(vpn chrome app, what is vpn app for iphone, free vpn without app, easy vpn app store, cloud vpn app, vpn server app, best vpn in app store, what is a vpn app, android vpn app apk, mac app store vpn, opera vpn app, cisco vpn app for iphone, best paid vpn app for android, best vpn app for china, vpn mac app, what is vpn app, best free vpn app for android phones, vpn token app, pia vpn app, best cheapest car insurance company, who is the best car insurance company for young drivers, best term insurance company, best online car insurance company, best insurance company for drivers with points, best cheap car insurance company, best company for auto insurance, best cheapest auto insurance company, best car insurance company for new drivers, best company for car insurance, cheapest best auto insurance company, which is the best insurance company for auto, what is the best home and auto insurance company, what is the best and cheapest auto insurance company, best and cheapest car insurance company, best company for home and auto insurance, navigators insurance company am best rating, best car insurance company 2015, what is the best insurance company for auto, best car insurance company california, usda loan mortgage companies, qualifications for a conventional mortgage loan, mortgage home loan process, va mortgage loan credit score requirements, what is the mortgage rate for a va loan, how to apply for a va mortgage loan, mortgage loan omaha, movement mortgage va loan, sierra pacific mortgage my home loan, when to refinance mortgage loan, how much is a jumbo mortgage loan, mortgage loan options for first time home buyers, mortgage loan income to debt ratio, what does it take to be a mortgage loan officer, refinance mortgage and equity loan, qualify for a fha mortgage loan, second mortgage or home equity loan, advantages of a va mortgage loan, va mortgage loan closing costs, apply for mortgage loan online with bad credit)

Alfian Nugraha Saya Adalah Seorang CMO (Chief Marketing Officer) Ahli Dalam Bidang Optimasi SEO Yang Khususnya Dalam Pembuatan Konten Artikel

Technical SEO: Pengertian Manfaat Dan Hal Yang Harus Diperhatikan

6 min read

technical SEO

SEO teknis adalah taktik yang sering diremehkan oleh pemasar digital. Nyatanya, teknik ini berpengaruh besar dalam meningkatkan peringkat website lho.

Berbagai aspek yang terkandung dalam strategi hampir tidak terlihat. Berbeda dengan kata kunci yang selalu dikatakan sebagai kunci sukses SEO.

Jadi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan SEO teknis? Apa manfaatnya bagi situs web?

Cari tahu di artikel ini!

Tapi sebelum itu anda perlu melihat video di bawah ini yang akan membantu anda dalam technical SEO silahkan anda lihat videonya sampai habis 

dan jangan lupa kunjungi youtube baotme indonesia lalu pencet tombol subscribe supaya anda mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari baotme.com

Apa Itu Technical  SEO ?

apa itu technical seo

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata Search Engine Optimization (SEO)? 

Ya, pikiran Anda mungkin langsung tertuju pada kata kunci yang terdapat dalam artikel tersebut.

Tidak ada yang salah dengan itu. Namun, sebenarnya masih banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi peringkat website di mesin pencari. Salah satunya adalah technical SEO.

Menurut Yoast, SEO teknis adalah proses mengoptimalkan setiap aspek teknis dari sebuah situs web. Perannya adalah untuk meningkatkan peringkat halaman web di mesin pencari.

Oleh karena itu, strategi ini tidak terkait langsung dengan kata kunci, melainkan dengan berbagai elemen teknis di balik website.

Dengan memanfaatkan teknis SEO, website Anda akan berjalan lebih cepat. Selain itu, website Anda akan lebih mudah dirayapi dan dipahami oleh mesin pencari.

Beberapa elemen penting dari SEO teknis adalah crawling, indexing, rendering, dan website architecture

Hal-hal ini sangat mempengaruhi tampilan situs web Anda di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Lantas, apa saja aspek teknisnya?

Padahal, banyak aspek yang perlu diperhatikan. Beberapa di antaranya adalah peta situs XML, Secure Sockets Layer (SSL), HTTP, dan Hreflang.

Mengapa Technical SEO Sangat Penting Bagi Website Anda?

mengapa technical seo ssangat penting

Berikut adalah beberapa alasan mengapa penerapan SEO teknis di situs web Anda penting:

1. Memudahkan Pengunjung Untuk Mengakses Website Dengan Cepat

Pengunjung menginginkan situs web yang dapat mereka akses dengan cepat.

Penelitian menunjukkan bahwa 47% pengunjung mengharapkan halaman web terbuka dalam 2 detik atau kurang.

Dan untuk situs web yang membutuhkan waktu lebih dari 3 detik untuk dibuka, 40% pengguna memilih untuk menekan tombol kembali. 

Google sendiri mengenali kecepatan halaman sebagai sinyal peringkat dalam algoritmanya.

2. Membuat Proses Crawling Mesin Pencari Lebih Cepat

Mesin pencari menggunakan bot untuk merayapi situs web Anda. 

Bot ini akan mengikuti semua link yang ada untuk mengetahui konteks dan konten website Anda. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki struktur tautan internal yang benar.

Dalam hal SEO teknis, ada beberapa cara untuk memandu semua bot ini. Anda dapat menginstruksikan robot untuk tidak meng-crawl halaman atau konten tertentu.

Selain itu, Anda juga bisa menginstruksikan bot untuk meng-crawl halaman. Namun, itu tidak akan ditampilkan di SERP, juga tidak akan mengikuti semua tautan di halaman itu.

3. Maksimalkan Crawl Budget Anda

Anggaran perayapan adalah istilah dalam industri SEO yang digunakan untuk menggambarkan cara mesin telusur memutuskan halaman mana di situs Anda yang akan dirayapi. 

Ini berarti seberapa besar perhatian yang diberikan mesin telusur ke halaman situs web Anda.

Anda dapat memaksimalkan anggaran perayapan jika Anda mengoptimalkan teknik SEO di situs web Anda. 

Dengan begitu, halaman website Anda bisa muncul di halaman pertama mesin pencari Google.

Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Technical Seo

Berikut ini ada beberapa hal penting dalam technical SEO baca selengkapnya di bawah ini : 

1. Optimasi Kecepatan Website Anda

optimasi kecepatan website

Setiap situs memiliki kecepatan loading yang berbeda. Beberapa dapat terbuka dalam waktu kurang dari satu detik, tetapi beberapa memerlukan waktu lebih dari lima detik.

Sebenarnya, berapa waktu buka situs web yang ideal?

Menurut Search Engine, halaman web harus terbuka dalam waktu kurang dari dua detik. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat membatalkan pembukaan situs web Anda.

Hal yang sama berlaku untuk mesin pencari. Mereka lebih suka situs web yang memuat dengan cepat.

2. Pastikan Tidak Ada Konten Yang Sama

tidak ada duplikasi konten

Jangan pernah meremehkan jumlah duplikat konten di sebuah situs. Pasalnya, ini adalah salah satu faktor yang membuat technical SEO gagal.

Selain membingungkan pengguna, konten duplikat juga sulit mencapai halaman pertama SERP.

Untuk memeriksanya, Anda dapat menggunakan alat seperti Google Search Console atau Ahrefs.

3. Tidak Memiliki Banyak Dead Link

dead link

Tautan mati atau dead link  adalah hyperlink di situs web yang mengarah ke halaman web yang sudah tidak ada lagi. Biasanya, halaman tersebut telah dihapus atau dipindahkan.

Hampir setiap situs dapat memiliki dead link. Namun, jangan terlalu banyak.

Jika demikian, SEO teknis situs web Anda mungkin dianggap buruk oleh mesin telusur.

4. Menjaga Keamanan Situs Web

menjaga keamanan website anda

Aspek penting lain dari SEO teknis adalah keamanan situs.

Pastikan situs Anda memiliki keamanan yang ketat dan privasi pengguna terjaga dengan baik.

Ada banyak cara untuk memastikan hal ini, salah satunya adalah dengan menggunakan HTTPS

5. Pastikan Situs Anda Dirayapi Dan Diindeks

webiste anda di rayapi dan di indeks

Seperti yang dikatakan Glints, perayapan dan pengindeksan adalah dua elemen penting dalam SEO teknis.

Jika mesin telusur tidak dapat melakukan kedua hal tersebut di situs Anda, bersiaplah untuk menjauhkan konten Anda dari halaman mereka, oke?

Bagaimana Anda membuat situs Anda dirayapi dan diindeks?

Ada banyak faktor penentu. Namun, setidaknya daftarkan peta situs XML Anda dengan Google Search Console dan Bing Webmaster Tools.

6. Pastikan Website Memiliki Sitemap Xml

mwmiliki sitemaps xml

Sitemap adalah daftar semua halaman situs web yang dapat diakses oleh pengunjung dan mesin pencari. 

Kehadiran sitemap membuat website Anda terindeks lebih cepat dan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Peta situs juga dapat memberi tahu mesin telusur saat struktur situs berubah. Membuat peta situs digolongkan sebagai teknik SEO dasar, tetapi ini merupakan pekerjaan yang sangat penting.

Ada dua jenis peta situs, peta situs HTML dan peta situs XML. Peta situs HTML hanya dapat diakses oleh pengunjung, sedangkan peta situs XML dapat diakses oleh mesin pencari.

Peta situs XML bertindak sebagai tautan di situs web Anda, memastikan bahwa pengunjung tidak melewatkan apa pun saat mereka mengunjungi situs web Anda. 

Anda dapat membuat peta situs dengan plugin gratis dan beberapa alat khusus. Namun, Anda juga harus mengirimkan URL Peta Situs ke Google secara manual menggunakan akun Search Console Anda.

Cara membuat peta situs XML di situs web Anda untuk pengoptimalan teknis SEO menggunakan plugin Yoast SEO:

  1. Instal, lalu aktifkan WordPress SEO dari plugin Yoast.
  2. Klik menu SEO, klik Features, dan aktifkan Advanced Settings Page Features.
  3. Fitur ini mengaktifkan peta situs XML di situs web Anda. Halaman peta situs XML baru akan muncul di bagian bawah menu SEO. Di menu ini Anda dapat mengatur berbagai pengaturan yaitu mengecualikan posting atau halaman tertentu dari peta situs, jumlah maksimum entri per peta situs, dll. Jangan ubah apa pun kecuali memerlukan peta situs WordPress khusus.
  4. Pada langkah ini, Anda membuat peta situs XML menggunakan plugin. Anda dapat melihat URL peta situs WordPress di bagian bawah peta situs XML Anda.

7. Pastikan Tidak Ada Orphan Content

pastikan tidak ada orphan conten

Orphan Content adalah konten yang tidak memiliki tautan induk atau tautan internal. Jika Anda menambahkan tautan internal ke konten situs web Anda, peluang Anda untuk mendapatkan peringkat tinggi di SERP akan lebih besar.

Semakin banyak tautan internal yang Anda miliki ke halaman di situs Anda, semakin penting menurut Google halaman tersebut. 

Tidak hanya mesin pencari, pengunjung situs web juga dapat menemukan halaman Anda saat membukanya di Internet.

Oleh karena itu, distribusi konten Anda akan lebih efektif. Jadi pastikan situs Anda tidak memiliki konten yatim piatu

8. Buat Struktur Silo

Buat Struktur Silo

Mengoptimalkan technical SEO selanjutnya adalah membuat struktur silo. Struktur silo adalah cara mengatur konten situs web dengan membaginya menjadi berbagai kategori dan subkategori.

sehingga pengguna Google dapat dengan mudah menentukan relevansi setiap konten di blog Anda berdasarkan topik atau kata kunci Anda.

Atur situs Anda secara hierarkis dengan halaman khusus.

Hindari membuat terlalu banyak halaman karena Anda akan kesulitan mengelolanya. Anda dapat menggunakan tema seperti tema Genesis,

yang memberi Anda opsi mudah untuk mengelola navigasi dan halaman situs Anda. Jika tidak, buat halaman yang terlihat sederhana dan ramah pengguna.

Cara membuat struktur silo di website yang beroperasi

  1. Kelompokkan artikel berdasarkan topik yang sama.
  2. Dalam kelompok topik sejenis, pilih salah satu artikel sebagai artikel utama. Anda dapat memilih berdasarkan volume pencarian tertinggi, artikel yang paling banyak dikunjungi, dll.
  3. Buat tautan internal antar artikel dengan topik yang sama.
  4. Kemudian buat juga tautan internal di dalam setiap artikel dengan topik yang sama dengan artikel utama.

9. Jadikan Kategori Dan Tag Tidak Terindeks (No Index)

buat kategori dan tag jadi ni indeks

Situs kategori adalah fitur di situs Anda yang dapat digunakan untuk mengelompokkan artikel, posting, atau artikel di situs Anda ke dalam kategori tertentu. 

Sedangkan fungsi tag tidak jauh berbeda dengan kategori, yaitu lebih khusus membagi postingan menjadi topik tertentu.

Tidak terindeks artinya Google dilarang menampilkan halaman website Anda di halaman pencarian mesin pencari Google.

 Anda dapat menetapkan sebanyak mungkin kategori dan tag sebagai no-index jika Anda ingin mengoptimalkan SEO teknis.

Karena, meskipun Anda fokus pada pengoptimalan halaman dan tag, Anda tetap memilih untuk mengindeks tag dan kategori. 

Yang terkadang muncul di halaman pencarian Google adalah halaman tab atau hanya halaman kategori. Ini pasti akan membuat Anda sangat kesulitan.

Cara membuat kategori dan tag tidak terindeks:

  1. Instal plugin Yoast SEO
  2. Buka menu SEO dan pilih Tampilan Pencarian
  3. Selanjutnya klik Taxsonomines
  4. Tampilkan kategori di hasil pencarian? Pilih No.
  5. Gulir ke bawah layar, klik label.
  6. Tampilkan bagian kategori di hasil pencarian? Klik opsi Tidak.
  7. Kemudian klik tombol “Simpan Perubahan”.

10.Memanfaatkan Breadcrumb

Manfaatkan breadcrumb

Breadcrumb dapat digunakan sebagai sistem navigasi sekunder untuk menunjukkan kepada pengunjung di mana mereka berada di situs web. 

Tautan pelacakan membantu pengunjung situs Anda mengikuti jejak mereka. Dari halaman yang sedang Anda buka, buka halaman beranda situs Anda.

Jika Anda menggunakan WordPress dan ingin menerapkan Breadcrumb sebagai navigasi di situs web Anda. Anda dapat menginstal dan mengaktifkan plugin ini.

Berikut cara membuat Breadcrumb di WordPress:

  • Instal tema yang kompatibel dengan niche situs web Anda
  • Menggunakan plugin NavXT
  • Maksimalkan Fitur Yoast SEO

11. Optimalkan Schema

Pengoptimalan schema

Mengoptimalkan Technical SEO yang terakhir adalah dengan mengoptimalkan arsitektur. Skema adalah kosakata semantik yang akan ditambahkan ke HTML situs web.

Adanya pola memungkinkan semua mesin pencari populer untuk mengetahui semua informasi tentang konten sebuah website. Selain itu, schema juga akan memudahkan kerja mesin pencari, yaitu saat mengindeks situs web dan merayapinya.

Search engine memang memiliki kemampuan untuk membaca HTML. Namun, jika informasi yang Anda berikan rumit, mesin pencari akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memprosesnya.

Berikut cara mengoptimalkan schema Anda:

  • Menggunakan Markup Data Terstruktur Google
  • Berikan label data
  • Buat HTML
  • Tambahkan schema ke halaman situs web Anda
  • Uji Coba Halaman Website

Kesimpulan Tecnical SEO

Singkatnya, SEO teknis adalah proses mengoptimalkan situs web dan server Anda sehingga mesin pencari dapat menemukannya dengan mudah.

Jadi, SEO bukan hanya kata kunci. Tidak hanya itu, teknik ini juga harus Anda perhatikan.

Nah, penjelasan di atas tentang teknis SEO sudah lengkap banget. Namun, ada banyak hal lain yang tidak boleh dilewatkan tentang digital marketing, lho. 

Yang salah satunya adalah hal teknik SEO yang satu ini ya semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan banyak ilmu pengetahuan seputar digital marketing dan semoga juga memberikan solusi bagia anda yang masih bingung akan technical SEO ini 

Maka dari itu kami baotme.com akan berikan sebuah Jasa SEO yang mana bermanfaat bagi website anda untuk pengoptimasian SEO supaya website bisnis online anda bisa di halaman terdepan di pencarian google.

Alfian Nugraha Saya Adalah Seorang CMO (Chief Marketing Officer) Ahli Dalam Bidang Optimasi SEO Yang Khususnya Dalam Pembuatan Konten Artikel

10 Plugin WordPress 2023 Terbaik Download GRATIS!

Plugin WordPress Download Gratis merupakan sebuah script tambahan yang di bundel menjadi sebuah plugin untuk menambah fitur tambahan di wordpress selft hosting kamu sehingga...
helmi fadlilah
3 min read

Cara Memulai Bisnis Online Di tahun 2023

Untuk memulai bisnis di tahun 2023 ini perlu yang namanya sebuah stategi untuk mencapai sebuah keberhasilan apalagi sekarang di tahun 2023 semua serba menggunakan...
helmi fadlilah
13 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *