(vpn chrome app, what is vpn app for iphone, free vpn without app, easy vpn app store, cloud vpn app, vpn server app, best vpn in app store, what is a vpn app, android vpn app apk, mac app store vpn, opera vpn app, cisco vpn app for iphone, best paid vpn app for android, best vpn app for china, vpn mac app, what is vpn app, best free vpn app for android phones, vpn token app, pia vpn app, best cheapest car insurance company, who is the best car insurance company for young drivers, best term insurance company, best online car insurance company, best insurance company for drivers with points, best cheap car insurance company, best company for auto insurance, best cheapest auto insurance company, best car insurance company for new drivers, best company for car insurance, cheapest best auto insurance company, which is the best insurance company for auto, what is the best home and auto insurance company, what is the best and cheapest auto insurance company, best and cheapest car insurance company, best company for home and auto insurance, navigators insurance company am best rating, best car insurance company 2015, what is the best insurance company for auto, best car insurance company california, usda loan mortgage companies, qualifications for a conventional mortgage loan, mortgage home loan process, va mortgage loan credit score requirements, what is the mortgage rate for a va loan, how to apply for a va mortgage loan, mortgage loan omaha, movement mortgage va loan, sierra pacific mortgage my home loan, when to refinance mortgage loan, how much is a jumbo mortgage loan, mortgage loan options for first time home buyers, mortgage loan income to debt ratio, what does it take to be a mortgage loan officer, refinance mortgage and equity loan, qualify for a fha mortgage loan, second mortgage or home equity loan, advantages of a va mortgage loan, va mortgage loan closing costs, apply for mortgage loan online with bad credit)

Alfian Nugraha Saya Adalah Seorang CMO (Chief Marketing Officer) Ahli Dalam Bidang Optimasi SEO Yang Khususnya Dalam Pembuatan Konten Artikel

Mudah! Optimasi Website Agar Mobile Friendly Dalam 11 Langkah

8 min read

optimasi website

Memiliki situs web itu sangat penting. Namun, Website yang mobile friendly itu lebih penting.

Bahkan, itu harus. Jadi, jika Anda belum punya waktu untuk mengoptimalkan situs web Anda untuk seluler anda, ini saatnya anda persiapkan sekarang! 

Sebagai bagian dari pengembangan situs web, ada tiga alasan mengapa situs web harus mobile friendly?. Berikut di bawah ini penjelasan singkatnya: 

  • Traffic seluler terus meningkat 

Lebih dari sebagian penduduk dunia mengakses di Internet melalui Perangkat Smartphone. Statista yang memprediksi jumlah ini akan meningkat di setiap tahun.

Hal ini dikarenakan jumlah pengguna smartphone yang semakin meningkat dari waktu ke waktu.

  • Mobile-first index

Google lebih memilih untuk mengindeks halaman web dalam versi mobile smartphone. Berdasarkan hasil indeks ini, Google menentukan peringkat di pencarian situs web. 

  • Pengoptimalan Search Engine Optimization (SEO) 

Ini Logika untuk pengoptimalan mesin telusur di seluler yang akan sedikit berbeda dari versi desktop. Dengan pengoptimalan mesin telusur versi seluler ini, Anda dapat menangkap peluang lalu lintas dengan lebih baik. 

Jika Anda tidak memiliki versi seluler situs web Anda, ini dia. Anda dapat kehilangan pengunjung,  pengindeksan mesin pencari, prospek, dan uang dari pembeli. 

Baca Juga : Technical SEO: Pengertian Manfaat Dan Hal Yang Harus Diperhatikan

Jadi sebelum  Anda melakukannya, bertindak cepat untuk menghindarinya. Jadi, bagaimana Anda membuat situs seluler? Inilah jawabannya: 

  •  Instal tema yang responsif; 
  •  Membuat menu yang sederhana; 
  •  Sertakan bidang pencarian di website anda 
  •  Pilih font yang benar dan mudah di baca 
  •  Pastikan ada server yang cukup ruang / kosong
  •  Buatlah formulir yang singkat; 
  •  Optimalisasi gambar
  •  Pengurangan Jendel pop-up; 
  •  Gunakan AMP; 
  •  Tinggalkan flash 
  •  Prioritaskan kecepatan website anda 

Anda Tidak perlu khawatir dengan banyaknya pilihan di atas. Kami baotme indonesia akan membantu Anda melakukan semuanya langkah demi langkah.satu demi satu supaya ilmu ini jelas terbaca oleh anda

tetapi jika anda lebih menarik ke visual silahkan di bawah ini kami menyediakan videonya klik link video kami di bawah ini

1. Apa Website Anda Sudah Mobile Friendly?

Sebelum itu anda jangan terburu-buru melakukan optimasi, sebaiknya jawab dulu apakah website kamu atau anda sudah ber mobile friendly atau belum? 

 Dari sana Anda dapat memahami berapa banyak yang harus dilakukan. Itu sebabnya Anda menghindari semuanya dari awal.

yang Kemudian Anda dapat fokus pada hal-hal yang benar-benar membutuhkan perbaikan supaya websitenya anda mobile friendly

Anda dapat menjawab pertanyaan di atas dengan menggunakan tools Mobile friendly test Google. Anda Cukup masukkan URL situs web dan tinggal tunggu sebentar. 

Platform ini didukung oleh Googlebot. Googlebot menggunakan JavaScript, CSS, dan dokumen gambar di web. 

Dari situ Anda bisa yakin apakah website Anda  mobile friendly atau tidak. Alat ini akan membantu Anda mengidentifikasi masalah spesifik yang membuat situs web Anda jadi mobile friendly

Setelah anda menunggu beberapa saat, Anda akan mendapatkan halaman seperti di atas. Pada halaman ini Anda dapat menerima informasi berupa: 

  •  Deskripsi waktu  dan hasil tes; 
  •  Tangkapan layar dari sisi ponsel yang terlihat; 
  •  HTML terlihat oleh Googlebot; 
  •  Masalah saat memuat halaman; 
  •  Artikel penting lainnya. 

Pastikan Anda mengklik Masalah Pemuatan Halaman di bagian bawah bagian Hasil Tes. Ada daftar lengkap masalah yang dihadapi Googlebot. 

Dari sana  Anda dapat mulai membuat situs web Anda menjadi mobile friendly dan anda Pastikan untuk mengikuti rekomendasi pengoptimalan di situs web Google seperti yang diarahkan.

Cara Membuat Website Mobile Friendly

Cara Membuat Website Mobile Friendly

Setelah Anda tahu persis untuk hal-hal yang perlu anda ketahui sebelum ke pembahasan cara optimasi website agar mobile friendly sekarang saatnya giliran Anda untuk melakukan optimasi ini lebih mendalam. 

Di sini kami akan menunjukkan kepada Anda 11 cara untuk membuat website anda menjadi mobile friendly langsung saja simak di bawah ini. 

 1. Memasang/install Tema Yang Responsif 

Untuk Cara yang pertama untuk optimasi website agar mobile friendly secara gratis adalah dengan memasang tema responsif. 

Tema memiliki dampak besar pada sebuah situs web. 

Baik dari segi performa website maupun dari segi pengalaman pengunjung dalam melihat isi halaman website anda. 

Tema yang responsif secara teknis akan membantu mengurangi waktu pemuatan.

Karena Google tidak harus mengarahkan ulang situs ke versi  yang dioptimalkan. 

Istilah dari kriteria yang sama juga membantu Googlebot mengindeks halaman website bertema responsif anda, 

Baca Juga : 15 Tips Mudah Optimasi SEO On Page Untuk Website Dan Blog

Oleh karena itu, hal ini memiliki dampak langsung pada posisi situs web dalam hasil pencarian di google. 

Menurut pengalaman pengguna, memasang tema responsif akan dapat memudahkan dalam berbagi konten. Pemilik situs web hanya memiliki satu  URL yang diterapkan secara permanen. 

Jika pengguna membagikan URL  versi seluler, URL yang sama dapat dibuka dari desktop dari link yang telah di bagikan tadi. 

Jadi jelas  mengapa Anda harus memasang tema responsif  di situs web Anda. 

Tapi tidak semua tema ini benar-benar responsif. Dari sekian Beberapa tema yang sayangnya hanya berfungsi sekadar sebagai riasan saja. 

Dan Mereka hanya fokus untuk mempercantik tampilan website. 

 Lalu, bagaimana bentuk tema yang responsif itu? 

Berikut tiga kriteria utama yang perlu diingat: 

  • Bisa menyesuaikan tampilan web bahkan di semua perangkat secara otomatis; 
  • Punya desain website dan tampilan simpel supaya enak di lihat dan juga dapat di akses melalui perangkat apapun
  • Punya user interface yang intuitif (button, slider, dan form). 

Untuk lebih mudahnya, Anda bisa dapatkan tema responsif di WordPress Directory. Cukup masukkan URL: https://wordpress.org/. 

Kemudian klik Tema dan masukkan kata kunci “Responsif” di kolom pencarian. Anda bisa Pilih dari ribuan tema yang responsif dan gratis sekarang juga

 2. Dengan Membuat Menu Yang Sederhana 

Ukuran layar desktop jelas berbeda dengan ukuran ponsel. Sementara resolusi desktop minimum adalah 1080p, resolusi layar ponsel hanya 720p. 

Oleh karena itu, untuk seluler menu situs web harus dirancang berbeda dari menu desktop. 

Jika Anda ingin menyederhanakan tata letak menu, ada beberapa prinsip yang harus Anda ikut seperti di bawah inii: 

  • Tampilkan menu yang penting saja. Terlalu banyak menu yang membingungkan pengunjung saat browsing situs atau bisa di sebut (decision paralysis); 
  • Menambahkan menu tambahan atau menu navigasi tersembunyi ke bilah sisi navigasi yang dapat dilipat; 
  • Tulis ajakan bertindak (CTA) yang singkat dan jelas; 
  • Membuat Tombol menjadi besar; 
  • Hindari penggunaan menu sidebar dalam konten. Konten sidebar biasanya ini akan ditampilkan di bagian bawah halaman untuk versi seluler. 

Misalnya Anda dapat mengambil contoh dari situs web Pengiriman Pizza Hut untuk praktik terbaik. Anda dapat membandingkan situs web dalam versi seluler dan desktop di bawah ini. 

Dalam versi seluler, menu Pesan sekarang dan status Pesan ditampilkan di bagian atas. Di luar harapan, pengguna siap melakukan pemesanan melalui ponsel. 

Baru kemudian daftar menu makanan dan minumannya. Khususnya, jika penggeser berisi gambar promosi. Jajaran menu produk masih mudah diakses, meski diletakkan di bagian bawah. 

Selain itu Jangan lupa ada menu navigasi tersembunyi di pojok kiri atas. Menu navigasi berisi menu yang sama persis di halaman beranda situs web. 

Baca Juga : 20 Cara Membuat Artikel SEO Friendly Terbaru 2022

Namun, navigasi tidak berarti membuang-buang ruang. Faktanya, navigasi ini bekerja seperti jalur navigasi, sehingga memudahkan pengguna untuk berpindah dari halaman ke halaman website lainnya. 

Contoh dari Situs ini terlihat lebih detail dalam versi desktop. Ada juga menu Order Now di bagian atas. Lokasinya hanya di sisi kanan halaman. 

Posisi ini membuat menu produk dan penggeser penawaran lebih terlihat. Dengan tampilan seperti itu, pengguna semakin tergoda untuk menelusuri produk apa saja yang ditawarkan dari Pizza Hut Delivery ini. 

 3. Sisipkan Kolom Pencarian Di Website Anda

Tidak semuanya bisa disederhanakan. Ini termasuk menu dan konten situs web. Apalagi jika itu adalah marketplace atau toko online. 

Mau tak mau, harus ada sekian banyak sekali menu dan halaman yang memuat produk-produk yang dijual. 

Jika Anda memiliki situs yang seperti ini, ada baiknya Anda menambahkan kotak pencarian. Bidang pencarian ini akan membantu pelanggan menemukan produk yang benar-benar mereka butuhkan. 

Dan Lagi pula, tidak mungkin meminta pengunjung untuk mencari konten atau produk secara manual, bukan? 

4. Memilih Font Yang Tepat Dan Sesuai

Hampir Mirip dengan tema, font juga akan mempengaruhi mobile friendly situs web anda Karena keterbatasan ruang di telepon seluler anda, pilihan font mempengaruhi tampilan situs web secara keseluruhan dan sudah mobile friendly. 

Dengan font yang tepat, konten situs web anda akan mudah dibaca. Selain itu, font juga dapat mempengaruhi kesan, suasana dan branding dari website itu sendiri. 

Baca Juga : 9 Cara Riset Kyword Paling Jitu Untuk Blog Dan Website

Ada pula jenis Font dekoratif yang biasanya tidak termasuk dalam kategori ponsel. 

Memang, tampilan font klasik seperti itu biasanya sangat menarik perhatian. Hanya melihatnya kita akan melihat dari ponsel yang membuatnya terlihat sangat besar dan kurang indah. 

5. Pastikan Ada Cukup Ruang. 

Ini mungkin tidak ada hubungannya dengan masalah teknis dari mobile friendly. 

Namun, ada baiknya untuk mengingat dan mempraktekkan hal ini. 

Tampilan yang putih dan sederhana akan memberikan situs tampilan yang bersih dan elegan. 

Apalagi jika situs tersebut dilihat di ponsel anda akan terlihat lebih menarik. 

Pada saat yang sama, latar belakang putih juga akan membuat pengunjung fokus pada objek utama di halaman web. 

Jika Anda memiliki sebuah toko online atau toko online, latar belakang putih akan membantu produk Anda terlihat lebih menonjol. 

 Jika itu sebuah paragraf,  paragraf itu akan lebih mudah dibaca oleh pengunjung website blog anda. Asalkan Anda menulis dalam paragraf pendek singkat dan jelas dan enak di baca. 

 6. Buat Form Yang Lebih Singkat

 Form di situs web harus pendek. Namun, Anda perlu mengambil langkah ekstra dalam hal untuk membuat website anda menjadi mobile friendly

Pangkas semua bidang formulir yang kurang penting bagi pengguna. Saat meminta informasi tentang prospek dan kontak, gunakan hanya dua jenis formulir yaitu cukup dengan nama dan alamat email saja 

Baca Juga : Paduan Terlengkap SEO Off Page Terbaru 2022

 Jika konteksnya tentang pengiriman, lakukan saja apa yang diperlukan. Fokus pada informasi penting yang Anda butuhkan. Anda tidak perlu tahu warna favorit Anda atau di mana pembeli mengetahui bisnis Anda. 

7. Optimalisasi Gambar 

Saat membuat situs seluler yang mobile friendly ini di lihat dari gambar biasanya menjadi masalah teknis. 

Karena masih banyak orang yang hanya memasang gambar di websitenya Yang Terlepas dari aspek rasio atau ukuran sebuah gambar yang di pasang di websitenya. 

Sebab Akibatnya, situs web akan melambat. Belum lagi memori disk server yang terbuang sia-sia. Nah ,Inilah sebabnya mengapa pengoptimalan gambar itu penting.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan saat mengoptimalkan gambar, yaitu: 

  • Harus Pilih Format Gambar Yang Tepat

Untuk menghemat ruang disk, gambar harus dalam format JPG atau JPEG. Jika Anda membutuhkan gambar yang detail, seperti tangkapan layar, gunakan gambar dengan ekstensi jenis gambar berformat PNG. 

  •  Melakukan Kompresi Gambar

Untuk memperkecil ukuran file anda bisa Unduh gambar seperti TinyPNG atau TinyJPG Keduanya mengompresi ukuran file, mengurangi kerumitan warna, dan informasi gambar yang kurang bermakna. 

  •  Mengurangi Ukuran Gambar

Sebagai langkah tambahan, dimensi gambar juga dapat dikurangi sebelum diunggah ke web. Gunakan perangkat lunak atau tools seperti Paint atau Picasa untuk membuatnya lebih mudah. 

Baca Juga : Cari Tau Apa itu SEO? Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya (Update)

  •  Instal Plugin Pengoptimalan Gambar 

Plugin ini seperti WP Smush. Langkah ini dapat dilakukan jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengoptimalkan gambar Anda. dengan Plugin ini juga dapat digunakan untuk mengontrol resolusi gambar yang kurang optimal; 

  •  Menambahkan Teks Judul Dan Alternatif Text Untuk Seo. 

Bilamana bot google tidak dapat melihat gambar atau menampilkan gambar. Anda juga dapat membantunya dengan menambahkan sedikit teks judul dan teks alternatif yang sesuai dengan gambar. Tambahkan kata kunci ke teks judul, lalu jelaskan cara menampilkan gambar di teks alternatif. 

 8. Hindari Pop-Up 

 Pop-up ini akan memakan tempat. Bayangkan saja layar ponsel kecil yang penuh dengan pop-up. Mengganggu, bukan? 

Dan Lebih buruknya lagi, pop-up sangat sulit untuk ditutup. Tombol Tutup tanda silang (X) yang mana ini biasanya terlalu kecil atau sulit ditemukan biasanya terletak di pojok paling atas. 

Pusingnya minta ampun deh!

Tidak ada alasan lain yang diperlukan. Hindari pop-up sebanyak mungkin di versi seluler situs web Anda. 

 9. Menggunakan AMP 

Accelerated Mobile Pages (AMP) adalah proyek yang digawangi oleh siGoogle. AMP ini dikatakan mampu mempercepat waktu loading website dengan sangat cepat. 

Ini karena AMP yang bekerja dengan menggunakan caching. Cache digunakan untuk menyimpan informasi situs web dalam widget. Selain itu, cache AMP  juga mampu mengoptimalkan kinerja server dengan cara berikut: 

  •  Dengan membatasi ukuran atau resolusi gambar; 
  •  Mengubah format gambar ke ukuran yang sesuai untuk layar ponsel; 
  •  Menurunkan kualitas gambar untuk mempercepat pemuatan; 
  •  Mengamankan situs web menggunakan protokol HTTPS. 

Dengan menggunakan metode di atas, tidak heran jika AMP dapat memotong data situs web hingga delapan kali lebih kecil. 

Sebagai proyek Google, AMP pasti memiliki keunggulan di mesin pencari Google. Situs AMP memiliki prioritas untuk muncul di bagian atas halaman pencarian 

10. Singkirkan Flash 

Flash yang sudah tidak update dan bahkan sudah ketinggalan jaman. Serta Tidak semua orang menyukainya. 

Bahkan di desktop, saat menjelajahi situs web dengan Flash sangat merepotkan. 

Situs web tidak merespons dan membutuhkan waktu lama untuk memuat. Sangat menjengkelkan bahwa iOS dan Android tidak lagi mendukung Flash. 

 Jadi jangan pernah menggunakan Flash. Sebaliknya, gunakan teknologi terbaru yang paling kompatibel.paling di rekomendasikan HTML misalnya. 

 11. Jadikan Kecepatan Sebagai Prioritas Mobile Friendly Anda

Ini yang paling Inti dari mobile friendly adalah  kecepatan. Oleh karena itu,untuk kecepatan situs web anda harus menjadi sebuah prioritas penting 

Jika situs Anda tidak dimuat dengan cepat dalam tiga detik saja, kemungkinan pengunjung tidak akan menggunakannya apalagi tingkat kecepatanya yang down sebesar 32 persen. 

Semakin lama waktu pemuatan yang dibutuhkan, semakin besar kemungkinan akan sangat lama sebuah halaman websitenya terbuka

Untungnya, hal ini tidak menjadi masalah. Apalagi jika Anda sudah berhasil menerapkan 11 cara di atas termasuk yang terakhir ini untuk membuat website yang mobile friendly.

 Selain itu ,Anda juga perlu mengambil langkah ekstra seperti: 

  • Kurangi jumlah pesan di halaman depan; 
  • Hapus widget yang tidak perlu; 
  • Uninstall plugin yang jarang digunakan. 

 Namun terkadang semua langkah ini kurang efektif. Jika iya, berarti ada yang salah dengan server yang Anda gunakan. 

 Jadi apalah solusinya? 

Baca Juga : 8+ Cara Optimasi Kecepatan Website dan Blog Anda

Nih saya kasih solusi , jangan lupa di simak! Anda dapat mengupgrade paket hosting Anda ke layanan web hosting sesuai kebutuhan. Jika saya boleh menyarankan, 

kami merekomendasikan paket hosting pribadi untuk layanan shared hosting. Banyak yang menyediakan hosting yang berkualitas yang menjadikan website anda cepat kilat

Lalu setelah beli hosting yang berkapasitas cukup lalu anda optimasikan dengan cara 11 ini seperti di atas maka anda akan liat hasilnya dan anda sudah berhasil membuat website dan mengoptimasi menjadi mobile friendly

Apakah Anda Siap Untuk Mengoptimasi Website Agar Mobile Friendly? 

Apakah Anda Siap Untuk Mengoptimasi Website Agar Mobile Friendly? 

Oh, tentu saja dong ! sangat siap! ummp,Kami harap 11 cara  di atas untuk membuat situs web seluler bermanfaat bagi Anda.

dan memberikan solusi terbaik serta menjadikan website anda lebih optimal baik dari sisi dekstop maupun seluler bahkan di perangkat lainnya

Akhir katanya, Selamat Mengoptimasi!

Alfian Nugraha Saya Adalah Seorang CMO (Chief Marketing Officer) Ahli Dalam Bidang Optimasi SEO Yang Khususnya Dalam Pembuatan Konten Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index