itu, optimasi SEO Anda juga akan lebih baik.

Bagi para pengunjung, link atau tautan internal sangat membantu jika mereka ingin mempelajari lebih lanjut tentang topik yang Anda bicarakan di artikel anda. 

Hal Ini tidak hanya membuat pengunjung Anda bertahan lebih lama di artikel website blog anda, tetapi juga menautkan link ini akan menunjukkan keahlian Anda dalam membahas topik artikel secara mendalam.

Dan berikutnya ada link atau tautan eksternal yaitu adalah sebuah tautan ke halaman web lainnya. 

Anda juga dapat menyisipkan tautan/link eksternal sebagai sumber untuk memperkuat penjelasan dan untuk meyakinkan para pembaca. 

Misalnya link dari hasil penelitian, dari statistik, dari kutipan, atau juga referensi dari media-media yang lain.

Namun, anda usahakan untuk menyisipkan tautan eksternal dengan sangat tepat, dan hanya halaman yang relevan saja, ya!

Karena, jika Anda ketahuan mengirim spam ke tautan/link eksternal yang tidak relevan dan benar-benar mengganggu pembaca di artikel Anda, Google akan memberi Anda penalti lalu akan di cap sebagai pelanggaran.

12. Dengan Tambahkan Konten Visual Di Artikel

Dengan Tambahkan Konten Visual Di Artikel

Anda bisa menambahkan Konten berbentuk visual seperti gambar, ilustrasi, infografis, chart, GIF, dll hingga meme juga yang mana termasuk dari cara membuat artikel yang SEO friendly

Mengapa demikian?

Karena Otak manusia dapat memproses data base visual 60.000 ribu kali lebih cepat daripada menulis dan mengetik dan membaca. 

Oleh karena itu, menyisipkan data infografis atau bagan dalam artikel Anda akan memudahkan pembaca untuk memahaminya.

Selain itu, konten bentuk visual dengan kombinasi berbagai warna yang tepat sesuai dengan yang anda butuhkan dapat terbukti mampu meningkatkan minat bagi para pembaca hingga 80 persen 

Misalnya, warna yang tidak bertentangan berdasarkan desain situs web Anda.

Terakhir, 91% netizen lebih memilih konten visual daripada teks untuk di baca. 

Oleh karena itu, jika ada konten visual untuk mendukung penjelasan, mereka akan lebih nyaman dalam artikel Anda.

Selain itu Anda juga bisa mendapatkan dan mendownload konten visual dari website yang banyak menawarkan dan menyediakan gambar gratisan seperti web Pixabay atau Unsplash, dll.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Canva untuk membuat konten visual Anda sendiri sesuai dengan desain yang anda butuhkan sesuai dengan topik artikel anda. 

13. Pengoptimalan Gambar

Pengoptimalan Gambar artikel

Menulis artikel SEO dengan konten visual ekstra itu penting. 

Namun, Anda perlu melakukan langkah-langkah optimasi. 

Yang Tujuannya adalah untuk menghemat sumber daya penyimpanan, mempercepat pemuatan blog atau situs web Anda, dan membuat pengunjung Anda tetap nyaman.

Apa yang diperlukan untuk menerapkan metode pengoptimalan gambar di WordPress? Berikut beberapa tipsnya:

  • Nama file — anda bisa memberikan nama file gambar yang sangat singkat, akurat, dan ramah kata kunci. Misalnya, cat-persia-brown.jpg. Tidak, kucing Persia coklat lucu sangat tidak kuat.jpg.
  • Teks alternatif – Teks alternatif  atau ALT text yang sepenuhnya menjelaskan gambar untuk membantu Google mengidentifikasi topik yang sedang Anda diskusikan. Anda juga dapat memasukkan kata kunci jika memungkinkan.
  • Format Gambar – Pilih format gambar yang benar untuk situs web Anda berdasarkan jenis gambar Anda. Misalnya, JPEG digunakan untuk foto, PNG digunakan untuk gambar detail, GIF digunakan untuk gambar bergerak, dll.
  • Kompres Gambar — Kompres gambar untuk mengurangi ukurannya tanpa kehilangan kualitas. Hasilnya, gambar akan ditampilkan lebih cepat dan pengunjung akan tetap puas dengan kualitasnya. Anda dapat mengompres gambar melalui iLoveIMG atau TinyJPG.

14. Gunakan Judul Atau Heading

Gunakan Judul Atau Heading

Heading adalah judul di bagian artikel yang mana dalam heading ini dapat menjelaskan beberapa informasi topik yang akan di jelaskan di artikel.

Penggunaan judul juga sangat penting saat menulis artikel yang SEO. 

Alasannya, karena pembaca akan lebih mudah dalam menentukan inti penting pada bagian artikel atau topik pada artikel anda. Yang Terutama bagi mereka yang cenderung mencari informasi dalam sebuah artikel.

Dan selain itu, Google menyukai artikel yang terstruktur dengan baik.

Maka Tidak mengherankan, artikel yang terstruktur dengan baik dan selaras dengan niat pembaca akan menerima Cuplikan Unggulan

Pada platform WordPress sendiri memiliki enam heading judul yang bisa anda gunakan (H1 hingga H6) yang dapat Anda gunakan sesuai keinginan. Berikut beberapa tips untuk memaksimalkan header yang bisa Anda coba:

Jika memungkinkan, sertakan kata kunci dalam judul. Penjelasannya seperti di bawah ini

  • Gunakan H2 (heading 2) sebagai judul utama artikel anda, seperti judul bab sebuah buku.
  • Jika diperlukan penjelasan yang lebih rinci, gunakan H3(heading 3), sebagai bagian dari terusan H2 (heading 2). Begitu pun seterusnya hingga H6 (heading 6).
  • Gunakan header sesuai fungsinya. Artinya, H2(heading 2) dapat dijelaskan lebih lanjut oleh si H3 (heading 3), bukan langsung ke H4(heading 4).
  • Hindari penggunaan H4-H6 sebisa mungkin karena dapat membuat struktur artikel terlalu rumit atau terlalu dalam bisa jadi sama dengan teks biasa atau teks normal.

15. Jaga Agar Panjang Artikel Anda Tetap Optimal

pengoptimlan panjang artikel anda

Plugin YoastSEO  merupakan plugin SEO terbaik yang pernah ada, kami merekomendasikan artikel dengan panjangnya minimal 300 kata supaya Google dapat memahami isi topik dalam artikel Anda. Meski begitu, buatlah setidaknya artikel dengan panjang 1000 sampai dengan 2500 kata.

mengapa demikian? Nih di bawah ini ada Ada dua alasannya:

  • Pertama, artikel yang panjang seringkali memiliki penjelasan yang lengkap, sehingga dapat memberikan manfaat lebih kepada pembaca.
  • Yang Kedua, untuk artikel yang panjang yang SEO friendly selalu memiliki lebih banyak judul, gambar visual, atau tautan/link yang dapat disisipkan melalui sebuah kata kunci. Bahkan, SEO dalam artikel dari secara keseluruhan akan lebih baik dan terstruktur.

Selama dari panjang artikelnya yang sudah optimal dan informasi yang diberikan juga sudah relevan, artinya artikel itu akan dengan mudah mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian di google

16. Selalu Perhatikan Komponen Teknis Pada Blog Anda

Selalu Perhatikan Komponen Teknis Pada Blog Anda

Membuat artikel yang SEO friendly mengharuskan Anda memperhatikan tidak hanya kalimat dan paragraf, tetapi juga komponen teknis blog Anda. 

Yang Tujuannya agar artikel Anda terlihat lebih menarik dan bisa bersaing bersama kompetitor di hasil pencarian Google.

Jadi, apa saja komponen teknis blogging?

  • Judul Tag/Judul SEO – Ini adalah judul halaman yang akan muncul di hasil pencarian Google. Agar artikel anda SEO friendly, coba gunakan tag judul Anda untuk menggambarkan sebuah garis besar pada artikel Anda, lalu sertakan satu kata kunci, dan panjangnya hingga kurang lebih 60 karakter.
  • Permalinks – Secara default, permalinks diambil dari judul artikel. Misalnya,contoh https://baotme.com/cara-membuat-artikel-seo-friendly-terbaik/. Apakah terlalu kepanjangan? Jadi, Anda harus memperbaiki tautan permanen artikel ke https://baotme.com/cara-membuat-artikel/
  • Deskripsi meta – pada bagian Ini adalah deskripsi singkat tentang artikel Anda di hasil pencarian Google. Oleh karena itu, jaga agar deskripsi meta Anda maksimal kurang lebih 160 karakter dan anda bisa sertakan satu kata kunci.

Dengan memperhatikan komponen teknis di atas, SEO artikel Anda juga akan lebih baik. Akibatnya, artikel Anda akan mendapat peringkat lebih tinggi di hasil pencarian Google lebih cepat.

17. Memanfaatkan Plugin SEO

Memanfaatkan Plugin SEO

Plugin SEO akan secara otomatis akan memberikan sebuah saran untuk mengoptimalkan aspek SEO di artikel Anda.

Sangat berguna bukan? 

Jadi pastikan Anda menggunakan salah satu plugin ini untuk mempermudah penulisan artikel SEO yang bagus.

Plugin SEO yang kami rekomendasikan adalah Yoast SEO. 

Plugin ini membantu Anda memastikan bahwa judul, jumlah kata, deskripsi meta, distribusi kata kunci, pengoptimalan gambar, dan banyak lagi dioptimalkan dengan benar.

Menariknya, jika artikel Anda bagus, Yoast SEO akan menampilkan ikon berwarna hijau. Jadi, lebih mudah ditemukan. Jika tidak, Anda hanya perlu melakukan optimasi yang disarankan.

18. Pastikan Tidak Ada Kesalahan Ketik

Pastikan Tidak Ada Kesalahan Ketik artikel

Pastikan tidak ada kesalahan ketik dalam artikel Anda. Misalnya, salah ejaan, penggunaan tanda baca yang tidak tepat, dan tata bahasa yang salah.

 Sebab, kesalahan penulisan dapat merusak pengalaman pembaca dan menurunkan kualitas artikel.

Juga, banyaknya kesalahan dalam artikel yang Anda tulis akan membuat Anda terlihat kurang profesional dan karenanya kurang kredibel

Oleh karena itu, harap periksa artikel dengan cermat sebelum dipublikasikan.

Salah satu tipsnya, setelah selesai membaca artikel ini, luangkan waktu beberapa jam untuk beristirahat untuk menyegarkan pikiran. Kemudian, posisikan diri Anda sebagai pembaca dan bacalah artikel tersebut dengan keras agar lebih mudah menemukan kalimat yang terdengar aneh.

19. Terus Terbitkan Artikel

Terus Terbitkan Artikel

Tahukah Anda, mempublikasikan artikel secara konsisten juga sangat penting sebagai cara untuk membuat artikel yang SEO friendly. 

Mengapa?

  • Yang Pertama, Anda dapat memberikan lebih banyak manfaat kepada pembaca dalam bentuk informasi aktual. Tentu Anda juga lebih suka mendapatkan informasi dari postingan-postingan terbaru, bukan?
  • Dan Kedua, konsistensi memberi Google sinyal positif bahwa blog Anda aktif. Dengan cara ini, Google tidak akan ragu untuk merekomendasikan konten Anda di halaman pencarian.

Namun, Anda tidak harus mempublikasikan setiap hari, kok. Anda dapat mengaturnya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

20. Jangan Lupa Untuk Mempromosikan Artikel

Jangan Lupa Untuk Mempromosikan Artikel

Artikel yang dipromosikan dirancang untuk menarik pembaca dengan cepat dan menangkap lalu lintas yang relevan. Ini akan memberi Google sinyal positif karena artikel Anda dibaca dan dibutuhkan.

Dengan langkah ini, SEO Anda akan lebih baik dan posisi Anda di hasil pencarian akan meningkat.

Berikut adalah beberapa tips untuk mempromosikan artikel SEO friendly Anda:

  • Promosikan di semua media sosial. Baik individu maupun grup/komunitas media sosial terkait.
  • Hal ini juga dipromosikan di forum online yang relevan. Ingat, jangan spam!
  • Buat milis untuk mempromosikan artikel Anda lebih cepat dan lebih akurat.
  • Pasang plugin berbagi seperti AddToAny atau MasShare untuk memudahkan pengunjung membagikan/mempromosikan artikel Anda.

Siap menulis artikel yang SEO friendly?

Ternyata banyak sekali tips cara membuat artikel SEO friendly auto page one yang dapat anda peraktikan sesuai dengan ketentuan SEO.

Yang Intinya, untuk membuat artikel SEO friendly, Anda harus mengikuti aturan SEO Google dan memperhatikan kenyamanan pembaca

Mulailah dengan menyebarkan kata kunci, mengoptimalkan gambar, menerapkan teknik piramida terbalik, dll. Anda harus bisa menyeimbangkan semua tips di atas.

Oh ya, tips cara membuat artikel SEO friendly di atas sebenarnya sudah cukup baik.

Semoga tips di atas bermanfaat dan membantu artikel Anda mendapatkan banyak pembaca di Google.dan juga tentunya memberikan ilmu pengetahuan yang berbobot bagi anda serta memberikan sebuah solusi untuk situs web dan untuk pembuatan artikel yang seo friendly

Oh ya satu lagi jika anda ingin di buatkan sebuah artikel yang terbaik dari baotme.com anda bisa langsung hubungi ahlinya di kami dari jasa pembuatan artikel seo friendly 

yang di tawarkan kepada anda dengan harga murah tetapi kualitas artikel tidak murahan dan juga gratis revisi artikel yuk buruan bikin artikel sekarang!

Alfian Nugraha Saya Adalah Seorang CMO (Chief Marketing Officer) Ahli Dalam Bidang Optimasi SEO Yang Khususnya Dalam Pembuatan Konten Artikel

10 Plugin WordPress 2023 Terbaik Download GRATIS!

Plugin WordPress Download Gratis merupakan sebuah script tambahan yang di bundel menjadi sebuah plugin untuk menambah fitur tambahan di wordpress selft hosting kamu sehingga...
helmi fadlilah
3 min read

Cara Memulai Bisnis Online Di tahun 2023

Untuk memulai bisnis di tahun 2023 ini perlu yang namanya sebuah stategi untuk mencapai sebuah keberhasilan apalagi sekarang di tahun 2023 semua serba menggunakan...
helmi fadlilah
13 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *