(vpn chrome app, what is vpn app for iphone, free vpn without app, easy vpn app store, cloud vpn app, vpn server app, best vpn in app store, what is a vpn app, android vpn app apk, mac app store vpn, opera vpn app, cisco vpn app for iphone, best paid vpn app for android, best vpn app for china, vpn mac app, what is vpn app, best free vpn app for android phones, vpn token app, pia vpn app, best cheapest car insurance company, who is the best car insurance company for young drivers, best term insurance company, best online car insurance company, best insurance company for drivers with points, best cheap car insurance company, best company for auto insurance, best cheapest auto insurance company, best car insurance company for new drivers, best company for car insurance, cheapest best auto insurance company, which is the best insurance company for auto, what is the best home and auto insurance company, what is the best and cheapest auto insurance company, best and cheapest car insurance company, best company for home and auto insurance, navigators insurance company am best rating, best car insurance company 2015, what is the best insurance company for auto, best car insurance company california, usda loan mortgage companies, qualifications for a conventional mortgage loan, mortgage home loan process, va mortgage loan credit score requirements, what is the mortgage rate for a va loan, how to apply for a va mortgage loan, mortgage loan omaha, movement mortgage va loan, sierra pacific mortgage my home loan, when to refinance mortgage loan, how much is a jumbo mortgage loan, mortgage loan options for first time home buyers, mortgage loan income to debt ratio, what does it take to be a mortgage loan officer, refinance mortgage and equity loan, qualify for a fha mortgage loan, second mortgage or home equity loan, advantages of a va mortgage loan, va mortgage loan closing costs, apply for mortgage loan online with bad credit)

Alfian Nugraha Saya Adalah Seorang CMO (Chief Marketing Officer) Ahli Dalam Bidang Optimasi SEO Yang Khususnya Dalam Pembuatan Konten Artikel

9 Cara Riset Keyword Paling Jitu Untuk Blog Dan Website

9 min read

Cara Riset Keyword

Di sebuah artikel Belajar SEO Terbaru disebutkan dan di singgung bahwa melakukan riset kata kunci merupakan langkah penting sebelum menulis artikel untuk blog atau website. 

Riset kata kunci ini akan membantu Anda menentukan kata kunci mana yang tepat untuk blog atau situs web Anda. 

Memilih kata kunci yang tepat itu penting karena mempengaruhi kinerja blog atau situs web Anda di hasil pencarian. 

Setiap penulis blog atau situs web perlu mengetahui apa yang dicari orang di mesin pencari untuk menemukan kata kunci yang tepat untuk blog atau situs web mereka. 

Selanjutnya, misalkan Anda telah menemukan kata kunci populer yang terkait dengan blog Anda. Anda juga perlu mengetahui peta persaingan untuk kata kunci tersebut.

Betapa sulitnya untuk menempati peringkat pertama dalam hasil pencarian Google. Artikel mana yang ada di halaman pertama hasil pencarian itulah yang paling berhasil dalam strategi riset keyword ini. 

Untuk mendapatkan pembaca artikel yang Anda tulis harus muncul di halaman pertama hasil pencarian. 

Penelitian menunjukkan bahwa 75 persen kandidat hanya membuka artikel di halaman pertama hasil pencarian. 

Lebih baik lagi, artikel Anda akan menempati peringkat pertama hasil pencarian Google karena artikel peringkat pertama mendapat 30 persen klik. 

Artikel kedua mendapat 15 persen klik dan artikel ketiga mendapat 10 persen ini adalah Sumber dari tools Ahrefs

Memilih kata kunci yang tepat akan memudahkan blog atau situs web Anda untuk mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencarian.

Okeh langsung saja deh kita bahas bagaimana cara riset keyword dan apa saja tools keyword yang terbaik silahkan anda simak sampai habis di artikel ini

Tetapi sebelum itu anda bisa menonton video cara riset keyword supaya lebih simpel dengan melihat video dan supaya tidak bingung ketika anda mempraktekkan silahkan klik link video di bawah ini.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Riset Keyword Untuk Website Dan Blog Anda

Secara umum, ada empat bagian penting yang perlu diperhatikan saat melakukan riset kata kunci, yaitu volume pencarian (Search Volume), tingkat kesulitan kata kunci (Keyword Difficulty) , saran kata kunci (keyword suggestion) , dan SERP.

Oke langsung saja kita simak di bawah ini untuk bagian penting daru riset keyword untuk blog dan website anda.

1.Volume Pencarian ( Search Volume)

Volume pencarian (Search Volume), atau volume pencarian kata kunci, adalah berapa banyak kata kunci yang dicari di Google dalam jangka waktu tertentu. Biasanya, alat kata kunci menunjukkan banyak kata kunci dalam sebulan terakhir. 

Misalnya, salah satu jumlah pencarian kata kunci menunjukkan angka 100.000. Dengan kata lain, kata kunci itu dicari 100.000 kali di Google dalam satu bulan.

2. Tingkat Kesulitan kata kunci (Keyword Difficulty)

Tingkat Kesulitan kata kunci ini yang akan menunjukkan sulitnya suatu kata kunci untuk berada di halaman pertama hasil pencarian. 

Yang Umumnya, alat kata kunci menggunakan skala 0-100. Semakin tinggi angkanya, semakin sulit kata kunci untuk menempati peringkat pertama dalam hasil pencarian. 

Secara umum, kesulitan kata kunci juga menunjukkan berapa banyak backlink yang diperlukan agar sebuah artikel muncul di halaman pertama hasil pencarian. 

Semakin tinggi tingkat kesulitan kata kunci, semakin banyak tautan yang dibutuhkan. Sehingga sulit bagi Anda untuk berlatih link building. 

3. Saran kata kunci (Keyword Sugestion)

Saran kata kunci adalah saran kata kunci yang terkait dengan kata kunci yang Anda cari. 

Misalnya, Anda meneliti kata kunci untuk “membuat blog”, alat kata kunci menawarkan saran kata kunci seperti “cara membuat blog”, “membuat blog gratis”, atau “membuat blog sederhana”. 

Secara umum, layanan alat kata kunci memberikan saran kata kunci ekor panjang atau biasa di sebut long tail keyword.

Apa itu long tail keyword? 

Long tail keyword adalah kata kunci yang mengandung minimal tiga kata, seperti pada contoh di atas seperti “Membuat Blog Sederhana” 

Fitur keyword sugestion ini akan membantu Anda menemukan long tail keyword yang cocok untuk blog atau situs web Anda. 

Untuk menarik lebih banyak pengunjung, disarankan untuk menggunakan long tail keyword,mengapa demikian karena 70 persen pencarian Google terdiri dari long tail keyword atau terdiri dari kata kunci yang panjang. 

Misalnya, daripada menggunakan kata kunci “blog”, pengguna bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan jelas dengan memasukkan kata kunci “cara membuat blog” atau “cara membuat blog sederhana”. 

4. Search Engine Results Page (SERP) 

SERPs akan menampilkan halaman – halaman yang berada di bagian atas hasil pencarian untuk kata kunci yang anda cari. Tugasnya adalah melihat seperti apa kualitas halaman yang mencapai puncak hasil pencarian Google. 

Riset kata kunci seperti apa yang bisa Anda lakukan?

Ada banyak perusahaan yang menawarkan layanan riset kata kunci berbayar dan gratis.

Tools Riset kata Kunci Terbaik

Ada beberapa Tools atau alat yang dapat membantu Anda melakukan riset kata kunci. Beberapa di antaranya ada yang berbayar maupun gratis. Berikut dibawah ini tools riset keyword terbaiknya

 1. Ubersuggest 

Tools Ubersuggest adalah alat kata kunci yang dimiliki oleh seorang digital marketer yang terkenal ia adalah Neil Patel. 

Anda dapat menggunakan alat kata kunci ini tanpa membayar sepeser pun. 

Melakukan riset kata kunci dengan Ubersuggest juga cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan kata kunci yang ingin Anda gunakan dan wilayah yang ingin Anda targetkan. 

Tools Riset Keyword Ubbersugest

Ubersuggest  memberikan informasi tentang jumlah pencarian kata kunci, tingkat kesulitan kata kunci, dan rekomendasi penggunaan kata kunci terkait. 

Misalnya, kami menggunakan kata kunci “buat blog” sebagai bahan uji percobaan. 

Dapat dilihat bahwa jumlah pencarian kata kunci adalah 9900 pencarian per bulan. 

Maka nilai kompetisinya adalah 0,07. Angka ini menunjukkan sulitnya berada di halaman pertama hasil pencarian Google. 

Semakin tinggi angkanya, semakin sulit untuk menempati peringkat pertama dalam hasil pencarian Google. 

Selain itu, Ubersuggest juga menawarkan kata kunci yang lebih terkait dengan kata kunci yang Anda masukkan di kolom pencarian. 

Seperti yang telah diSarakan untuk kata kunci misalnya “buat blog” nih rinciannya adalah sebagai berikut di bawah ini: 

Ubersuggest menawarkan 91 saran untuk kata kunci “buat blog”. Anda dapat mengurutkan saran kata kunci ini berdasarkan volume pencarian (search volume), biaya per klik (CPC) atau nilai kompetitif (persaingan). 

Pada contoh yang sudah tertera, kami mengurutkan kata kunci yang disarankan dari jumlah penelusuran tertinggi ke jumlah penelusuran terendah. 

 2. Google Trends 

Google Trends

Selain mesin pencari, Google menawarkan alat riset kata kunci, yaitu Google Trends. 

Kabar baiknya adalah bahwa layanan Alat riset Kata Kunci Google ditawarkan secara gratis kepada penggunanya. 

Anda dapat mengatur wilayah sesuai dengan negara tujuan. Untuk melakukan percobaan riset kata kunci ini, kami menggunakan Google Trends Indonesia sebagai tools untuk riset kata kunci.. 

Berikut ini adalah hasil percobaan riset kata kunci yang kami lakukan dengan kata kunci “buat blog” seperti tadi biar lebih mudah.

Anda bisa mendapatkan grafik pergerakan kata kunci yang dicari. Google Trends memberikan grafik pergerakan kata kunci dari satu jam terakhir hingga lima tahun terakhir. 

Dengan cara ini Anda dapat melihat bagaimana popularitas kata kunci naik dan turun dari waktu ke waktu. 

Mirip dengan metode riset kata kunci sebelumnya, Google Trends juga menawarkan saran kata kunci panjang atau long tail keyword yang masih relevan dengan apa yang Anda cari secara real time. 

 3. KWFinder 

KWfinder

Alat riset kata kunci yang ketiga adalah KWFinder. Seperti Uberseuggest, KWFinder akan memberikan informasi tentang volume pencarian, tingkat kesulitan kata kunci dan SERP kata kunci. 

 Kami menggunakan kata kunci yang sama dalam percobaan kami yaitu “buat blog”. Anda dapat melihat hasilnya, tetapi saran kata kunci yang ditampilkan dalam pengujian ini terbatas. 

Kelemahan dari KWFinder adalah tidak sepenuhnya gratis. Anda dapat mencari secara gratis hanya dengan dua kata kunci saja. 

Jika Anda ingin terus menggunakan, Anda perlu mendaftar sebagai anggota dan Anda dapat melakukan lima penelitian kata kunci setiap 2 jam dengan 50 saran kata kunci per pencarian. 

Jika akun gratis tidak cukup, Anda juga dapat membeli paket premium. KWFinder yang  menawarkan tiga paket premium dengan fitur yang berbeda. 

Paket berbayar termurah memungkinkan Anda  melakukan riset kata kunci hingga 100  pencarian dalam 2 jam. 

Paket paling mahal memungkinkan kata kunci untuk diteliti hingga 1200 pencarian per 2 jam. Jika ketiga paket tersebut tidak memenuhi kebutuhan Anda, Anda dapat meminta paket khusus sesuai dengan kebutuhan riset keyword Anda. 

4. MOZ 

Selain itu, Anda  dapat menggunakan alat kata kunci MOZ. Untuk  menggunakan fitur MOZ ini, Anda harus  terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota. Setelah mendaftar, Anda akan menerima 10 riset kata kunci. 

MOZ tools riset keyword

Cara riset kata kunci di Moz bekerja diantaranya sebagai berikut: 

  • Buka Moz Keyword Explorer 
  • Pertama daftar akun atau login 
  • Kemudian Anda dapat memasukkan kata kunci yang akan diteliti 
  • Lalu tunggu beberapa saat

Nah bila anda menggunakan akun gratis maka akan menunjukkan kata kunci dengan diberikan bukan dari hasil yang terbaik. 

Hasil penelitian kata kunci ini tidak memberikan informasi tentang jumlah pencarian bulanan. 

Seperti SERPs juga yang hanya menampilkan tiga situs yang paling teratas. 

Tentu saja metode riset kata kunci di atas belum bisa memberikan hasil yang maksimal untuk blog atau website Anda. 

Anda dapat memanfaatkan uji coba gratis 30 hari yang ditawarkan oleh MOZ. Setelah 30 hari, Anda akan ditagih $179 per bulan. 

 5. SEMrush 

SEMrush

SEMrush adalah alat yang membantu dengan strategi optimasi mesin pencari (SEO) dan pemasaran mesin pencari (SEM) atau bias di sebut Search Engine Marketing. 

Sebelum menggunakan SEMrush, Anda harus  terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota, yang tersedia secara gratis. 

Kami menjalankan tes menggunakan kata kunci “buat blog” dan hasilnya seperti yang ditunjukkan dari hasil riset. 

Selain itu Anda juga akan Dapatkan saran kata kunci long tail keyword. Dan juga Anda juga dapat melihat situs web mana yang berada di halaman pertama hasil pencarian untuk kata kunci tersebut. 

Tapi Sayangnya, akses gratis ke akun SEMrush terbatas. Anda tidak akan melihat semua  kata kunci  yang Anda buat. SEMrush menawarkan uji coba 7 hari, dan kemudian tagihan bulanan mulai dari $99.

 6. Answer The Public

Answer The Public Keword Tools

Alat riset kata kunci ini tidak tersedia dalam bahasa Indonesia. Answer The Public ini hanya menawarkan beberapa pilihan bahasa asing, salah satunya  bahasa Inggris. 

Meskipun hanya tersedia dalam bahasa Inggris, kami merekomendasikan metode penelitian kata kunci ini  karena saran kata kunci yang diberikan cukup lengkap dan komprehensif. 

Alat riset kata kunci ini memungkinkan Anda untuk membuat kata kunci yang  Anda gunakan di blog atau situs web Anda. 

Answer The public ini akan memberikan saran kata kunci dalam format 5W 1H (apa, di mana, kapan, mengapa, siapa dan bagaimana). 

contoh Misalnya, kita menggunakan kata kunci “buat blog”. 

 Hasil penelitian kata kunci bahasa Inggris ini akan memberi Anda ide untuk blog atau situs web pemasaran konten. 

Mungkin Anda bisa  menemukan kata kunci yang berpotensi dan sangat populer jika dibuat dalam bahasa Indonesia.

Dan juga kata kunci yang muncul adalah yang terbaik, selain terbaik Anda juga dapat menggunakan Answer The Public secara gratis.

7. Soovle 

soovle

Alat kata kunci lainnya adalah Soovle. Berbeda dengan tools riset kata kunci sebelumnya, Soovle tidak memberikan informasi tentang volume pencarian (search volume), tingkat kesulitan (keyword kesulitan) dan SERP. 

Soovle hanya memberikan rekomendasi long tail keyword untuk kata kunci populer di situs web utama seperti Google, Bing, Youtube, Yahoo, Amazon, Wikipedia, dan Answer.com. 

Sebagai percobaan, kita akan kembali menggunakan kata kunci “buat blog”. 

Hasil pencarian dari Soovle tidak seakurat hasil pencarian dari Ubersuggest, SEMRush, KWFinder, Google Trends dan MOZ. 

Seperti yang dapat di tampilkan di sini, Soovle hanya menawarkan saran kata kunci, tanpa informasi tentang jumlah pencarian atau tingkat kesulitan kata kunci. 

Fitur lain yang ditawarkan oleh Soovle adalah kata kunci teratas harian. Dan Sayangnya, kata kunci paling populer ini hanya berlaku untuk kata kunci bahasa Inggris. 

Kelemahan Soovle tidak memberikan kata kunci terbaik berdasarkan wilayah atau bahasa tertentu. 

8. Google Related Search

google related search

Selain Google Trends, Google juga menawarkan cara lain untuk meneliti dan meriset kata kunci, yaitu Google Related Search. 

Setiap kali Anda melakukan pencarian di Google, hasil yang dikembalikan tidak hanya berisi artikel dengan kata kunci yang Anda masukkan. 

Google juga menawarkan kata kunci long tail yang terkait dengan kata kunci yang dicari secara real time. 

 Misalnya, kami mencoba mencari kata kunci “buat blog” dan  saran 9 kata kunci long tail dari Google. 

9.Keyword Shitter 

keyword shitter

Tools kata kunci yang gratis dan terbaru adalah Keyword Shitter. 

Riset kata kunci dengan  Keyword Shitter cukup mudah. 


Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan kata kunci yang Anda inginkan dan Keyword Shitter akan memberikan kata kunci long tail untuk kata kunci tersebut. 

Kami menguji kata kunci “buat blog” menggunakan alat riset kata kunci ini. 

 kata kunci yang diberikan rekomendasi  tools ini mencapai 139 kata kunci “buat blog”. 

Dengan kata kunci ini, Anda dapat menemukan sebanyak mungkin kata kunci yang terkait dengan blog dan situs web Anda. 

Kabar baiknya adalah alat kata kunci ini gratis, jadi Anda tidak perlu untuk mengeluarkan banyak uang. 

10. Cara Meriset Kata Kunci Secara Berbayar 

Dari Sembilan tools riset kata kunci gratis di atas mungkin tidak dapat memenuhi kebutuhan riset kata kunci Anda. 

Dan Jika Anda membutuhkan riset kata kunci yang lebih mendalam, uang yang dikeluarkan pasti akan lebih tinggi. 

Pada penjelasan sebelumnya, kami menyebutkan bahwa penelitian kata kunci memiliki empat aspek yang perlu dipertimbangkan, yaitu volume pencarian (Search Volume), Tingkat kesulitan kata kunci (Keyword Difficulty), saran kata kunci (keyword sugestion) dan SERP. 

Padahal, ada aspek lain yang perlu diperhatikan, yakni potensi trafik (potential traffic). 

Potensi Traffic adalah potensi traffic atau kunjungan yang dapat dibawa oleh kata kunci. 

 Yang Secara umum, kata kunci dengan volume pencarian tinggi juga memiliki potensi lalu lintas yang tinggi. 

Namun, dalam beberapa kasus, kata kunci dengan volume pencarian tinggi mungkin memiliki sedikit traffic. 

a hrefs riset keyword berbayar

Misalnya, menurut tools Ahrefs, kata kunci “Google Bisnisku” memiliki  32.000 pencarian per bulan dan potensi traffic 3.200. 

Sebenarnya, potensi traffic ini cukup tinggi, tetapi sebagian besar traffic langsung ke Google Bisnisku atau langsung ke situs web anda. 

Sedangkan  situs Google Bisnisku lainnya hanya memiliki trafik puluhan. 

Kata kunci dengan volume pencarian rendah dapat memiliki potensi Traffic yang cukup tinggi. 

Jadi, selain volume pencarian dan kesulitan kata kunci, Anda juga perlu mempertimbangkan potensi traffic yang akan Anda dapatkan. 

Tetapi Sayangnya,  banyak layanan gratis tidak memiliki kemampuan untuk memiliki fitur traffic, dan Ahrefs adalah salah satu layanan yang memiliki fitur tersebut. 

Seperti yang  dijelaskan sebelumnya, tidak semua kata kunci dengan volume pencarian tinggi cenderung menerima traffic yang tinggi. 

Di sisi lain, kata kunci dengan volume pencarian rendah dapat memiliki potensi traffic yang lebih tinggi

Siap Untuk Riset Keyword Website Anda?

Kesembilan situs riset kata kunci gratis di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Beberapa dari tools riset keyword yang tersedia sepenuhnya gratis dan sebagian beberapa mengharuskan Anda untuk mendaftarkan akun di situs web dan berbayar

Untuk menerapkan cara yang baik untuk meningkatkan traffic website anda, Anda perlu memahami kebutuhan riset kata kunci Anda. 

Jika Anda sudah cukup dengan riset kata kunci yang hanya memberikan saran kata kunci long tail,

Anda bisa menggunakan tools Soovle, Google Related Search, Answer the Public atau Keyword Shitter. 

Namun, jika Anda juga ingin mengetahui volume pencarian kata kunci, difficulty keyword dan SERP, Anda dapat menggunakan tools Ubersuggest, KWFinder, Google Trends, MOZ atau SEMRush. Namun, tidak semuanya tersedia secara gratis. 

Jika mengetahui rekomendasi kata kunci dan volume pencarian masih belum cukup, Anda dapat menggunakan tools Ahrefs, yang akan memberi tahu Anda potensi traffic kata kunci. 

Namun, Anda harus mengeluarkan dana uang yang cukup besar untuk mendapatkan fitur ini. 

Oleh karena itu Anda juga harus mempertimbangkannya dari sudut pandang keuangan anda. 

Jika layanan riset kata kunci gratis tidak memenuhi kebutuhan Anda, tidak ada salahnya untuk mengeluarkan sedikit uang pada akun berbayar untuk salah satu layanan tersebut. 

Setiap layanan riset kata kunci menawarkan pilihan harga yang berbeda, sehingga Anda dapat memilih paket layanan yang terjangkau. 

Jika Anda menentang pembayaran tetapi membutuhkan layanan berbayar, Anda dapat melewatinya dengan membayar dengan teman-teman Anda. 

Dengan cara ini Anda dapat menikmati layanan berkualitas tinggi dengan  sedikit biaya uang yang anda keluarkan. 

Nah kita sudahi artikel tentang riset keyword untuk blog dan situs web. Anda bisa Temukan kata kunci yang paling cocok untuk situs web dan blog Anda untuk meningkatkan peringkat situs web Anda di hasil pencarian.

Kesalahan dalam memilih kata kunci akan mempengaruhi popularitas website dan blog Anda yang mana nantinya website anda tidak akan ada pergerakan dalam halaman google

Oke sudah sampai di sini ya! Selanjutnya anda tinggal peraktikan saja riset kata kunci di berbagai tools yang sudah kami rekomendasikan untuk anda semoga bermanfaat dan memberikan solusi untuk website dan blog anda

Silahkan selamat mencoba dan mempraktekan!

Alfian Nugraha Saya Adalah Seorang CMO (Chief Marketing Officer) Ahli Dalam Bidang Optimasi SEO Yang Khususnya Dalam Pembuatan Konten Artikel

10 Plugin WordPress 2023 Terbaik Download GRATIS!

Plugin WordPress Download Gratis merupakan sebuah script tambahan yang di bundel menjadi sebuah plugin untuk menambah fitur tambahan di wordpress selft hosting kamu sehingga...
helmi fadlilah
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *