(vpn chrome app, what is vpn app for iphone, free vpn without app, easy vpn app store, cloud vpn app, vpn server app, best vpn in app store, what is a vpn app, android vpn app apk, mac app store vpn, opera vpn app, cisco vpn app for iphone, best paid vpn app for android, best vpn app for china, vpn mac app, what is vpn app, best free vpn app for android phones, vpn token app, pia vpn app, best cheapest car insurance company, who is the best car insurance company for young drivers, best term insurance company, best online car insurance company, best insurance company for drivers with points, best cheap car insurance company, best company for auto insurance, best cheapest auto insurance company, best car insurance company for new drivers, best company for car insurance, cheapest best auto insurance company, which is the best insurance company for auto, what is the best home and auto insurance company, what is the best and cheapest auto insurance company, best and cheapest car insurance company, best company for home and auto insurance, navigators insurance company am best rating, best car insurance company 2015, what is the best insurance company for auto, best car insurance company california, usda loan mortgage companies, qualifications for a conventional mortgage loan, mortgage home loan process, va mortgage loan credit score requirements, what is the mortgage rate for a va loan, how to apply for a va mortgage loan, mortgage loan omaha, movement mortgage va loan, sierra pacific mortgage my home loan, when to refinance mortgage loan, how much is a jumbo mortgage loan, mortgage loan options for first time home buyers, mortgage loan income to debt ratio, what does it take to be a mortgage loan officer, refinance mortgage and equity loan, qualify for a fha mortgage loan, second mortgage or home equity loan, advantages of a va mortgage loan, va mortgage loan closing costs, apply for mortgage loan online with bad credit)

helmi fadlilah Seorang website developer & digital marketer yang ingin terus berbagi lewat tulisan dan membantu anda mencapai tujuan di bisnis anda.

Cari Tau Apa itu SEO? Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya (Update)

17 min read

apa itu seo

Apa itu SEO – Banyak orang menganggap SEO sebagai cara agar sebuah website mendapatkan peringkat teratas di Google. Padahal, konsepnya cuma kulitnya saja, lho.

Jika tentang SEO ini digali lebih dalam, ternyata SEO lebih dari sekedar ranking pertama di google. Yang Faktanya, SEO dapat meningkatkan kualitas website dan kuantitas traffic ke situs web dan blog konten Anda.

Artinya pengunjung tidak hanya datang ke website Anda. Namun, ini juga membantu memulai tujuan Anda untuk mencapai situs web Anda. Baik itu meningkatkan brand awareness atau meningkatkan volume penelusuran di mesin pencari.

Tentunya anda semakin tertarik untuk memahami apa itu SEO, yang mana  Apa itu SEO adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh para pemula yang baru belajar membangun blog atau website. 

Hal ini karena optimasi SEO diyakini akan memudahkan blog atau website Anda untuk mendapatkan peringkat tinggi di hasil mesin pencari seperti Google. 

Betulkah itu? 

Mari cari tahu lebih dalam apa itu optimasi mesin pencari Atau biasa di sebut dengan SEO dan bagaimana mengoptimalkan SEO di situs web Anda. simak langsung di bawah ini jika anda hobi membaca ,baca artikel ini sampai habis dan jika anda lebih menarik ke visual anda bisa klik video di bawah ini.

apa itu seo

Apa Itu SEO?

SEO adalah merupakan singkatan dari “Search Engine Optimization”. Yang mana Teknik ini merupakan upaya untuk mengoptimalkan sebuah situs web untuk peringkat teratas dalam hasil pencarian di Google.

Dengan SEO ini, orang dapat dengan mudah menemukan situs, dan  berpotensi mengarahkan lebih banyak traffic ke website anda

Salah satu Pertanyaannya, di antara sekian banyak search engine (Yahoo!, Bing, Amazon, dll), mengapa hanya Google SEO yang harus diprioritaskan?

Jawabannya sangat sederhana: yaitu Google adalah mesin pencari favorit bagi sebagian besar pengguna Internet.

Ternyata, ada sekitar 3,5 miliar pencarian melalui Google setiap hari. Tak heran, jika Google menguasai 90% pangsa pasar mesin pencari (Statista).

Oleh karena itu, Google SEO sudah cukup untuk membuat web bisa menentukan keberhasilan untuk promosi bisnis anda misalnya. Dengan SEO yang baik, situs web Anda akan menarik lebih banyak traffic yang  potensial.dan banyak di kunjungi oleh orang banyak di google melalui internet.

Faktanya, 53% traffic situs web yang berasal dari pencarian organik (SEO). oh iya apa itu pencarian organik SEO?

Pencarian organik adalah kegiatan mencari informasi dengan mengetikkan kata kunci tertentu ke mesin search Google.

Bukan hanya traffic, jangkauan audiens anda juga akan tepat saaran  dan ,sesuai dengan tujuan situs web untuk (meningkatkan branding, transaksi, sumber informasi, dll). 

kenapa ini bisa terjadi?

Nah sebelum membahas manfaat SEO, sebaiknya anda pahami dulu perbedaan apa itu SEO dan SEM seperti di bawah ini simak langsung oleh anda sampai habis.

2 Perbedaan SEO Dan SEM

perbedaan seo sem

SEO dan SEM ini Meski terdengar mirip, SEO tidak sama dengan SEM (Search Engine Marketing). Perbedaan antara SEM dan SEO adalah intinya yang mana kedua perbedaan ini sebagian orang tidak memahaminya.

Seperti halnya Google SEO yang berfokus pada peningkatan kinerja situs web, sementara SEM berfokus pada menangkap hasil secara instan (lalu lintas ke konversi) marketing anda. Untuk informasi lengkapnya, mari kita simak perbedaan SEM dan SEO di tabel singkat berikut ini.

SEOSEM
PengertiannyaSEO yang bekerja untuk mengoptimalkan situs Anda sehingga menempati posisi teratas di halaman pencarian di googleSEM ini adalah Strategi Pemasaran untuk Menempatkan Situs Web Anda di Hasil Teratas di  Halaman Pencarian
BIaya Yang Di KeluarkanPembayarannya gratis (Rp0)SEM ini berbayar sekitar (mulai dari Rp 100 ribu)
Tampilan Di Mesin Pencari GoogleSEO Tidak menampilkan iklan yang berlebihanSedangkan SEM Menampilkan label “Iklan” atau “advertising”
Tools Yang DigunakanDi SEO tidak wajib, tetapi Anda juga bisa menggunakan tools riset kata kunci,Seperti Google Search Console untuk analisis backlink, Google Analytics untuk mengecek performa website, dan lainnya masih banyak lagiDi SEM untuk alatnya Membutuhkan Google Adwords, Google Keyword Planner, dll.
HasilSEO ini membutuhkan waktu untuk mendapatkan peringkat teratas minimal dan maximal 3 bulan jika konsistenUntuk SEM Situs web anda akan lebih instan dan langsung di peringkat teratas Google
Jenis TrafficDi SEO di sebut dengan traffic organik yaitu traffic dari situs web yang muncul secara alami di hasil penelusuran,SEM  dengan traffic organik, dan penelusuran berbayar. Pencarian berbayar adalah kunjungan audiens yang disebabkan oleh iklan berbayar seperti contohnya iklan google ads
PerformaSEO bisa berkinerja untuk  jangka panjang. Ranking sebuah website tidak akan mudah turun, tetapi tergantung dari optimasi SEO-nyaSEM ini memiliki jangka yang pendek. Setelah waktu iklan habis, peringkat situs akan kembali ke keadaan semula.

Selain itu Meski SEM bisa langsung memberikan hasil, bukan berarti SEO website tidak efektif.

Ternyata 70-80% orang mengabaikan hasil pencarian berbayar demi konten yang tumbuh secara organik. Sebab, banyak orang yang terlalu malas untuk mengklik konten yang berhiaskan iklan. Seperti itulah namun dengan SEO harus berjuang untuk konsisten upload konten dan di optimasi supaya bisa masuk peringkat teratas di google.

Manfaat SEO Bagi Website dan Bisnis Anda

manfaat seo untuk website bisnis

Sekarang Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa Anda masih harus menerapkan SEO website? 

Bahkan jika Anda dapat mempromosikan situs web anda  melalui saluran pemasaran lain. Misalnya, memasang tautan situs web di profil Instagram Anda, menggunakan fitur geser ke atas, atau anda bisa mengiklankan website anda dan lainnya.

Nah, perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar traffic terutama situs web bisnis yang berasal dari mesin pencari. Apa pun topiknya baik itu: teknologi, model pakaian, kesehatan, dan lainnya.

manfaat seo

Tentu saja, jumlah traffic dapat mempengaruhi apakah sebuah situs dapat berhasil mencapai tujuannya. Secara keseluruhan, berikut adalah manfaat SEO yang tidak akan bisa Anda lewatkan :

1. Memudahkan Audiens Menemukan Website dengan SEO

audience seo tertarget

Untuk Strategi di SEO yaitu adalah sebuah strategi dan cara ampuh untuk memudahkan audiens target Anda menemukan situs web Anda.

Yang Pasalnya, SEO memungkinkan website Anda berada di halaman pertama Google. Posisi saat ini jelas mempengaruhi traffic web anda. Ingat sudah di katakan tadi, 75% orang malas scroll ke bawah dan ke halaman kedua, serta halaman seterusnya.

Ini seperti sama halnya saat anda membuka kulkas yang penuh dengan kaleng minuman. Tentu saja, Anda lebih suka menyimpan toples di barisan depan daripada repot-repot pergi ke ujung dan melewati botol minuman tersebut, kan.

2. Menjaring Target Audiens yang Tepat lewat SEO

memudahkan audience menemukan website dengan seo

Tidak hanya membantu audiens Anda menemukan situs web Anda, tetapi Google SEO juga memungkinkan Anda menjangkau audiens target yang tepat.

Pasalnya, Anda bisa menargetkan kata kunci yang berdasarkan maksud pencarian atau tujuan audiens Anda mencari kata kunci tertentu.

Misalnya, maksud pencarian untuk situs web Anda adalah untuk membuat audiens Anda mengetahui sesuatu. Sebagai pedagang skincare perawatan kulit misalnya Anda tahu audiens target pasti penasaran dengan niacinamide yang terkandung dalam skincare tersebut.

Jadi Anda harus membuat konten blog tentang manfaat niacinamide dan memberi tahu merek Anda bahwa skincare itu mengandung zat yang dapat memberikan manfaat pad kulit anda. 

Dengan menerapkan teknik SEO, konten ini berpotensi ditemukan oleh target audiens Anda melalui Google.

Selain itu, algoritma Google memprioritaskan pengalaman penelusuran yang unik dan menarik.

Artinya algoritma Google akan menentukan konten yang direkomendasikan untuk muncul di halaman pencarian berdasarkan karakteristik audiens. Mulai dengan lokasi, riwayat pencarian, dan banyak lagi.

katanya, dengan menerapkan SEO, konten situs web Anda akan lebih mungkin muncul di depan audiens target Anda. Akibatnya, lalu lintas dan peluang konversi juga meningkat.

3. Membangun Brand Awareness dengan SEO

membangun brand awarenes dengan seo

Cara paling termudah untuk orang dapat menemukan apa yang mereka cari adalah dengan mencari informasi di Google.

Faktanya, menurut ReviewTrackers, 63% orang lebih suka mencari produk di Google daripada situs ulasan lainnya.

Artinya Google benar-benar tempat yang strategis untuk memperkenalkan produk atau membangun brand awareness.

Nah, konten website saya sudah ada di beranda Google, mengapa merek saya masih belum begitu populer?

Nah, dari manfaat SEO tidak datang begitu saja. Setelah menemukan konten yang Anda buat sekitar 3 hingga 5 kali, calon pelanggan baru akan percaya dan tertarik dengan merek Anda.

Oleh karena itu, semakin relevan kata kunci situs web Anda muncul di halaman pertama Google, semakin banyak brand awareness yang akan Anda peroleh.

4. Sebagai Investasi Jangka Panjang

apa itu seo investasi jangka panjang

Apa itu SEO atau Optimisasi mesin pencari adalah ibarat sebuah investasi jangka panjang memang benar ini nyata. Sebab, optimasi mesin pencari Google dapat meningkatkan peluang bisnis. 

Selain itu, hasil pencarian yang relevan dapat mempengaruhi keputusan 39% pembeli yang potensial.

Dengan membangun traffic secara alami, situs web Anda akan mendapat peringkat lebih tinggi di Google dan akan bertahan lama.

Tidak seperti PPC atau Pay per Click, jika Anda berhenti membayar, lalu traffic anda akan langsung turun ke 0.

Pasalnya, sebuah website Anda akan tersingkir dari peringkat dengan sangat cepat.

Maka Inilah sebabnya, meskipun SEO dan SEM berpotensi menghabiskan biaya, kami tetap menyarankan untuk mengoptimalkan situs web Anda untuk SEO.

5. Meningkatkan penjualan dan konversi lewat SEO

meningkatkan penjualan dengan seo

Manfaat SEO yang selanjutnya, adalah meningkatkan penjualan dan konversi secara online.

Yang Faktanya, dari 75% pengusaha juga percaya bahwa SEO menghasilkan lebih banyak pelanggan daripada teknik pemasaran lainnya. Bahkan, tingkat konversinya mencapai 14,6%.

Pada Pasalnya, SEO lebih efektif menjangkau target audiens yang lebih luas. 

Berbeda dengan teknik pemasaran lainnya. Misalnya, pemasaran media sosial hanya dapat menargetkan pengguna aplikasi terkait (Instagram, YouTube, dll.). Atau, email marketing hanya untuk pelanggan email yang berlangganan sebuah layanan misalnya

Selain itu, Google memiliki pengguna yang jauh lebih banyak daripada platform lainnya, dengan sekitar 4,39 miliar pengguna internet.

Ini berarti bahwa semakin mudah konten situs web Anda ditemukan di Google, semakin baik peluang Anda untuk menarik trafik penjualan ke web anda. 

Apalagi jika konten Anda berulang ulang kali muncul ke orang yang sama saat orang yang sama itu memasukkan berbagai kata kunci.

Dan bukan sembarang audiens, Anda dapat mengubah lalu lintas menjadi banyak hal. Apa yang dulunya pelanggan potensial baru berubah menjadi pelanggan nyata.

Membangun Top-of-Mind Brand

membuka top mind brand seo

Merek teratas atau top of mind brand adalah merek pertama yang dipikirkan pelanggan ketika mempertimbangkan kategori produk. Misalnya air mineral, kebanyakan orang akan menyebut Aqua.

Ternyata kamu bisa membangun top brand ini dengan SEO lho.gimana caranya?

Seperti yang Anda ketahui, SEO adalah sebuah investasi untuk jangka panjang. Ketika situs web Anda berhasil mendominasi beranda di Google, situs web Anda akan memiliki akar yang lebih kuat dan karenanya tidak akan mudah tergantikan oleh situs lain 

Karena kepercayaan dari website sudah mulai terbukti, maka konten website Anda yang lain juga akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari Google.

Plus, Anda sudah memiliki lalu lintas traffic yang tinggi, dan Google suka merekomendasikan situs yang pernah dikunjungi para pengguna internet sebelumnya.

Dengan begitu, misal dalam artikel adalah pembaca yang tidak akan mudah melupakan konten Anda. dan Anda akan melihat bahwa bahkan dengan kata kunci yang berbeda, konten Anda akan terus muncul di hasil pencarian mereka.

Jika Anda berhasil mendapatkan halaman pertama Google, calon pelanggan tidak akan repot mencari toko terdekat misalkan di posisi paling atas. Dalam benak mereka, barang dan produk yang bagus adalah toko yang berada di peringkat tertinggi di Google.

Juga, situs bisnis peringkat teratas sering memberikan informasi yang lengkap. Tidak heran jika audiens berpikir bisnis Anda selalu memberikan informasi tentang produk yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, kesadaran utama pengunjung web akan semakin terbentuk.

Jadi Sekarang, Anda pasti semakin tertarik untuk belajar SEO. tetapi sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya pahami dulu jenis-jenis SEO dan pilih mana yang ingin Anda fokuskan terlebih dahulu.langsung saja simak pembahasannya di bawah ini ya!

Jenis-Jenis SEO

Ada tiga jenis optimasi SEO: on-page, off-page, dan teknis serta ada tambahan dari jenis yaitu loca seo. Meskipun semuanya bertujuan untuk menaikkan peringkat situs web, namun untuk masing-masing fokus SEO tersebut berbeda. Berikut penjelasan lengkap tentang jenis-jenis SEO:

1. SEO On-Page

apa itu seo on page

Sasarannya untuk: Mengoptimalkan konten situs web yaitu untuk memudahkan pencarian target pasar

SEO On-page adalah upaya untuk mengoptimalkan optimasi mesin pencari di halaman depan sebuah situs web. Selain itu juga ada Aspek yang dimaksimalkan adalah:

  • Tautan atau link permanen;
  • judul konten;
  • struktur konten;
  • gambar konten;
  • distribusi kata kunci;
  • kualitas konten;
  • Internal link;
  • Elemen SEO (deskripsi meta, tag, dll.);

Dengan SEO on-page ini, konten Anda akan lebih mudah muncul di Google. Dan akan semakin relevan konten dengan kata kunci yang Anda targetkan, semakin banyak kebutuhan audiens Anda akan terpenuhi, dan Google akan mengirimkan peringkat situs Anda naik sampai di puncak google.

Sebagai catatan, SEO jenis ini paling mudah diterapkan dan harus anda kuasai, lho.

Jadi jika Anda baru belajar SEO, asah pemahaman Anda tentang SEO on-page terlebih dahulu.

2. SEO Off-Page

backlink seo off page

Tujuan SEO of page: Untuk membantu Google memahami kegunaan dan relevansi konten bagi orang lain

SEO Of-Page  adalah upaya untuk mengoptimalkan SEO di luar website. Berikut adalah beberapa aspek SEO off-page yang dapat Anda tingkatkan:

  • pembuatan tautan atau link building adalah (aktivitas memperoleh tautan dari situs web lain, yaitu tautan balik (backlink));
  • Meningkatkan DA (Otoritas Domain/domain authority: skor yang memprediksi peluang peringkat situs web di Google);
  • Peningkatan PA (Otoritas Halaman/page authority: skor yang menunjukkan kemungkinan halaman situs web berada di peringkat teratas Google);
  • Mempromosikan konten melalui media sosial dan saluran pemasaran lainnya;
  • Guest blogging (aktivitas mempublikasikan artikel berkualitas Anda di situs lain yang berisi backlink ke situs Anda).

Dengan pengoptimasian SEO of page  yang kuat, Google akan lebih yakin bahwa situs Anda berguna bagi orang lain. Alhasil, kredibilitas situs dan potensinya untuk meningkatkan peringkat website anda.

3. Technical SEO

tehnik seo

Sasaran: Mengoptimalkan struktur situs agar berkinerja terbaik dan diterima oleh Google

SEO teknis/technical SEO adalah salah satu upaya untuk mengoptimalkan SEO dalam sebuah situs web. Secara garis besar aspek-aspek ini termasuk dalam bidang teknis SEO:

  • kecepatan situs web;
  • struktur situs web;
  • peta situs/sitemap  XML;
  • Keamanan Situs Web (SSL);
  • tema ramah SEO;
  • tata letak situs web;
  • Navigasi.

Terapkan SEO teknis ke situs web Anda yang berguna agar website anda terstruktur dengan baik dan mudah dibaca oleh mesin pencari. Oleh karena itu, Google memiliki peluang yang lebih baik untuk mengindeks situs Anda.

Oh iya! apa yang Anda maksud dengan mengindeks situs web atau biasa kita sebut indeksing site?

Tenang, kami sudah menyiapkan penjelasannya di bagian bawah tentang cara kerja SEO dan SERP.

Sebelum itu ada sedikit ilmu tambahan yang berguna buat anda

4. Pengertian Local SEO

local seo

SEO lokal adalah sebuah pengoptimalan situs web bisnis untuk meningkatkan visibilitasnya untuk pencarian di lokasi terdekat menggunakan mesin pencari organik lokal. Yang membuatnya menonjol adalah tiga pilar yang harus dimiliki dalam pencarian lokal, Proximity, Prominence, dan Relevance.

SEO lokal bekerja dengan menggabungkan berbagai cara teknis dan kreatif untuk meyakinkan mesin pencari untuk menunjukkan bisnis yang paling dekat dengan pengguna internet berdasarkan pertanyaan lokasi terdekat yang diajukan oleh pengguna

Nah lanjutkan ke tahap selanjutnya ya simak di bawah ini:

Cara kerja SEO dan SERP

cara kerja seo dan serp

Tentu saja, SEO bekerja lebih dari sekadar memilih situs web untuk menempati halaman pertama seperti  SERP (Search Engine Result Page ). 

Selain itu Google menggunakan teknik tertentu untuk memilih situs web yang benar benar baik

Dengan mempelajari teknik-teknik ini, Anda akan memahami mengapa ada banyak jenis SEO, dan mengapa penting untuk mengoptimalkan halaman depan, dalam, dan di luar  situs web Anda. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Cara Kerja SEO

Google memiliki alat yang disebut web crawler. Atau dalam bahasa indonesia adalah sebuah  Perayap web yang  membantu Google mengumpulkan semua jenis konten di Internet, menyimpannya di database atau loker mesin telusur, dan  memproses hingga mengolahnya.

Singkatnya, ini adalah cara kerja SEO setelah Anda mempublikasikan situs web Anda atau memposting konten baru di blog Anda.setelah anda berhasil membuat konten anda akan melewati fase yang akan di jelaskan di bawah ini:

  • Crawling site : proses mengumpulkan dan menyimpan halaman web yang baru diterbitkan atau yang baru saja diperbarui;
  • Pengindeksan (Indexing Site): Google menerapkan algoritma pengindeksan Google untuk membantu Google mempelajari struktur situs,kualitas dan relevansi konten yang memenuhi kebutuhan pemirsa, dan kredibilitas setiap halaman situs web yang tersimpan dalam basis datanya;
  • Pulling Result  (Ranking): Google menyusun daftar halaman situs web terbaik untuk mengisi posisi teratas dalam hasil pencarian (SERP).

Nah, beginilah cara kerja SEO dalam menentukan peringkat halaman sebuah website untuk ditampilkan kepada pengguna internet. Tapi bagaimana perjalanan konten dapat ditemukan oleh semua para pengguna di internet?

Cara Kerja SERP (Search Engine Result Page)

Sekarang, Anda akan melihat bagaimana mesin pencari Google menyajikan halaman web tertentu kepada audiens Anda.

Kira-kira beginilah cara SERP memberikan konten yang direkomendasikan kepada audiens anda.:

  1. Audiens memasukkan kata kunci tertentu ke dalam kotak pencarian Google;
  2. Google menganalisis kata kunci ini (dimulai dengan ejaan dan sinonim) untuk memberikan hasil pencarian terbaik;
  3. Dari semua halaman website di database, Google mencari konten yang berisi kata kunci yang dimasukkan oleh audiens;
  4. Menggunakan algoritma Google, Google menganalisis konten dan situs web untuk memastikan bahwa informasi tersebut relevan dan dapat diandalkan bagi audiens;
  5. Google memperhitungkan karakteristik audiens. Mulai dengan lokasi, riwayat pencarian, dan pasca-pencarian (filter pencarian aman: filter yang menyediakan konten aman bagi audiens Anda);
  6. SERP Google menunjukkan kepada pemirsa daftar konten terbaik dari mulai posisi pertama sampai di posisi terbawah dan juga tersedia halam halaman yang sesuai di rekomendasikan oleh google.

Anda perlu tahu bahwa SERP cukup baik untuk mengikuti algoritma Google terbaru. 

Tambahan sedikit Google Algorithms adalah pedoman Google untuk mengevaluasi dan menampilkan halaman web berdasarkan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna.

Lanjutkan ke bagian berikutnya dan Anda akan memahami indikator utama dari SEO simak saja langsung di bawah ini:

Indikator Utama SEO

indikator utama apa itu seo

Untuk indikator SEO ini adalah hal-hal yang dievaluasi Google untuk memutuskan apakah halaman situs web harus menempati peringkat teratas di SERP.

Ini berarti, indikator SEO yang merupakan aspek yang perlu Anda tangani saat mengoptimalkan situs web Anda. Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah indikator utama dari apa itu SEO. 

1. Domain Factor

Yang pertama ada Domain Factor yang mana Domain adalah alamat sebuah website. Misalnya: contoh www.tokonia.com. Sedangkan faktor domain adalah hal-hal yang berhubungan dengan domain yang berdampak pada kinerja SEO Anda.

Sebenarnya, apa faktor domain sebagai indikator utama SEO? Inilah jawabannya:

  • Ejaannya Jelas Dan Mudah Diketik

Dengan ejaan yang sederhana, nama domain akan lebih mudah diketik oleh pemirsa, mengurangi kemungkinan salah eja;

  • Panjang Nama Domain

Nama domain yang panjang terlalu rumit untuk dipahami oleh Google dan audiens. Seperti www.tokoniaunikdanindahsekali.com;

  • Usia domain. 

Faktanya, usia nama domain tidak banyak berdampak pada SEO. Namun, semakin Anda mengoptimalkan situs Anda di masa lalu, semakin baik SEO Anda;

  • Sejarah Domain. 

Jika Anda membeli nama domain yang sudah digunakan dan memiliki riwayat yang buruk (banyak kampanye spam), hal itu dapat berdampak besar pada kinerja SEO.

Kesimpulannya faktor domain adalah indikator utama SEO yang penting untuk Anda fokuskan.seperti halnya pada poin-poin di atas yang sudah di jelaskan

2. Desain dan Struktur Website

struktur website seo

Dalam penjelasan teknis SEO, Anda telah melihat pentingnya struktur situs:yang  memaksimalkan kinerja situs dan mempermudah Google untuk memahami konteks situs Anda.

Sebagai pengingat, struktur website adalah susunan halaman-halaman penting pada sebuah website, termasuk elemen-elemennya. Seperti pengaturan konten, navigasi, tautan dan tata letak konten dan sebagainya.

Bukan sembarang urutan, struktur situs harus SEO friendly. Artinya, situs web Anda harus:

  • Mudah di akses
  • Website dengan akses yang cepat;
  • struktur situs web yang bersih;
  • Hapus menu navigasi;
  • tautan yang mudah diidentifikasi;
  • Judul dan URL konten unik;
  • konten berkualitas;
  • kombinasi warna yang benar;
  • Tampilan yang konsisten di browser;
  • Panggilan untuk bertindak jelas;
  • bentuk sederhana;
  • Responsif/ di semua perangkat

3. Keamanan Website (SSL/TLS)

seo secure ssl

Sejak tahun 2014, Google telah memprioritaskan situs yang aman bagi audiensnya. Cara Google mengidentifikasi keamanan situs adalah dengan melihat apakah situs tersebut memasang SSL/TLS.

Sebagai informasi, SSL/TLS adalah protokol keamanan yang digunakan untuk mengamankan semua aliran data pada sebuah website. Situs web yang memasang SSL/TLS harus memiliki gembok pada URL di bilah alamat.

Jadi bagaimana Anda membuat situs web Anda memiliki SSL/TLS?

Bila anda membeli hosting dari berbagai mitra yang tersedia di google lalu nantinya, Anda akan mendapatkan SSL gratis selamanya. Namun, jika Anda ingin mencoba SSL berbayar murah yang benar-benar kompatibel di berbagai browser, Anda juga dapat menggunakan Comodo Positive SSL.

4. Tes Kecepatan Website Anda

kecepatan website seo

Sejak tahun 2018, Google telah menyatakan bahwa pemuatan situs web yang lebih cepat (di desktop, seluler, tablet) adalah salah satu indikator yang paling utama untuk pemahasan tentang apa itu SEO.

Setidaknya, menurut Google kecepatan situs terbaik adalah sekitar dua detik. Untuk memperjelas apa yang Anda bayangkan, rentang kecepatan seperti di bawah ini:

  • Sangat cepat: 1 detik
  • Cepat: 2 detik
  • Normal: 2 hingga 3 detik
  • Lambat: 3 hingga 4 detik
  • Sangat lambat: lebih dari 4 detik

Jadi apa konsekuensi dari sebuah situs web yang terlalu lambat?

Bahkan, audiens sudah tidak sabar.dan akan bosan menunggu terlalu lama halaman situs web yang belum selesai dimuat atau masih loading, setelah mereka bete dan bosan mereka tidak akan ragu untuk mencari situs lain yang lebih cepat terbuka informasinya

Anda dapat menyimpulkan bahwa semakin cepat halaman situs web dimuat, semakin rendah rasio pentalan dan semakin tinggi tampilan halaman.

Nah, salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan website Anda adalah dengan memilih host yang menggunakan server terbaik. Ambil LiteSpeed ​​​​Web Server sebagai contoh. Ini adalah server web yang berkinerja 50% lebih cepat daripada server lain.

5. Penggunaan kata kunci (keyword)

apa itu seo kata kunci keyword

Tentu saja, Anda sudah tahu bahwa kata kunci adalah yang paling utama dalam indikator SEO yang sangat mendasar. Karena, memasukkan kata kunci ke Google adalah cara audiens menemukan situs Anda.

Biasanya para pemula atau pakar SEO memilih kata kunci dengan jumlah yang lebih besar. Karena volumenya yang besar mencerminkan banyaknya orang para pengguna internet di seluruh indonesia yang menggunakan kata kunci tersebut untuk mencari informasi.

Tetapi Sayangnya, persaingan kata kunci dengan volume tinggi cukup sulit. Apalagi untuk situs yang baru saja diluncurkan, kalah dengan situs yang sudah memiliki trafik.

Oleh karena itu, strategi penggunaan kata kunci telah bergeser. Anda dapat menargetkan beberapa kata kunci sekaligus: LSI (Latent Semantic Indexing) atau Long Tail Keyword (kata kunci yang panjang)

Bukan sinonim, kata kunci LSI adalah istilah atau kata-kata yang dianggap mesin pencari terkait secara semantik. Dengan menambahkan LSI, konten menjadi lebih informatif.

Berikutnya long tail keyword ini adalah kata kunci spesifik yang biasanya memiliki persaingan yang rendah.

Namun meski volumenya kecil, tetapi belum tentu tidak ada yang mencarinya.

Oleh karena itu, kata kunci yang panjang memungkinkan Anda menjawab pertanyaan spesifik audiens sambil mengalahkan para pesaing di Google.

Kesimpulannya, dengan meriset terlebih dahulu kata kunci yang tepat, nantinya akan lebih mudah bagi Anda untuk menyusun apa yang benar-benar diinginkan audiens Anda.dan Google juga lebih cenderung memberi peringkat Anda berdasarkan kata kunci target Anda.

6. Topik Konten

topik konten artikel fokus seo

Teknikal Utama SEO yang berikutnya, topik konten. Meski terkesan sepele, memilih topik konten yang salah bisa berakibat fatal.

Anda tahu, ini adalah situs web saya, tetapi saya tidak dapat dengan bebas memilih tema?

Nah, Anda bebas memilih tema apa saja. Meski begitu, usahakan untuk memastikan topik konten yang Anda pilih dan relevan untuk konten anda.

Misalnya contoh, Anda memiliki blog teknis. Beberapa topik utama ditawarkan, seperti pemasaran digital, pengembangan web, dan desain. Semua topik ini saling berhubungan dengan topik blogging – teknologi.

Mengapa ini terjadi? 

Alasannya sederhana: semakin banyak konten yang saling berhubungan, semakin mudah mesin pencari memahami konteks situs web Anda.

Selain itu, konten yang relevan akan memudahkan Anda saat membangun internal link. Hal ini dikarenakan informasi dari satu konten ke konten lainnya saling mendukung, sehingga memudahkan untuk menyisipkan link yang relevan.

7. Search intent

audience seo tertarget

Maksud pencarian intent adalah tujuan pengguna ketika mereka mencari kata kunci pencarian.

Misalnya, ketika audiens memasukkan kata kunci “layanan pengembangan situs web” di Google. Kemungkinan besar, mereka mencari jasa pembuatan website.

Akibatnya, SERP akan menampilkan rekomendasi dari layanan pembuatan situs web paling terpercaya dan juga relevan.

Sudah Jelas, jika audiens mengetikkan kata kunci “tips memulai layanan pengembangan situs web”, hasilnya akan berbeda. Mereka mungkin tertarik untuk membuka layanan pengembangan web dan mempelajari cara memulainya.

Oleh karena itu, SERP juga akan menawarkan tips membuka layanan pembuatan situs web.

Artinya Google berusaha memahami maksud penggunanya melalui kata kunci yang masuk. Dengan kata lain, kata kunci untuk konten yang Anda buat harus serelevan mungkin dengan maksud pencarian audiens Anda.

8. Struktur Konten

tehnik seo

Indikator utama apa itu SEO yang berikutnya, adalah struktur konten.

Salah satu cara Google dapat membaca konten Anda adalah dengan melihat cara anda   menggunakan heading pada Judul 

Judul di sini merupakan bagian artikel yang berisi informasi tertentu

Penggunaan heading yang tidak sembarangan. Meskipun ada H1 (judul utama konten) hingga H6 (subpos), Anda harus memahami hierarkinya. Semakin dekat Anda dengan H6, semakin detail informasi yang Anda berikan.

Selain untuk memudahkan Google untuk membaca struktur konten anda, format heading juga memudahkan audiens untuk cepat sampai ke inti konten.

Juga, judul membantu Anda mendapatkan fatured snippet (kolom cuplikan di bagian atas google).

Dari judulnya, Google dan pemirsa dapat mengetahui apakah konten Anda cocok dengan maksud atau intent pencarian mereka.

9. Optimasi Gambar 

optimasi image seo

Yang satu ini ada Salah satu elemen yang sering diremehkan orang, meski berdampak cukup besar terhadap SEO website, yaitu adalah pengoptimasian gambar. Baik itu konten sampul, ilustrasi pendukung, video, atau format visual lainnya.

Faktanya, SEO gambar dapat meningkatkan kinerja situs web Anda. Baik dari segi kecepatan maupun kemudahan pencarian di hasil pencarian. Sebab, algoritma Google bisa membaca gambar yang Anda posting.

Oleh karena itu, pengoptimalan gambar adalah indikatior utama dalam SEO yang patut diperhatikan. Cara mengoptimalkan gambar di WordPress adalah memastikan nama file benar, lalu memilih ukuran gambar yang tepat, dan masih banyak lagi.

10. Struktur URL

backlink seo off page

Permalink alias URL adalah tautan yang mengarahkan pemirsa ke konten atau halaman situs web tertentu.

Struktur URL yang sederhana dan kata kunci yang jelas memudahkan mesin pencari untuk memahami subjek halaman web.

11. Meta Tag

apa itu seo kata kunci keyword

Sebuah meta tag yang terdiri dari tag judul dan deskripsi meta.

Title tag adalah judul artikel yang muncul di hasil pencarian. Sedangkan deskripsi meta adalah ringkasan konten Anda di bawah tag meta.

Karena tag meta adalah hal pertama yang dilihat audiens Anda sebelum mereka mengetik konten Anda, kehadiran mereka sangat penting. Menggunakan tag meta, audiens dapat mengetahui apakah konten cocok dengan maksud pencarian mereka.

Penting bagi Anda untuk mengetahui hal ini, karena ruang dari Google terbatas dan tag meta harus diubah ukurannya. Tag judul yang terlalu panjang akan dihapus oleh Google, dan deskripsi meta dibatasi hingga 120 hingga 130 karakter.

12. Backlink

backlink seo off page

Di bagian SEO Off Page, Anda sudah mengetahui backlink secara sekilas. Tautan balik atau backlink adalah tautan ke situs web Anda dari situs web tetangga.

Hal ini merupakan indikator SEO yang paling penting karena merupakan faktor yang diperhitungkan Google saat mengevaluasi kepercayaan situs web. 

Pasalnya, ketika konten Anda dijadikan referensi oleh situs lain, berarti konten yang Anda buat benar-benar bermanfaat dan berbobot.

Namun, Anda tidak bisa begitu saja mendapatkan backlink dari situs web atau blog mana pun. Tentunya website yang menyediakan backlink harus berkualitas tinggi. Kualitas ini dapat dilihat pada nilai DA dan PA. Semakin tinggi skor DA dan PA, semakin tinggi peluang halaman situs web muncul di peringkat teratas.

13. Spam Web

spam website seo

Web spam adalah komunikasi yang berlebihan dan terlalu offer melalui website. Misalnya, membombardir artikel pendek dengan ratusan kata kunci yang sama. Tujuan untuk memenangkan kompetisi SEO.

Biasanya yang melakukan web spam adalah mereka yang tidak begitu mengerti cara kerja SEO, atau mereka yang ingin segera menaklukan halaman pencarian dengan cara yang curang.

Padahal, Google tidak suka banyak situs spam lho. Sebab, web spam merusak user experience audiens dan menurunkan kredibilitas website.

Ada beberapa jenis web spam yang sering digunakan untuk web spamming seperti di bawah ini:

  • Spam berbasis konten, yang merupakan kampanye spam yang dilakukan pada konten. Suka melakukan isian kata kunci (memasukkan terlalu banyak kata kunci);
  • Komentar spam, yaitu komentar spam yang memasukkan tautan situs web mereka sendiri di kolom komentar situs web yang berdekatan;
  • Link spam, adalah kampanye spam yang membombardir platform tertentu dengan backlink yang berlebihan. Baik itu forum online, blog tamu, dll.

Jadi meskipun mengoptimalkan SEO website Anda itu penting, Anda harus memperhatikan batas wajar dan jangan curang.

Selain itu, Google semakin pintar menilai tingkat spam situs, sehingga tidak akan ragu untuk menyingkirkan situs yang melakukan web spamming

Apa Saja Faktor SEO Ranking?

cara kerja seo dan serp

Dari pembahasan sebelumnya, Anda tahu bahwa indikator SEO ini adalah metrik yang dievaluasi Google untuk menilai kelayakan sebuah situs web dan kontennya.

Nah, metrik ini sebenarnya bisa dikategorikan sebagai faktor peringkat SEO.

Faktor peringkat SEO atau SEO Ranking adalah kriteria yang ditetapkan oleh Google untuk mengevaluasi metrik SEO, yang mana termasuk:

  • Relevansi

yaitu hubungan antara kebutuhan audiens dengan informasi yang diberikan;

  • Authority

yaitu kepercayaan suatu situs web atau konten dalam memberikan informasi yang akurat dan relevan;

  • Value

adalah kualitas manfaat yang diberikan situs web kepada audiens;

  • User Experience

 yaitu bagaimana pengalaman audiens ketika berinteraksi dengan situs web dan semua elemennya.

Jadi, metrik yang mana yang termasuk dalam faktor Peringkat Google? Mari kita lihat tabel di bawah ini.

Faktor SEOCakupan
RELEVANCYPenggunaan keywordTopik kontenStruktur URLMeta tag
AUTHORITYDomain factorKeamanan websiteBacklinkWeb spam
VALUESearch intent
USER EXPERIENCEDesain dan struktur websiteKecepatan websiteOptimasi gambar
Apa Itu SEO

Selain faktor SEO di atas, peringkat website juga dipengaruhi oleh algoritma Google. Google akan mengevaluasi situs web ini berdasarkan sistem yang terus diperbarui untuk memberikan pengalaman pencarian yang terbaik.

Hal Ini berarti bahwa algoritma Google ada untuk memenuhi kebutuhan audiens. Jadi, daripada hanya fokus mengejar algoritma Google yang selalu berubah, mending anda fokuskan untuk menyajikan situs dan konten yang bermanfaat bagi audiens Anda.

Jadi Bagaimana? Sudah Siap Menerapkan Optimasi SEO Di Website Anda?

Sekarang Anda telah lebih memahami bahwa apa itu SEO adalah salah satu cara untuk mengoptimalkan website Anda untuk berada di halaman pertama Google.

Dengan menjadikan SEO sebagai cara yang tepat untuk memulai bisnis, Anda akan dibanjiri banyak pengunjung web dan menghasilkan lebih banyak uang. Sekarang juga Mulailah dengan memperluas visibilitas, mendorong kesepakatan, dan memperpanjang umur bisnis Anda.

Namun meskipun artikel ini sudah selesai, jangan berpikir bahwa belajar SEO sudah selesai. Seperti yang dikatakan Aristoteles yang berasal dari (Yunani), kata dia “Apa yang harus kita pelajari, kita pelajari dengan melakukan atau dengan mempraktekannya.” Jadi cara terbaik untuk memahami SEO adalah melalui latihan dan mempraktekan  SEO ini secara langsung

Jadi, bagaimana akan Anda belajar SEO?

Jangan khawatir, kami telah menyiapkan jawaban atas langkah-langkah optimasi SEO yang paling efektif dalam e-Book yang telah di sediakan oleh baotme ebook ini bisa anda dapatkan secara gratis yang mana E book ini akan memberikan panduan cara belajar SEO dengan mudah. Tanpa basa-basi lagi, yuk langsung saja join tribe komunitas baotme indonesia untuk mendapatkan ebook paduan cara belajar SEO klik di sini 

Di akhir kata ini kami akan memberikan kata penutupan yang paling berharga bagi anda yang salah satunya pada konten artikel ini yang mana kami telah memberikan ilmu yang bermanfaat kepada anda dan mudah mudahan menjadikan sebuah ilmu untuk jangka panjang bagi bisnis anda

Dan satu lagi jika anda merasa website bisnis anda kurang dalam segi Pengoptimalan SEO dan website anda juga masih belum cukup mendapatkan banyak pengunjung ,tenang solusi terbaiknya adalah baotme.com 

Kami baotme indonesia akan membantu menaikan rangking website anda serta melakukan pengoptimalan SEO pada website anda yang mana kami memberikan sebuah jasa SEO yang terbaik dan terpercaya kepada anda

Selain jasa SEO kami juga menyediakan layanan lainnya seperti :

Untuk itu anda langsung menghubungi kami jika anda memerlukan layanan kami langsung saja hubungi kami di baotme indonesia.

helmi fadlilah Seorang website developer & digital marketer yang ingin terus berbagi lewat tulisan dan membantu anda mencapai tujuan di bisnis anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *