(vpn chrome app, what is vpn app for iphone, free vpn without app, easy vpn app store, cloud vpn app, vpn server app, best vpn in app store, what is a vpn app, android vpn app apk, mac app store vpn, opera vpn app, cisco vpn app for iphone, best paid vpn app for android, best vpn app for china, vpn mac app, what is vpn app, best free vpn app for android phones, vpn token app, pia vpn app, best cheapest car insurance company, who is the best car insurance company for young drivers, best term insurance company, best online car insurance company, best insurance company for drivers with points, best cheap car insurance company, best company for auto insurance, best cheapest auto insurance company, best car insurance company for new drivers, best company for car insurance, cheapest best auto insurance company, which is the best insurance company for auto, what is the best home and auto insurance company, what is the best and cheapest auto insurance company, best and cheapest car insurance company, best company for home and auto insurance, navigators insurance company am best rating, best car insurance company 2015, what is the best insurance company for auto, best car insurance company california, usda loan mortgage companies, qualifications for a conventional mortgage loan, mortgage home loan process, va mortgage loan credit score requirements, what is the mortgage rate for a va loan, how to apply for a va mortgage loan, mortgage loan omaha, movement mortgage va loan, sierra pacific mortgage my home loan, when to refinance mortgage loan, how much is a jumbo mortgage loan, mortgage loan options for first time home buyers, mortgage loan income to debt ratio, what does it take to be a mortgage loan officer, refinance mortgage and equity loan, qualify for a fha mortgage loan, second mortgage or home equity loan, advantages of a va mortgage loan, va mortgage loan closing costs, apply for mortgage loan online with bad credit)

helmi fadlilah Seorang website developer & digital marketer yang ingin terus berbagi lewat tulisan dan membantu anda mencapai tujuan di bisnis anda.

Cari Tau Apa Itu Website? Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya!

13 min read

pengertian website

Pengertian website merupakan bagian yang tidak dapat di pisahkan dari pertumbuhan Internet, dan sekarang saat ini dari jumlah penghasilan dari website ini  mencapai 1,9 miliar di seluruh dunia. Bahkan, jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya jenis website.

Awalnya, tujuan menggunakan web hanya untuk penggunaan pribadi. Namun, hampir setiap perusahaan memiliki website akhir-akhir ini seperti  Facebook, Apple, BBC News, dll,

Website sekarang menjadi kebutuhan utama bagi diri sendiri, perusahaan dan organisasi di seluruh dunia. 

Sebab, sebuah website memiliki banyak kegunaan, seperti meningkatkan online presence, menampilkan konten, mempromosikan produk, bahkan menghasilkan uang secara online.

Selain itu anda juga perlu tahu , bagaimana  awalnya sejarah situs web sampai seperti sekarang ini? Apa saja jenis dan manfaat situs web yang paling membantu kehidupan pribadi dan bisnis anda ?

Jangan khawatir, Anda akan menemukan jawaban untuk semua pertanyaan ini di artikel ini! Mulailah dengan memahami situs web, sejarahnya, jenisnya dan juga manfaatnya. Mari kita lihat di bawah ini!

Apa Itu Website?

apa itu website

Pengertian website atau web adalah suatu kumpulan halaman yang berisi informasi tertentu dan spesifik yang dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja kapan saja, di mana saja melalui Internet.

Cara mengakses halaman web atau website  adalah dengan menuliskan URL ke dalam URL di browser laptop atau PC Anda. Contoh Misalnya, ketika Anda mengetikkan URL di kolom pencarian browser anda https://www.baotme.com/, lalu stelah itu Anda akan dibawa ke website baotme

Seperti yang dapat dilihat, situs web di atas menampilkan kumpulan halaman yang berisi informasi tertentu. Misalnya, informasi tentang penawaran layanan seperti hosting, VPS, domain, situs web instan, dan informasi pengetahuan produk dalam bentuk blog, kursus online, dll.

Oleh karena itu, untuk memudahkan pengunjung mengakses informasi yang dicari, halaman-halaman tersebut dikelompokkan dalam menu yang dapat diakses dari halaman utama.

Sebagian besar situs web sudah menggunakan metode ini untuk lebih meningkatkan pengalaman pengunjung saat mereka berkunjung ke suatu web. Namun, struktur dan tampilan halaman situs web dulunya tidak terlalu rumit.

Pastinya anda penasaran kan bagaimana sejarah kenapa sih bisa menjadi sebuah website langsung saja simak dibawah ini untuk penjelasan tentang sejarah website

Sejarah Website

sejarah website

Sejarah website dimulai pada tahun 1989 dengan Tim Berners Lee yang mengembangkan World Wide Web (WWW). Pada Oktober 1990, Tim meluncurkan tiga teknologi dasar untuk membangun situs web, yaitu HTML, URL, dan HTTP.

Awalnya, situs ini dirancang hanya untuk berbagi informasi di antara para ilmuwan di CERN. Hingga akhirnya, tim melihat potensi website sebagai alat yang bisa digunakan siapa saja untuk berbagai keperluan. Ia kemudian resmi merilisnya pada 6 Agustus 1991.

Situs web pertama yang dirilis pada saat itu terbatas pada tampilan teks sederhana, tanpa perubahan font, video, atau gambar. Faktanya, situs tersebut masih ada sampai sekarang! 

Anda dapat mengaksesnya melalui URL http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html dan tampilannya seperti ini:

sejarah website pertama di dunia

Setelah itu si ilmuwan bernama Tim Berners Lee kemudian meminta organisasi CERN untuk menyetujui halaman web yangn basis kode situs yang akan tersedia untuk semua pengguna di Internet secara bebas royalti. Yang Akhirnya, ada keputusan itu diumumkan pada tahun 1993, dan situs web mulai ramai bermunculan di seluruh dunia, seperti yang sering kita lihat saat ini.

Setelah anda tahu akan sejarahnya dari seorang ilmuan yang bernama tim berners lee itu kita akan lanjut ke bagian unsur website apa sih unsur unsurnya baiklah anda simak saja langsung di bawah ini ya 

Baca Juga : Apa Itu Http?

Unsur-Unsur Website

Ada lima unsur  yang sangat penting dalam sebuah website. Tanpa unsur website ini, para pengguna Internet se indonesia pun tidak akan dapat menemukan atau tidak akan mengakses situs web dengan mudah. Oke langsung saja simak lima unsur situs web seperti di bawah ini :

1. Nama Domain

domain website

Yang pertama dan paling utama ada domain yang mana Anda mungkin sudah sering mendengarnya, tapi apa sih definisi domain dan perannya dalam sebuah website?

Domain adalah alamat sebuah website. Dalam sejarah nama domain, akses awal ke sebuah situs web mengharuskan mengetahui alamat IP atau alamat domain yang ditandai dengan serangkaian angka.misalnya saya kasih contoh 182.168.4.4.5 misalkan ini adalah alamat ip

Maka dari itu alamat IP sulit diingat,  setelah itu ada sistem “penamaan” alamat situs web yang bisa  dibuat. Misalnyabaotme.com, youtube.com, google.com, dll.

Nah selain itu, Anda bisa menggunakan nama domain yang sesuai dengan tujuan atau fungsi website Anda. Misalnya, gunakan nama merek atau brand bisnis anda, bisa memakai nama pribadi, atau nama topik di sebuah situs web Anda.

Anda dapat memilih nama apa saja untuk nama domain Anda asalkan singkat, mudah diingat, dieja, dan ditulis. Karena apa? Yang mana Tujuannya adalah untuk lebih memudahkan pengunjung untuk menjangkau website Anda.

2. Hosting

web hosting domainesia

Hosting adalah server yang menyimpan semua file website Anda, yang dapat diakses dan dikelola melalui internet.

Pengertian Website Hosting dapat diibaratkan seperti sebuah rumah, dan situs web adalah seluruh konten rumah, termasuk gambar, video, teks, dll.

Oleh karena itu, agar situs web Anda berjalan dengan cepat dan aman, Anda harus memilih “rumah” yang baik, yaitu penyedia hosting yang dapat dipercaya. Telah banyak layanan hosting yang terpercaya dan menyediakan harga yang cukup terjangkau anda bisa cari di berbagai marketplace ataupun bisa search di google untuk beli hosting.

Baca Juga : Perbedaan Domain Dan Hosting

3. Konten (Artikel Website)

artikel website

Selain melihat lihat website Anda pasti mengunjungi situs web tersebut untuk tujuan tertentu, bukan? 

Anda biasa cari misalkan untuk informasi, berbelanja , mencari materi  atau hal yang lainnya.

Nah, semua informasi ini disediakan dalam bentuk konten website. Dengan Melalui konten, pengunjung dapat menemukan informasi pada sebuah website baik berupa gambar, video, atau bahkan teks sekalipun

Sebagai contoh, website baotme yang mana dirancang untuk menjadi pusat informasi bisnis online dan tempat konsumen membeli sebuah jasa yang di sediakan

Maka dari itu yang  akan ditampilkan adalah penjelasan berbagai jasa di beberapa landing page, informasi jasa yang di sediakan dan berbagai jenis jasa serta juga beberapa topik dalam bentuk blog, serta halaman course yang memberikan nilai lebih kepada konsumen.

4. Dalam Website Ada Bahasa Pemrograman (Kode)

bahasa pemograman website

Yang selanjutnya untuk unsur situs web adalah bahasa pemrograman. Nah, Tim Berners-Lee awalnya mengembangkan situs web menggunakan bahasa pemrograman atau biasa di sebut dengan HTML.

Seiring berkembangnya dunia coding, beberapa bahasa pemrograman lain pun diciptakan. Coding adalah proses penulisan kode untuk membangun sebuah website.

Beberapa bahasa yang dapat dikodekan antara lain CSS untuk mengatur tampilan elemen website, JavaScript untuk membuat website lebih dinamis dan statis, dan lainnya.

Selain dari bahasa pemrograman tersebut, ia mulai membuat banyak website menarik dan melahirkan banyak programmer handal yang bisa membuat website dengan baik.

Namun, teknologi website terus berkembang sehingga orang yang tidak memiliki kemampuan bahasa pemrograman dapat membuat website menggunakan CMS atau sistem manajemen konten (software yang digunakan untuk mengelola konten website).

Saat ini, semakin banyak pilihan CMS yang tersedia untuk Anda.

Tetapi sebagian orang bahasa pemrograman ini di salah gunakan yang salah satunya ada orang hebat dalam bahasa coding ini yang bisa kita sebut sebagai hacker

hacker di sini adalah orang yang hebat dengan kemampuan dalam berbahasa pemrograman namun diberi nama hacker ini karena kebanyakan di salah gunakan seperti salah satunya contoh hacker yang membobol mesin atm dan mengobrak abrik satelit sungguh hebat kan!

Baca Juga : CMS Terbaik

5. Tampilan

tampilan website

Informasi yang ada pada sebuah website memang begitu sangat penting, namun pengunjung juga perlu diperhatikan dengan baik sebuah tampilan pada websitenya. Yang Faktanya, 48% pengguna internet mengatakan bahwa desain situs web merupakan faktor dalam menentukan kepercayaan mereka, terutama untuk situs web bisnis.

Tampilan website tidak hanya harus menarik tetapi juga harus user-friendly nyaman enak di lihat oleh orang lain. Artinya, menarik karena kombinasi warna yang tepat dan struktur yang bersih, sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses di semua perangkat  baik itu laptop PC tablet dan handphone.

Baca Juga : Perbedaan UI Dan UX

Untuk membuat tampilan yang menarik melalui coding digunakan bahasa pemrograman CSS. Namun, jika Anda menggunakan CMS seperti WordPress, yang mana ada ribuan template yang siap pakai untuk dipilih yang nantinya akan menjadi tampilan pada halaman website anda

Saat ini, bahkan ada banyak template yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan dengan mudah, seperti mengedit font, memilih warna font, mengatur tata letak, dan lainnya.

Baca Juga : Cara Edit Tema WordPress

Jenis-Jenis Website dan Contohnya

jenis website

Secara umum, website dibagi menjadi dua kategori menurut sifatnya, yaitu website statis dan website dinamis.

Jika informasinya tetap sama atau tidak berubah, itu disebut situs web statis. Sebaliknya jika informasi pada website terus berubah, maka disebut website dinamis.

Namun dilihat dari tujuan penggunaannya, setidaknya ada beberapa dari jenis-jenis website beserta contohnya silahkan anda simak di bawah ini

1. Website  Pribadi

website pribadi

Pengertian website pribadi atau website pribadi didefinisikan sebagai jenis situs web yang dimiliki oleh seorang individu atau seorang diri sendiri , biasanya untuk tujuan profesional atau untuk menyampaikan pendapat pribadi di websitenya.

Misalnya, Anda dapat memamerkan berbagai karya atau pengetahuan Anda dengan membuat situs web portofolio.

Pada dasarnya, Anda dapat membangun situs web dengan cara Anda sendiri atau membangun merek pribadi seperti koki terkenal dunia yang mana menciptakan pengalaman masaknya secara pribadi melalui websitenya.

Selain itu makan masakanya pun ikut di pamerkan melalui website pribadinya seperti semacam resep makanan hingga tutorial memasaknya

Anda juga sama bisa melakukan hal seperti si koki terkenal tersebut untuk mengisi website pribadinya.

Baca Juga : Contoh Blog

2. Website Toko Online/E-commerce

website toko online

Pengertian website toko online atau e-commerce adalah website yang digunakan untuk berjualan secara online. Penggunaan website toko online sangat populer karena dinilai dapat menjalankan bisnis secara efisien, apalagi dengan pangsa pasar online yang lebih luas.

Sebuah website toko online memiliki halaman dan menu yang menampilkan aktivitas komersial untuk lokasi belanja. Toko online Ini mempunyai fungsi keranjang belanja, checkout, katalog dan halaman produk, dan masih banyak banyak lagi.

Anda juga dapat mendesain situs web toko online Anda dengan tata letak yang Anda inginkan menggunakan warna khas bisnis, logo, dll.

Website Executive merupakan website toko online yang menjual berbagai macam produk fashion sekaligus sebagai media promosi.

Ingin punya toko online sendiri? Mari kita lihat panduan kami tentang cara membuat website toko online untuk pemula.

3. Website Company Profile

website company profile

Pengertian Website company profile adalah website yang digunakan untuk menampilkan keberadaan suatu perusahaan. Jadi website ini menjadi sumber utama ketika seseorang ingin mencari informasi tentang suatu perusahaan melalui internet

Tidak hanya itu, website company profile juga penting untuk meningkatkan kredibilitas bisnis. Fungsi website ini adalah untuk menampilkan profil perusahaan dan berbagai informasi seputar perusahaan.

Misalnya, situs web profil perusahaan Unilever berisi profil, kepemimpinan perusahaan, berita, karier, dan informasi investor.

Sebagai company profile, website juga berfungsi sebagai pembagi informasi  kegiatan terkini. Di perusahaan Unilever, misalnya, mengangkat masalah lingkungan dan keprihatinan tentang keberlanjutan jika mau di buatkan bisa pake jasa pembuatan website company profile di kami.

4. Website Komunitas

website komunitas

Pengertian website komunitas atau web forum adalah website yang dapat dijadikan sebagai wadah bagi para penggunanya untuk berkomunikasi sesama komunitas.

Website ini biasanya memiliki beberapa fitur, misalnya pengguna dapat membuat thread atau konten tentang berbagai topik, kemudian orang lain mengajukan pertanyaan, komentar, dll.

Dari situ, pengunjung website bisa berinteraksi dengan pengunjung lain. Seperti yang bisa Anda lakukan di situs komunitas Kaskus.

Mereka yang tertarik untuk membangun situs web semacam itu dapat mempraktekkan cara membuat situs web komunitas menggunakan WordPress.

website gallery

Seperti namanya, situs galeri atau fotografi adalah situs web yang menampilkan konten visual seperti foto dan video.

Seringkali, situsweb  galeri menawarkan banyak koleksi foto stok berkualitas tinggi atau HD. Anda dapat memperoleh foto-foto ini secara gratis atau dengan lisensi yang dibeli dan dapat digunakan untuk mendukung konten, visualisasi iklan, dan lainnya.

Contoh situs galeri adalah Pexels. Di situs web pexels, Anda dapat mencari foto atau gambar hanya dengan memasukkan kata kunci yang diinginkan misalnya foto logo png.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk membuat website fotografi? Lihat panduan kami tentang cara membuat situs web fotografi dari kami.

6. Website Berita

website berita

Pengertian website berita adalah situs web yang dirancang untuk menyebarkan berita terbaru terkini. Jenis situs web ini menjadi semakin populer karena ranah berita offline saat ini mulai ditinggalkan dan mulai beralih ke berita online.

Seperti halnya surat kabar atau koran anda pasti pernah baca koran, portal berita  ini yang memuat informasi terkini tentang berbagai topik, seperti politik, kesehatan, lingkungan, bahkan wawancara dengan tokoh tertentu dan juga informasi seputar olahraga serta masih banyak lagi.

Contohnya adalah The New York Times, yang menerbitkan berbagai berita setiap harinya ada banyak informasi yang di sampaikan

Tetapi hati-hati juga saat ini banyak tersebar berita yang hoax atau berita yang tidak benar.maka dari itu perolehlah informasi berita sesuai dengan kabar terkini atau sesuai dengan fakta dan kejadian tertentu.

Oh ya, Anda bisa dengan mudah membangun situs berita, lho. Pelajari lebih lanjut tentang cara membuat website berita dari kami.

7. Website Blog

website blog

Pengertian website Blog adalah jenis situs web yang dapat berisi konten artikel dalam jumlah yang segitu banyaknya konten, yang disebut blog. Biasanya, blog mencakup ceruk atau topik tertentu, seperti keuangan, teknologi, kecantikan, memasak, dll.

Misalnya, blog traveler yang rutin membahas wisata dalam bentuk artikel yang mana sangat banyak sekali di dalam blog ini artikel tentang wisata,tempat wisata dan tujuan wisata serta masih banyak lagi..

Nah, artikel yang Anda baca sekarang ini juga merupakan bagian dari blog yang di buat baotme, serta yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan terkait teknologi dan seputar digital marketing.

8. Website Bisnis

website bisnis

Pengertian Website jenis ini biasanya dimiliki oleh sebuah perusahaan atau institusi. Website bisnis Ini berfungsi sebagai strategi pemasaran digital, serta meningkatkan kredibilitas bisnis.

Seringkali, situs web semacam itu juga digunakan sebagai profil perusahaan, yang menunjukkan seberapa sukses Anda dan seberapa profesional bisnis Anda.

Seperti contoh kita ambil deh ojol atau Gojek Indonesia memiliki website bisnis yang digunakan sebagai company profile. 

Perusahaan gojek memaksimalkan situs webnya untuk memasukkan konten perusahaan, logo, kontak, profil, lokasi, layanan, kisah sukses, dan produk yang ditawarkan misalnya jaket helm dan sebagainya.

Sangat disarankan bagi setiap bisnis untuk memiliki situs web seperti itu karena hampir semua pelanggan mencari informasi secara online terlebih dahulu. Dengan menerapkan teknik SEO, website Anda juga dapat ditemukan melalui Google, yang juga akan meningkatkan peluang mendapatkan pelanggan baru.

9. Website Media Sosial

website media social

Situs web tersebut dapat diakses melalui aplikasi atau browser web menggunakan URL. Misalnya Facebook, Linkedin, Twitter, Instagram, dll. Tentu karena tujuannya untuk berbagi media, maka situs seperti ini bersifat dinamis.

Selain untuk media berbagi, situs tersebut juga dapat digunakan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan keluarga dan teman. 

Nah, bagi Anda yang memiliki bisnis, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk berbisnis agar penghasilan Anda meningkat dan anda juga bisa mempromosikan bisnis anda seperti contohnya pada media sosial facebook yang tersedia marketplace untuk menjual produk anda yang nantinya bisa melakukan pembayaran melalui COD

setelah anda mengetahui pengertian website dan jenis website anda juga perlu tahu manfaat website baiklah tidak perlu banyak bicara langsung saja ke manfaat websitenya seperti apa simak di bawah ini.

Manfaat Website yang Perlu Anda Ketahui

Bagi Anda yang belum pernah sama sekali membuat website, mungkin Anda sekilas  bertanya-tanya. Apa manfaat dari sebuah situs web? Bagaimana situs ini dapat menguntungkan saya?

Fungsi dari sebuah website adalah untuk memberikan informasi sehingga masyarakat dapat dengan mudah menemukan informasi tertentu. Setelah itu, mereka akan menerjemahkan informasi respons ke dalam tindakan yang Anda inginkan. Misalnya, pembelian, daftar aktivitas. dan masih banyak lagi

Sebelum Anda menyadarinya, situs memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari, baik itu urusan pribadi, bisnis, atau masyarakat. Lalu, apa saja manfaat dari sebuah website? Langsung saja simak di bawah ini untuk penjelasan dari manfaat website yang bisa anda ketahui tentang pengertian website.

1. Menjadi Media untuk Berbagi Wawasan

pengetahuan dan informasi

Jika Anda memiliki hobi, pengetahuan, dan pengalaman di bidang tertentu, Anda dapat menjadikannya sebagai niche atau judul blogging Anda. Misalnya, memasak, desain, teknologi, perjalanan, dll.

Dengan cara ini, Anda dapat berbagi informasi dengan banyak orang, sambil terhubung dengan orang-orang yang berpikiran sama untuk berbagi pengalamannya maka dari itu website ini memiliki manfaat yang baik untuk berbagi informasi penting tentang ilmu pengetahuan.

2. Menjadi sumber penghasilan

website sumber penghasilan

Tidak hanya untuk menyampaikan pendapat pribadi atau pengalaman anda sehari hari, manfaat website ini juga menjadi bisa menjadi sebuah sumber penghasilan.

Ada banyak caranya, melalui media blogging, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari iklan Google AdSense, lalu anda bisa mempublikasikan posting berbayar sebagai blogger atau mempromosikan produk tertentu sebagai influencer.

Sebenarnya, mungkin ada cara lain untuk menghasilkan uang dari situs web yang dapat Anda buat berdasarkan keahlian Anda namun yang utama yang kita bahas kali ini adalah manfaat website untuk menghasilkan uang 

3. Menjadi platform bisnis

platform bisnis

Selain manfaat seperti di atas  itu, manfaat web  yang satu ini adalah sebagai alat untuk melakukan bisnis online.

Misalnya, meskipun Anda sudah memiliki toko offline, Anda dapat membuka toko online untuk memudahkan calon pelanggan membeli produk Anda kapan saja, di mana saja.

Website tidak hanya berfungsi sebagai referensi bagi konsumen untuk mendapatkan informasi produk terbaru, tetapi juga merupakan tempat yang ideal untuk melakukan berbagai promosi menarik.

4. Untuk Membangun Brand

Manfaat website juga digunakan untuk membangun brand bisnis. Itu karena Anda dapat menyesuaikan situs web Anda berdasarkan kebutuhan bisnis yang menjelaskan identitas online Anda. Misalnya, Anda dapat menyertakan logo, branding, dll.

Tidak hanya untuk bisnis, website juga bisa digunakan untuk membangun personal branding. Anda dapat mengisi website dengan berbagai karya atau artikel tentang keterampilan yang telah Anda kuasai.

Misalnya, Anda dapat menggunakan situs web untuk membangun portofolio pribadi. Ini berguna ketika mencari pekerjaan atau proyek tertentu jika anda sedang menganggur.

5. Meningkatkan Reputasi Atau Kredibilitas Bisnis Anda

Dengan memiliki website resmi, konsumen akan mengetahui bahwa bisnis Anda benar-benar ada. Konsumen tahu di mana menemukan informasi tentang produk, menghubungi layanan pelanggan, dan banyak lagi. Dengan cara ini, kredibilitas bisnis anda dapat dipertahankan.

6. Menjadi alat pemasaran bisnis

Situs web atau website  adalah media di mana berbagai upaya pemasaran promosi dilakukan. Misalnya, upaya pemasaran digital, pemasaran mesin pencari atau strategi iklan berbayar di mesin pencari, SEO atau optimasi ke halaman pertama pencarian Google, dll.

7. Menjadi sumber informasi

Menurut penelitian dari Hootsuite, 202,6 juta orang di Indonesia mencari informasi di Internet tak hannya informasi saja yang di cari oleh orang misalnya tips trik solusi berita dan lainnya, yang mana persentase pencari di internet sangat setara dengan 73,7% dari total populasi manusia di indonesia

Yang Artinya website ini merupakan  salah satu manfaat website yang menjadi sumber informasi bagi situs berita, situs komunitas, blog, dll.

8. Menjadi Jalur Akses Ke Layanan Publik

Siapa pun dapat menggunakan website ini dan siapapun dapat mengakses website di internet, termasuk institusi yang menyediakan layanan publik seperti rumah sakit, bank, kantor polisi, kantor pajak, dll. 

Dengan begitu, masyarakat dapat mengakses layanan dengan lebih mudah dan cepat serta juga memberikan akses ke publik dengan simpel

9. Menyelenggarakan aksi sosial

Cukup sangat banyak situs yang bertujuan untuk menyelenggarakan acara sosial sebagai semacam situs komunitas atau semacamnya.

Contohnya, Kitabisa.com adalah website dimana masyarakat dapat berpartisipasi dalam penggalangan dana untuk membantu mereka yang membutuhkan.

Selain itu, ada situs change.org, forum solidaritas dengan menandatangani petisi dan sarana lainnya.

10. Mempublikasikan Profil Instansi / Perusahaan

Tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat saat ini sangat mengandalkan internet sebagai sumber informasi. Ketika mereka ingin menemukan sesuatu, mereka benar-benar mengetik kata kunci ke mesin pencari. Tidak peduli informasi apa yang mereka dapatkan dari hasil pencarian google, 

Nah, kali ini  adalah salah satu manfaat website ini bagi perusahaan. Yang Artinya, informasi lembaga atau perusahaan akan ditampilkan. Yang mana wbsite yang satu ini Sering disebut company profile atau portal perusahaan.

Dengan profil berbasis website, Anda dapat menggambarkan bisnis Anda dengan jelas dan akurat. Anda dapat menampilkan profil perusahaan Anda selengkap dan sejelas mungkin sehingga pengguna dapat mempelajari dan memahami perusahaan secara lebih detail.

Manfaat menggunakan situs web untuk mempublikasikan profil perusahaan juga untuk meminimalkan kerusakan dan kebingungan di Internet. Dengan cara ini, pengguna akan lebih mudah menemukan informasi yang tepat tentang perusahaan Anda.

11. Lebih Mudah Mendapatkan Klien & Partner Baru

Ada banyak perusahaan yang berhasil menambah pelanggan melalui website ini. Harus diakui, jangkauan yang lebih luas memungkinkan pengunjung situs tidak terbatas pada satu negara, tetapi dari seluruh dunia dapat muncul.

Salah satu keunggulan website dengan banyak pengunjung adalah kemampuannya untuk menarik lebih banyak pelanggan baru. Kunci dari keberhasilan sebuah website diukur dari jumlah trafik yang dapat menghasilkan konversi penjualan sebuah produk yang anda pasarkan.

Selain mendapatkan pelanggan, manfaat memiliki website juga bisa memberi Anda kesempatan untuk mendapatkan partner kerja  baru. Cepat atau lambat perusahaan Anda akan membutuhkan partner untuk terus berkembang. Dengan situs web, peluang untuk menarik lebih banyak parner bisnis juga  terus meningkat (pengertian website).

12. Menambah Kualitas Layanan & Meningkatkan Trust

Untuk manfat Situs web yang satu ini memungkinkan Anda untuk memberikan layanan dengan kualitas terbaik. Fungsionalitas yang tersedia dalam teknologi ini sangat lengkap dan fleksibel. 

Situs web yang  dirancang sedemikian rupa sehingga melakukan apa yang Anda inginkan untuk dicapai sesuai dengan goals perusahaan

Untuk meningkatkan layanan, Anda dapat menambahkan fungsi khusus ke halaman web Anda. Misalnya, fitur Tanya Jawab, formulir dan konsultasi online, obrolan, dan lainnya. 

Selain itu Anda juga bebas menambahkan fitur yang meningkatkan kenyamanan pengguna.

Dengan pelayanan yang maksimal, para customer atau pengunjung website anda akan merasa puas. Dan juga hal Ini akan meningkatkan rasa kepercayaan mereka kepada anda. 

Ketika rasa kepercayaan mulai tumbuh dan di situlah Pengunjung cenderung ingin menjadi pelanggan setia produk atau layanan yang Anda tawarkan

13. Melayani Transaksi Digital Selama 24 Jam

Manfaat website  yang terakhir dan yang sayang sekali untuk  dilewatkan oleh setiap merchant adalah kesempatan untuk menyediakan layanan 24 jam untuk transaksi digital. 

Yang Artinya, website memungkinkan toko online Anda menerima pesanan pelanggan setiap saat.

Dengan kata lain, situs web meningkatkan potensi penghasilan Anda. Sebaliknya jika hanya mengandalkan jam operasional toko offline.

Dengan adanya manfaat ini yaitu melayani transaksi digital selama 24/7 ini kemungkinan anda akan mendapatkan keuntungan yang banyak setiap harinya juga penjualan produk akan meningkat dengan pesat.

Sekarang Anda Sudah Tahu Apa Itu website?

Nah tadi anda sudah mengetahui banyak hal tentang website dan banyak hal tentang jenis website dan juga manfaat website selanjutnya  kami yang akan memberikan manfaat kepada anda dari website kami ini

Yang mana semoga bermanfaat dan memberikan ilmu pengetahuan yang dapat memberikan solusi dan juga memberikan inspirasi bagi website anda dan bagi bisnis anda khususnya bagi diri anda sendiri

Selain itu kami juga akan sedikit membahas apa yang anda butuhkan saat ini seperti contoh pembahasan kita tadi tentang website 

okeh sekarang apa yang anda tunggu? Kali ini saatnya untuk membangun situs web atau website yang mana berguna untuk meningkatkan bisnis Anda. 

Anda bisa mempercayakan ke baotme sebagai solusi jasa pembuatan website. Kami juga menyediakan berbagai solusi untuk kebutuhan website, seperti:

Untuk informasi lebih lanjut, langsung saja anda hubungi kontak kami dan konsultasi sekarang juga atau a anda bisa kunjungi langsung ke situs resmi kami  Baotme.com

Mungkin inilah saatnya kita menutup artikel pengertian website, Sekian dulu pembahasan mengenai apa itu website sejarah jenis serta manfaat, memiliki website kali ini.

Kami ucapkan Terima kasih atas kunjungan Anda.

helmi fadlilah Seorang website developer & digital marketer yang ingin terus berbagi lewat tulisan dan membantu anda mencapai tujuan di bisnis anda.

10 Plugin WordPress 2023 Terbaik Download GRATIS!

Plugin WordPress Download Gratis merupakan sebuah script tambahan yang di bundel menjadi sebuah plugin untuk menambah fitur tambahan di wordpress selft hosting kamu sehingga...
helmi fadlilah
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *