(vpn chrome app, what is vpn app for iphone, free vpn without app, easy vpn app store, cloud vpn app, vpn server app, best vpn in app store, what is a vpn app, android vpn app apk, mac app store vpn, opera vpn app, cisco vpn app for iphone, best paid vpn app for android, best vpn app for china, vpn mac app, what is vpn app, best free vpn app for android phones, vpn token app, pia vpn app, best cheapest car insurance company, who is the best car insurance company for young drivers, best term insurance company, best online car insurance company, best insurance company for drivers with points, best cheap car insurance company, best company for auto insurance, best cheapest auto insurance company, best car insurance company for new drivers, best company for car insurance, cheapest best auto insurance company, which is the best insurance company for auto, what is the best home and auto insurance company, what is the best and cheapest auto insurance company, best and cheapest car insurance company, best company for home and auto insurance, navigators insurance company am best rating, best car insurance company 2015, what is the best insurance company for auto, best car insurance company california, usda loan mortgage companies, qualifications for a conventional mortgage loan, mortgage home loan process, va mortgage loan credit score requirements, what is the mortgage rate for a va loan, how to apply for a va mortgage loan, mortgage loan omaha, movement mortgage va loan, sierra pacific mortgage my home loan, when to refinance mortgage loan, how much is a jumbo mortgage loan, mortgage loan options for first time home buyers, mortgage loan income to debt ratio, what does it take to be a mortgage loan officer, refinance mortgage and equity loan, qualify for a fha mortgage loan, second mortgage or home equity loan, advantages of a va mortgage loan, va mortgage loan closing costs, apply for mortgage loan online with bad credit)

helmi fadlilah Seorang website developer & digital marketer yang ingin terus berbagi lewat tulisan dan membantu anda mencapai tujuan di bisnis anda.

50+ Cara Mendapatkan Uang dari Internet [Modal Begadang] 2023

28 min read

cara mendapatkan uang dari internet

Sebenarnya ada banyak cara mendapatkan uang dari internet, dan hampir semuanya mudah untuk Anda coba di era digital ini. Dunia online menawarkan banyak peluang untuk menghasilkan uang secara online atau mendapatkan penghasilan tambahan secara online.

Menghasilkan uang di internet bukanlah hal yang mustahil akhir-akhir ini. Baik untuk mencari pendanaan bulanan atau jangka panjang

Namun perlu diperhatikan bahwa Anda harus berhati-hati dengan platform yang ingin Anda gunakan. Sebab, ada banyak bentuk penipuan online terhadap pengguna internet yang tidak waspada.

Ada Banyak orang mendapatkan ratusan juta rupiah dari aktivitas online mereka. Anda dapat memiliki kesuksesan yang sama. Asalkan tahu cara yang benar.

baotme indonesia akan membagikan tips yang bisa anda coba langsung. Namun kali ini tidak terbatas pada penggunaan media mainstream seperti Youtube dan media sosial.

Daftar Isi

50+ Cara Mendapatkan Uang dari Internet [Modal Begadang] 2023

 Karena artikel ini lebih banyak tentang cara menghasilkan uang dengan keterampilan yang Anda miliki. Tanpa basa-basi lagi, mari kita simak tips dan cara menghasilkan uang dari internet berikut ini. Langsung aja check it out.

1. Jualan Foto dan Video Online

cara mendapatkan uang dari menjual foto digital

Jika Anda senang mengambil foto atau merekam video, cobalah menjual foto atau konten lainnya secara online untuk menghasilkan uang secara online dengan hobi ini. Sambil ssantai atau sambil ngopi, Anda bisa memulai hobi sambil mendapatkan penghasilan sampingan yang berupa cuan.

Banyak perusahaan dan pemilik bisnis memerlukan konten campanye , iklan, dan situs web mereka. Pembeli ini terus mencari konten dan perspektif yang fresh asli dan unik sehingga perusahaan mereka dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Caranya adalah, Anda dapat membuat website fotografi dan menjual foto Anda melalui situs tersebut. Atau, Anda dapat mendaftar dan mengunggah konten digital di beberapa pasar. 

Mengapa harus membuat website terlebih dahulu?

Nah, fungsinya untuk memudahkan Anda memperkenalkan personal branding Anda sekaligus mempromosikannya.

Untuk menjual foto online dan video secara online dan menghasilkan uang secara online, seperti contoh website yang menjual foto seperti di bawah ini.

  • Shutterstock
  • Adobe Stock
  • iStock
  • BigStock
  • Getty Images
  • Dreamstime

2. Menjadi Tester Website

cara mendapatkan uang dari internet sebagai tester website

Tertarik dengan desain web dan web development? 

Jangan sia-siakan kesempatan ini dan cobalah menghasilkan uang secara online dengan menjadi website tester atau sebagai pembuat website pemula . Pekerjaan ini cukup bagus sebagai freelancer untuk menghasilkan uang cepat dan juga cukup mudah untuk bagi para pemula.

Sebagai Website tester , Anda harus memiliki keterampilan berpikir kritis dan logis, keterampilan komunikasi, dan penyampaian yang baik tentang fungsionalitas dan desain website. Faktor-faktor ini membantu meningkatkan prospek pekerjaan dan kualitas laporan website Anda.

Sistem pembayaran biasanya berbasis proyek, dengan tarif tergantung pada metode pengujian dan kebijakan pasar marketing. Misalnya, UserTesting menawarkan pembayaran dari $4 hingga $120 per pengujian, dengan pembayaran tertinggi untuk tester yang melakukan percakapan langsung dengan pelanggan.

Jika Anda tertarik, kunjungi marketplace berikut untuk mendapatkan penghasilan online dengan menjadi website tester:

  • Ubertesters

 Layanan pengujian crowdsourced yang berfokus pada pengujian aplikasi dan game .

  • UserBrain. 

Alat online yang menyediakan pengujian UX untuk situs web dan prototipe produk digital.

  • TestBirds

Pengujian pengalaman pengguna produk digital, termasuk toko e-Commerce, aplikasi seluler, dan fitnes tracker.

  • Userlytics

Selain menguji situs web dan aplikasi, marketplace juga menawarkan program yang berfokus pada peninjauan iklan video.

  • TryMyUI. 

Berikan pengujian tayangan untuk situs web dan aplikasi seluler dengan pengujian video atau feedback berbasis survei.

3. Membuat Blog dan Memonetisasinya

cara mendapatkan uang dari internet dengan blogging

Blogging adalah cara untuk menghasilkan uang secara online dan sangat cocok bagi mereka yang suka menulis. Ada banyak orang yang membuat blog hanya untuk curhat, berbagi wawasan, berbagi pendapat, dan untuk mengembangkan brand mereka.

Anda dapat memulai blog apa saja seperti blog perjalanan atau traveling, membuat food blogger dan memula membuati blog makanan, atau hanya blog ulasan. Atau, Anda juga dapat mengetahui topik blog yang paling banyak dikunjungi untuk menemukan niche.

Beberapa cara umum untuk menghasilkan uang dari blogging adalah melalui iklan, afiliasi marketing, sponsor, dan penjualan produk.

Dengan cara ini blog Anda akan ramai pengunjung dan dimonetisasi, terus membangun audiens Anda dan konsisten saat menerbitkan konten setiap harinya. Anda juga dapat mempelajari digital marketing dan mempelajari tentang SEO (Search Engine Optimization)  untuk kesuksesan jangka panjang bisnis anda.

4. Memulai Bisnis Dropshipping

bisnis dropship

Untuk cara menjadi dropshipper, Anda akan bisa menghasilkan uang dari internet tanpa modal. Anda juga bisa menjual produk langsung dari suplier atau pemasok ke pelanggan, tanpa harus menyimpan barang di gudang terlebih dahulu.

Langkah-langkahnya juga sangat sederhana. Setelah iklan Anda ditempatkan dan pembeli bertransaksi dengan iklan Anda, yang perlu Anda lakukan hanyalah menghubungi si supplier untuk memesan sebuah barang tersebut. Untuk Proses pengirimannya akan dilakukan langsung oleh supplier. Nah Sangat mudah, bukan?

Namun, Anda tetap perlu untuk seelalu memperhatikan beberapa faktor untuk memulai bisnis dropshipping.  Yang Salah satunya adalah persaingan yang sangat ketat dan Suplier  yang kurag terpercaya atau bisa jadi menipu. Jadi, harus dipastikan untuk melakukan riset dan penyelidikan atau survei sebelum Anda mulai menghasilkan uang di internet dengan mudah

5. Gabung Program Afiliasi

bisnis affiliasi

Bergabung dengan perusahaan bisnis afiliasi juga merupakan salah satu cara tercepat untuk menghasilkan uang dari internet.

Anda akan dapat memperoleh komisi dengan mempromosikan produk, layanan, atau bisnis di berbagai platform. Ketika pelanggan mengklik link afiliasi dan membeli produk yang ditawarkan, lalu Anda akan mendapatkan persentase keuntungan dari hasil penjualan produk tersebut.

Umumnya, seseorang blogger dapat menghasilkan dari ratusan hingga puluhan ribu dolar secara online melalui pemasaran program afiliasi, tergantung pada jumlah program afiliasi yang diikuti dan jangkauan pembaca blog tersebut.

Saat ini, Anda juga dapat bergabung dengan sejumlah program afiliasi. Satu hal yang perlu diingat, bergabunglah dengan program yang sesuai dengan niche Anda dan ikuti program afiliasi yang sudah terpercaya di seluruh indonesia.

Berikut adalah beberapa program afiliasi terbaik untuk menghasilkan uang secara online:

  • Program dari afiliasi Shopee 

Jika Anda berhasil membantu pelanggan lain menemukan produk yang mereka cari di Shopee, maka Anda bisa mendapatkan komisi 2,5% hingga 10%.

  • Afiliasi toko online Blibli

Anda akan Dapatkan komisi hingga 4% jika Anda berhasil menarik pembeli untuk membeli melalui spanduk atau banner promosi Blibli yang dipasang di situs web Anda.

  • afiliasi dari Tokopedia

Tokopedia ini Menawarkan komisi hingga 10% jika Anda aktif menjual produk di Tokopedia melalui media sosial, maka hal ini adalah cara yang tepat untuk menghasilkan uang secara online dari ponsel Anda dengan melalui media sosial anda

  • Menjadi Anggota TripAdvisor

Si paling Cocok untuk yang suka jalan-jalan dan travelling. Anda bisa Tawarkan pemesanan hotel kepada wisatawan di TripAdvisor dan anda juga akan dapatkan komisi hingga 50% saat mereka memesan hotel melalui link yang Anda bagikan di berbagai platform seperti contohnya di media sosial

  • Afiliasi Di  Lazada

Sama seperti platform marketplace lainnya, jika pembeli bertransaksi melalui tautan atau link  afiliasi Anda, maka  Anda akan dapat memperoleh komisi hingga 15% secara online melalui program afiliasi Lazada.

6. Menjadi Freelancer

menjadi freelance

Di internet, ada banyak website yang banyak menawarkan lowongan pekerjaan menjadi seorang freelance. Pelanggan akan memulai beriklan untuk menemukan orang yang membutuhkan layanan anda dan juga memenuhi kriteria atau persyaratan sesuai yang mereka butuhkan, atau Anda juga dapat memposting layanan sehingga pelanggan dapat menemukan Anda dengan mudah.

Saat ini, permintaan freelancer semakin meningkat dengan pesat  selain itu Anda juga dapat memanfaatkan peluang ini untuk menghasilkan uang di internet tanpa modal apa pun.

Untuk direkrut melalui empat platform di atas, identifikasi kemampuan dan keahlian Anda dan tentukan niche. Misalnya, jika Anda ingin menjadi penulis lepas, pilihlah niche seputar penulisan artikel, tutorial, dll.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Pemula

Jangan pernah melabeli diri Anda sebagai freelancer untuk semua jenis pekerjaan. Cukup tentukan keterampilan dan memaksimalkan kemampuan Anda di sana. Dan juga melengkapi profil Anda, buat contoh pekerjaan atau portofolio, dan mulai pencarian pekerjaan Anda.

7. Memulai Bisnis E-commerce (Toko Online)

website toko online

Dalam beberapa tahun terakhir, situs e-commerce atau toko online semakin populer sebagai cara menghasilkan uang dari internet. Selain cakupan yang lebih baik, biaya awal pembukaan toko online lebih rendah, sehingga Anda dapat menghemat biaya operasional.

Memulai bisnis toko online juga akan menjadi cara untuk menghasilkan cukup banyak uang secara online, apa pun produk yang Anda jual. Hal ini dikarenakan semakin banyak pembeli yang lebih memilih untuk berbelanja secara online pada masa era digital saat ini, meskipun produk yang mereka beli adalah produk fisik atau produk apapun itu.

Berikut adalah rekomendasi kami untuk empat platform e-niaga terbaik untuk membangun toko online Anda sendiri:

  • Ziro E-Commerce.

Kali ini ada Pembuat situs web yang ramah pengguna untuk pemula dengan berbagai tema gratis dan banyak alat AI untuk membantu bisnis Anda supaya berjalan.

  • WooCommerce

Platform sumber terbuka untuk WordPress yang mana menyediakan semua fitur seperti yang Anda butuhkan untuk jasa pembuatan toko online impian untuk bisnis Anda.

  • Prestashop 

Perangkat lunak e-commerce ini menawarkan fitur manajemen produk yang hebat dan alat analisis yang lengkap untuk semua kebutuhan pembuatan toko online anda.

  • Shopify

Di shopify ini merupakan Pilihan populer dengan pemulihan fitur ceklis to cart dan alat SEO bawaan yang lengkap untuk kebutuhan bisnis e-commerce toko online anda.

8. Survei Online Berbayar

survey online

Ini mungkin agak “terlalu bagus untuk menjadi kenyataan”, tetapi Anda dapat menghasilkan uang secara online dengan mengisi survey online secara berbayar!

Saat ini, banyak perusahaan membayar peserta untuk melakukan survei, seringkali untuk riset pasar dan analisis perilaku konsumen. Survei ini juga membantu membuat keputusan bisnis, seperti jenis produk online terlaris mana yang akan dijual atau tempat untuk menayangkan iklan terbaik.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua orang mampu atau mau berpartisipasi dalam survei ini untuk itu di munculkan Beberapa alasan dan alasan tersebut adalah:

Demografi terbatas. 

Beberapa survei ini tidak terbuka untuk semua orang, tetapi menargetkan kelompok orang tertentu. Data demografi ini mencakup jenis kelamin, usia atau pekerjaan.

Bayaran / upah yang rendah. 

Dari sekian Banyaknya situs survey online yang menggunakan sistem poin. Jadi untuk itu Anda perlu untuk mengumpulkan poin sebanyak mungkin setelah menyelesaikan survei, dan Anda juga dapat menarik uang setelah mencapai batas tertentu. Misalnya, Anda dapat menghasilkan uang secara online antara $0,50 dan $3 per survei. Namun, Anda tidak dapat menarik uang hasil ini terkecuali Anda telah mencapai batas penarikan uang (biasanya antara $10 dan $25).

Banyak membuang waktu. 

Karena sistem pembayaran, Anda harus menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkan hasil. Beberapa survei bahkan mungkin membutuhkan waktu satu jam untuk diselesaikan.

Tidak Untuk jangka yang panjang. 

Berbeda dengan cara lain untuk menghasilkan uang di internet tidak seperti di artikel ini, dan juga selain itu Anda tidak akan dapat mengisi survei online ini sebagai pekerjaan penuh waktu karena alasan yang telah disebutkan di atas.

 9. Content Creator di TikTok

content creator tiktok

Dibandingkan saat masih bernama Musical.ly di awal-awal peluncurannya, TikTok kini sudah berkembang sangat pesat. TikTok yang sebelumnya hanya menawarkan konten bertema musik, kini menjadi salah satu platform video terpopuler di negara-negara dengan konten yang beragam.

Anda dapat menemukan konten pendidikan, seni, tutorial, duet musik, dan mungkin konten yang tidak terlalu berguna tetapi menarik. Nah, platform ini bisa kamu manfaatkan sebagai cara menghasilkan uang dari internet semisalnya dengan promosi produk atau misalkan review baju distro dan lain sebagainya.

Sebagai pembuat konten di TikTok, Anda akan menghasilkan uang secara online melalui konten live anda serta dari sponsor dan donasi dari pemirsa langsung , atau bila anda mempromosikan live konten dengan produk baju distro anda bisa memanfaatkan komentar orang yang pesan produk anda misalkan dan dari situlah orang zaman sekarang memanfaatkan platform tiktok untuk menghasilkan uang

Ada beberapa cara untuk menjadi pembuat konten di TikTok:

  • Pastikan video Anda dalam format FYP.
  • Unggah konten secara konsisten dan sering.
  • Manfaatkan hashtag dan tren.
  • Perhatikan kualitas videonya.
  • Pelajari cara bertransisi dengan baik.

10. Menjadi YouTuber

menjadi youtuber

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari YouTube, tetapi langkah pertama dan terpenting yang harus Anda lakukan adalah mendaftar ke Program Mitra YouTube dan pastikan saluran Anda dapat dimonetisasi.

Cara paling populer untuk menghasilkan uang secara online dari YouTube adalah melalui iklan, tetapi Anda juga dapat mencoba metode monetisasi lain seperti langganan saluran, channel Super Chat dan Super Sticker, Merchandise, dan YouTube BrandConnect.

YouTube memungkinkan hampir semua jenis konten dari setiap bidang, mulai dari game reaksi hingga vlog tentang kehidupan sehari-hari anda.

Mengembangkan saluran YouTube mirip dengan blog, yang berarti Anda harus mengunggah konten secara teratur dan konsisten untuk mendapatkan view terbanyak dan juga subscriber. Untuk membuat konten youtube anda dapat menggunakan perangkat lunak pengeditan video dan kamera yang bagus untuk mendapatkan kualitas  gambar video HD dan menjangkau audiens atau mendapat lebih banyak penonton 

Selain itu Juga, jangan lupa untuk mempelajari teknik SEO YouTube seperti menggunakan kata kunci dan tag yang relevan dalam judul video dan mengoptimalkan deskripsi untuk mesin pencari.

11. Menjadi Desainer Grafis

menjadi-desainer-grafis

Dengan digitalisasi dan produksi konten yang terus meningkat, karir desainer grafis kini dicari di mana-mana. Jika Anda memiliki bakat menggambar, Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menghasilkan uang secara online.

Karier seorang desainer grafis sebenarnya mirip dengan seorang web developer. Jika Anda sudah banyak mengetahui bidang seni digital yang ingin Anda tekuni lalu dipelajari, maka anda juga harus mempelajari keterampilan dan software yang Anda butuhkan. Tersedia Banyak kursus-kursus desain grafis yang tersedia di berbagai platform kelas pembelajaran untuk memulai belajar dari nol untuk desain grafis.

Misalnya, desainer web perlu mempelajari dasar-dasar UX, UI, serta HTML dan CSS. Jadi, untuk menjadi seseorang desainer grafis atau logo yang hebat , Anda dapat mempelajari berbagai teori warna, komposisi, tipografi, dan alat desain seperti Adobe Illustrator dan CorelDRAW.

Setelah Anda mulai membuat karya, Anda dapat membuka situs berikut untuk menjual dan mulai melakukan pencapaian anda sebagai seorang desainer simak di bawah ini:

  • Desain Crowd. 

Situs ini Menawarkan berbagai proyek, dari logo dan situs web hingga desain papan reklame.

  • Minty

Untuk seniman yang sudah memiliki keterampilan dan ingin mencari proyek desain dengan kontrak otomatis minty adalah situs yang cocok untuk anda.

  • We Work Remotely

Anda dapat menemukan berbagai jenis permintaan desain di mana saja dengan menggunakan remote di pc lain semisalnya anda mengalami kesulitan tetapi jarak dengan teman anda jauh anda bisa menggunakan we work remotely untuk mengatasi kesulitan saat mendesain tersebut..

  • Fiverr 

Meskipun dapat bekerja dengan hampir semua pekerja lepas, desainer grafis sangat populer di platform ini.

  • 99 desain 

Menyediakan layanan desain grafis berkualitas tinggi di seluruh kategori seperti web dan aplikasi, pakaian dan barang dagangan, serta komersial dan periklanan.

12. Berjualan di TikTok

tiktok jualan

Tadi di atas kita sudah bahas membuat konten tiktok nah untuk Sekarang, setelah berhasil menjadi pembuat konten di TikTok, konten yang sering masuk ke FYP dan banyak pengikut, Anda saat ini dapat mulai berjualan di TikTok dan mencoba cara menghasilkan uang dari TikTok. 

Di Platform ini menyediakan fitur untuk pembuat konten yang ingin menjual secara online di profil mereka, yang dapat diklik pemirsa untuk membeli produk Anda.

Selain itu, TikTok juga menyediakan layanan untuk proses pengiriman barang, sehingga akan memudahkan mereka yang mempromosikan usahanya di TikTok untuk mulai menghasilkan uang di internet melalui platform TikTok.

13. Menawarkan Jasa Admin Medsos

admin sosial media

Selalu Aktif di media sosial bisa menjadi salah satu cara untuk mulai menghasilkan uang melalui internet. Apalagi jika Anda benar-benar memahami manfaat media sosial untuk membangun karakter dan bisnis Anda. Anda bisa melayani individu atau pemilik bisnis yang membutuhkan social media manager.

Anda bisa mempelajari tentang media sosial dengan situs pendidikan seperti Hootsuite Academy. Setelah itu, anda bisa mencari pekerjaan manajemen media sosial di situs-situs seperti Upwork dan Freelancer.

Dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang Anda miliki, Anda juga dapat membangun layanan manajemen media sosial Anda sendiri.

14. Menyediakan Jasa Penulisan CV

jasa penulisan cv

Wabah COVID-19 di Indonesia telah membuat ribuan bahkan puluhan ribu pekerja kehilangan pekerjaan. Untuk menghemat anggaran, perusahaan harus melakukan PHK besar-besaran hal ini terjadi di tahun 2020 lalu.

Namun, dengan penurunan jumlah infeksi pada akhir tahun 2021, berbagai industri mulai bermunculan, dan berbagai posisi menjadi kosong.

Nah, kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang dari internet dengan menawarkan jasa penulisan resume atau CV. Masih banyak sekali pencari kerja yang merasa kesulitan untuk menulis resume/CV yang baik dan benar 

Jika penulisan CV telah benar dan baik maka akan bisa masuk dan disaring melalui program rekrutmen khusus yang disebut ATS (Applicant Tracking System).

Maka dari itu cobalah anda untuk menawarkan jasa CV atau layanan penulisan resume yang dapat lulus penyaringan ATS. Standar ini memiliki banyak contoh resume yang dapat Anda pelajari untuk mulai menghasilkan uang secara online.

15. Jadi Reseller Web Hosting

web hosting domainesia

Cara menghasilkan uang dari internet yang selanjutnya adalah menjadi reseller web hosting. Misalnya, Anda dapat mencoba layanan Hosting . Sdi berbagai penyedia layanan hosting di penyedia hosting ini juga menawarkan jasa web hosting, tetapi mereka juga memiliki program untuk menjadi seorang reseller web hosting.

Program ini akan memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin menghasilkan uang dengan menjadi reseller hosting.

Pada dasarnya, penyedia hosting reseller ini akan memberikan ruang server khusus kepada penggunanya untuk membangun merek hosting web mereka sendiri. Misalnya Nanti Anda bisa:

  • Buat akun hosting web dengan cPanel.
  • Tetapkan batas resource (misalnya, kapasitas ruang disk dan bandwidth).
  • Anda juga bisa mengelola semua akun dengan WHM.

Bahkan jika Anda seorang reseller hosting, Anda tidak perlu memperdulikan aspek teknis terkait pengelolaan server. Tugas utama Anda hanya untuk mendapatkan pengguna baru. Jika Anda memiliki pertanyaan, selain itu Anda juga dapat menghubungi tim dukungan pelanggan atau CS  24/7 untuk mendapatkan bantuan.

Jika Anda sudah memahami cara kerja web hosting, Anda pasti bisa melakukannya. Siapa tahu, ya, bisnis hosting Anda akan berkembang di masa depan? Dan sukses secara pesat dan uang mengalir dengan cepat

16. Membuka Kursus Online

membuat kursus online

Jika Anda memiliki keahlian di suatu bidang, cobalah membuat kursus online. Dan Manfaatkan kesempatan ini untuk menghasilkan uang di internet, misalnya dengan membuat PDF sederhana ke video YouTube atau TikTok.

Beberapa topik kursus online paling populer termasuk keterampilan komputer, kesehatan dan kebugaran, bisnis atau digital marketing, kewirausahaan, keuangan dan investasi, serta pertumbuhan pribadi. Anda dapat membuat situs web e-Commerce dan menjual materi di sana

Namun, jika Anda ingin mencoba beberapa platform ecommerce terlebih dahulu, Anda dapat menjual kursus online seperti di bawah ini:

  • Udemy

 Di udemy ini banyak Meliputi berbagai topik dan menawarkan pelajaran, kuis, latihan pengkodean, dan forum diskusi serta masih banyak lagi.

  • Skillshare

Platform  ini sangat Bagus untuk menjual kursus seni digital dan keterampilan kreatif.

  • Teachable

Teachable ini dapat Memungkinkan Anda bisa membuat kursus online dan sesi pelatihan tanpa batas untuk jumlah siswa yang tidak terbatas.

  • Open Sesame

Open sesame yang Mendukung integrasi dengan beberapa LMS (Learning Management Sistem) untuk aksesibilitas yang lebih baik.

  • Pathwright

Preferensi yang diberikan  dari pathwright untuk kursus online dengan hasil yang nyata. Di pathwright anda harus menyelesaikan langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

17. Menjadi SEO Specialist

jasa seo

Selama orang masih menggunakan Google dan platform sejenisnya untuk mencari informasi, peluang untuk menjadi ahli SEO tetap terbuka. Anda hanya perlu menguasai teknik dan cara meningkatkan peringkat web Anda di Google.

Atau, Anda dapat mengunjungi berbagai forum SEO untuk mempelajari semua tentang SEO dan menjadi ahli SEO yang hebat 

Untuk menjadi seorang jasa SEO di perlukan skill keterampilan yang baik serta di perlukan pengalaman dan cara berfikir yang logis untuk menghasilkan web anda berada di rangking ter atas di google.

18. Jual Barang Preloved di Carousell

jual barang preloved online di carousell

Bisnis jual beli barang preloved ini sangat populer untuk saat ini, terutama di kalangan anak muda. Untuk Cara menghasilkan uang di internet ini sangat sering dan disebut sebagai “thrifting” yang paling banyak dan populer adalah kata “thrifting shop”.

Jadi, jika barang atau pakaian bekas Anda mungkin terlalu kecil atau terlalu besar, atau Anda tidak lagi menyukai modelnya, cobalah menjualnya secara online di Carousell atau di platform grup media sosial untuk menghasilkan uang melalui internet.

Selain itu Beberapa penjual juga menawarkan “paket hemat” bagi mereka yang ingin memulai bisnis hemat. Anda bisa mencoba memulainya dari sini. 

Berikut langkah-langkah mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah dengan bisnis hemat simak di bawah ini:

  • Siapkan beberapa modal

Misalkan anda Beli kemasan pakaian bekas yang berharga dengan harga murah dari pemasok atau reseller.

  • Cuci dan rapikan produk

Bersihkan sebelum dikirim ke pembeli dan sebisa mungkin anda rapikan produknya supaya pelanggan tertarik

  • Ambil foto yang unik dan keren

Foto yang keren dan menyenangkan akan membuatnya terlihat seperti produk baru hal ini dapat menjadi acuan para pembeli 

  • Gunakan kemasan yang baik

Kemasan yang baik akan meningkatkan kredibilitas Anda sebagai penjual dan dengan di kemas dengan baik produk anda akan terlihat seperti baru.

19. Memanfaatkan Cashback

cashback

Industri yang sangat kompetitif saat ini membutuhkan banyak pasar untuk menawarkan diskon besar-besaran atau cashback untuk mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin.

 Nah, cashback ini bisa anda manfaatkan sebagai cara untuk menghasilkan uang dari internet.

Selain itu Anda juga dapat menjual produk-produk digital dari berbagai banyak platform dan juga memanfaatkan cashback yang akan ditawarkan. 

Jangan salah paham, walaupun sepertinya semua orang sudah “melek teknologi” akhir-akhir ini, ada sekian dari beberapa orang yang masih malas atau merasa terlalu ribet untuk menggunakan voucher cashback.

Maka dari itu ,Inilah kesempatan Anda untuk tau cara mendapatkan uang dari internet, manfaatkan cashback dan diskon, lalu jual produk lain dengan harga lebih murah kepada para pelanggan.

20. Jasa Titip Luar Negeri

jasa titip barang luar negeri

Banyak orang ingin membeli produk dari luar negeri tetapi dibatasi di bagian pembayaran. Metode pembayaran untuk pembelian internasional biasanya terbatas pada PayPal atau kartu kredit.

Nah, jika Anda memiliki akun PayPal atau kartu kredit, Anda dapat mencoba menghasilkan uang melalui internet dengan memulai layanan deposit. Anda dapat membuat akun media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda kepada para pelanggan.

Setelah pembeli setuju untuk membeli produk anda, Anda dapat mencari produk di marketplae internasional atau lokal suatu negara, lalu melakukan transaksi, dan kemudian membeli barang tersebut dan mengirimkannya ke pembeli dengan jasa titip luar negeri

21. Berbisnis Direktori Online

direktori bisnis online

Meskipun tidak terlalu populer, direktori online ini dapat menjadi cara mudah untuk menghasilkan uang dari internet.

Sistemnya hampir sama dengan situs loker. Hanya saja, di situs loker, anda sendiri atau perusahaan harus membayar untuk beriklan, atau pengunjung harus membayar biaya berlangganan untuk mengakses lowongan pekerjaan.

Nah, dalam direktori online ini, Anda adalah seseorang yang dibayar bulanan untuk satu daftar direktori.

Dan Juga, jika situs web Anda kredibel atau memiliki banyak backlink, layanan direktori online akan menawarkan keuntungan yang sangat besar.

Untuk contoh misalkan tema utama situs wb anda  adalah pengembangan dan desain web. Dengan Melalui situs ini

Anda sering menghasilkan konten artikel yang berkualitas yang pada akhirnya menarik banyak audiens. 

Kemudian Anda mulai membuat direktori sehingga developer web dan agensi dapat membeli listing anda.

Selain menyediakan backlink authority, direktori online juga dapat mengarahkan trafic ke bisnis anda.

Untuk Biaya berlangganan bulanan biasanya diperlukan untuk memasukkan perusahaan atau bisnis ke dalam daftar. Bahkan ada biaya tambahan untuk mempertahankan posisinya di rank pertama.

22. Menjual Website

jual website di flippa

Yang selanjutnya ada cara menghasilkan uang dari sebuah website yakni  adalah dengan menjualnya.

Ya, Anda tidak salah! Menjual web bisa menjadi cara untuk menghasilkan uang. Namun tentunya keuntungan yang didapat tergantung dari jenis dan kualitas website tersebut.

Situs ini akan menjual lebih dari apa yang biasanya Anda terima setiap bulan. Secara umum, jumlah atau volume penjualan tergantung pada beberapa faktor.

Tapi jangan khawatir, Anda masih bisa menerapkan 12 hingga 30 kali lipat dari harga jual passive income bulanan Anda.

Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi hasil akhir penjualan situs web Anda:

  • usia website
  • Otoritas atau kepemilikan domain.
  • Jumlah trafic yang diterima situs web.
  • Jumlah keuntungan yang dihasilkan dari website.
  • Pendapatan yang beragam.
  • Pendapatan stabil.
  • Perkembangan website, apakah ada kemajuan atau tidak, masih berdiri atau diam di tempat.

23. Menulis dan Menjual eBook

membuat ebook

Kali ini ada yang menulis dan menjual e-book yaitu adalah Penerbitan sendiri atau self-publishing 

buku-buku E-book menjadi semakin populer akhir-akhir ini. 

Bagi Anda yang suka tulis menulis ,mengetik atau berhobi melihat buku tulisan di toko buku online, 

sekaranglah saatnya dan sekaranglah waktunya!

Menulis dan menerbitkan buku digital atau e-book adalah cara menghasilkan uang melalui internet tanpa modal, bahkan ini bisa di lakukan untuk pemula.

Meskipun akan banyak persaingan, jika Anda menulis buku dengan konten yang berinformatif dan bermanfaat seperti misalkan konten edukasi pembelajaran, Anda pasti akan berhasil.

Menerbitkan buku sendiri berarti Anda juga harus mengedit, memformat, mendesain sampul, mengunggahnya ke platform khusus seperti Amazon, menulis deskripsi, dan memasarkannya.

Beberapa tips agar E-book anda laris manis di pasaran atau marketplace :

  • Lakukan riset pasar dan Pastikan Anda menulis buku digital dengan topik yang tidak memiliki banyak persaingan, tetapi tetap memiliki pasar dan memiliki banyak pembaca.
  • Tulis buku dengan informasi berkualitas tinggi dan jangan ragu untuk menyewa jasa editor profesional jika anda bisa melakukan sendiri itu akan lebih menguntungkan.
  • Pekerjakan seorang desainer untuk membuat sampul dan menulis deskripsi singkat yang menarik. Ingat, kedua elemen ini menjadi salah satu faktor terpenting agar buku Anda laku di pasaran.
  • Tulislah serangkaian buku yang mana pastikan buku yang anda buat memuat pengetahuan, informasi, atau cerita yang menarik perhatian pasar.

Anda sendiri yang menentukan kesuksesan Anda sebagai penulis. Tulis ebook terbaik yang Anda bisa dan buat daftar email pembaca potensial untuk dikirim ke newsletter Anda.

Semakin banyak Anda belajar dan mengasah keterampilan menulis Anda, semakin banyak uang yang dapat Anda hasilkan dari menulis di internet.

24. Membuat Email Marketing

cara membuat email marketing

Pernah kan anda melirik inbox gmail anda?

Setiap harinya selalu ada inbox dan gak pernah sepi,

Selalu ada saja ada notifikasi email yang masuk dan beberapa di antaranya adalah newsletter

Newsletter ini di kirim karena ada tujuan tertentu atau ada yang berlangganan pada suatu layanan

Nah? Ketika handphone anda ada masuk notifikasi newsletter inbox.

Pertanyaannya apa yang anda lakukan ketika ada newsletter masuk di inbox anda?

Apakah anda langsung membacanya atau malahan malah di abaikan begitu saja? Atau pernah tidak anda bertanya kok bisa ada inbox masuk?

Nah itu dia yang namanya newsletter email marketing yang telah di bagikan dan di share oleh para pembuat elmail marketing itu sendiri dengan adanya tujuan tertentu misalkan untuk sekedar informasi atau melakukan promosi produk.

Untuk itu Menulis newsletter email dengan niche atau judul tertentu bisa menjadi salah satu cara menghasilkan uang dari internet. 

Selain itu Yang perlu Anda lakukan adalah membuat email dengan pesan yang menarik untuk menarik perhatian sekelompok orang yang menjadi target pasar Anda.

Pengiriman pemasaran email diperlukan untuk menciptakan bisnis yang stabil dan handal. 

Misalnya, theSkimm telah berhasil menghasilkan jutaan dengan mengirimkan buletin email harian

ConvertKit, Drip, MailChimp, dan Aweber adalah contoh platform yang dapat Anda gunakan untuk membuat buletin email.

Berikut adalah beberapa tips kami untuk kampanye pemasaran email yang sukses:

  • Perhatikan niche bisnis Anda dan pilih gaya penulisan pemasaran email.
  • Pilih penyedia atau provider email marketing
  • Buat halaman arahan sederhana dan dorong trafik sebanyak mungkin.
  • Kirim email biasa kepada pengunjung yang telah setuju untuk berlangganan.

Tujuan utamanya adalah untuk membangun kepercayaan antara Anda dan klien Anda. 

Jadi, ketika buletin tiba di kotak masuk mereka, mereka tidak ragu untuk langsung membaca pesannya.

Anda bisa mulai berjualan jika banyak orang yang mengklik dan membaca email marketing yang dikirimkan, seperti:

  • Menyediakan produk digital.
  • Kursus online dengan sistem berlangganan.
  • Kirim penawaran keanggotaan ke pelanggan sius Anda.
  • Memberikan sponsor atau kerjasama.

25. Jual Beli Website

website jual beli

jual beli website ini sama dengan jual beli rumah, namun Anda bisa menghasilkan uang melalui internet tanpa transaksi langsung. Investasikan rumah dengan nilai tinggi, beli dulu lalu perbaiki, lalu jual dengan harga tinggi untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya

Meskipun membeli dan menjual situs web mungkin tampak mudah, Anda tidak boleh buta terhadap tingkat risikonya. Jangan membeli situs web yang sudah Anda ketahui tidak masuk akal.

Berikut adalah beberapa tips untuk membeli dan menjual situs web:

  • Temukan website yang menurut Anda memiliki nilai jual dan masih bisa dikembangkan. Untuk menemukan daftar situs yang dapat Anda beli, anda harus riset pasar seperti Empire Flippers, Flippa, dan “wel sel your site”.
  • Riset terlebih dahulu  data traffic, backlink(profil tautan), dan beberapa alasan mengapa situs Anda dijual.
  • Jika pertanyaan pertama dan kedua sudah terjawab, silahkan beli situsnya sekarang juga.
  • perbaiki kualitas situs web, mengoptimalkan situs web, lalu meningkatkan lalu lintas dan meningkatkan pendapatan atau revenue.
  • Jual website dengan harga yang bersaing.

26. Berinvestasi di Cryptocurrency

invest crypto

Bitcoin berkembang beberapa tahun yang lalu, dan masih banyak peminatnya saat ini. Jika Anda belum pernah berinvestasi Bitcoin atau biasa di sebut dengan mata uang kripto

Maka, sekaranglah saatnya anda mempelajari dan mulai investasi untuk mendapatkan keuntungan.

Faktanya, berinvestasi dalam cryptocurrency sama seperti berinvestasi di bidang lain, dan tentu saja ada risikonya. Namun, dengan mempelajari lebih lanjut tentang cryptocurrency, Anda dapat melakukan investasi jangka panjang yang sukses.

Pertama, dapatkan lebih banyak informasi tentang cryptocurrency dan asah keterampilan investasi Anda. untuk itu anda bisa mengunjungi BitDegree untuk tutorial dan kursus online tentang cryptocurrency.

Selain itu ,Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dengan cryptocurrency, seperti:

  • Investasikan koin sebelum IPO mereka atau sebelum nilainya naik.
  • Pelajari cara memprogram dan menggunakan blockchain.
  • Menjadi penulis atau cryptocurrency writer.
  • Melamar pekerjaan di startup di ruang cryptocurrency.

27. Menjual Karya di Etsy

etsy

Sebenarnya Ada banyak sekali cara untuk menghasilkan uang di internet tanpa harus keluar rumah, salah satunya dengan menjual kerajinan tangan di Etsy. Apalagi jika barang-barang tersebut  Anda yang produksi sendiri yang akan menambah harga jual yang lebih menguntungkan.

Selain menghasilkan uang di internet juga , Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk mengasah kemampuan yang  Anda miliki

Etsy adalah salah satu platform penjualan terbesar untuk semua jenis kerajinan, dari casing atau softcase iPhone hingga rak sederhana hingga cincin dan masih banyak lagi.

Anda tidak perlu memiliki situs web terlebih dahulu atau bahkan login dengan membuat foto profil dan beberapa kolom yang harus di isi seperti di media sosial. 

Etsy sudah memiliki banyak member yang tentunya bisa Anda manfaatkan.

Selain itu Juga, jika Anda sudah memiliki pelanggan tetap, Anda dapat mulai membuat website toko online yang menjual produk Anda sendiri seperti contohnya produk kerajinan.

Tips Sukses Berjualan di Etsy:

  • Lakukan riset terlebih dahulu untuk memastikan produk Anda akan menarik minat orang-orang di Etsy.
  • Hitung waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi suatu produk. Apakah harga jual sepadan dengan waktu produksi dan biaya material?
  • Buat daftar kelebihan produk serta kekurangan  dari produk Anda. Agar laris di pasaran, produk Anda harus memiliki keunikan tersendiri, namun tidak melebihi selera pembeli.

28. Menjual Barang di Amazon

amazon

Amazon adalah salah satu pasar online terbesar dengan ribuan produk terdaftar. Anda dapat menggunakannya sebagai cara untuk menghasilkan uang di internet.

Pertama, cari produk yang murah atau sesuai anggaran Anda. Kemudian, beri merek di bawah merek Anda sendiri dan jual kembali dengan harga lebih tinggi.

Untuk pengiriman, Anda dapat melakukannya sendiri atau anda bisa bekerja sama dengan suplier /produsen. Setelah itu Mereka akan mengemas produk dan mengirimkannya ke pembeli.

29. Membuat dan Menjual Software

jual software

Belajar Pemrograman  membuka banyak peluang, seperti persiapan menjadi freelancer di bidang IT atau membuat dan mengembangkan software sendiri.

Ada banyak software yang dikembangkan oleh perusahaan ternama, seperti Google Play atau Apple Store. Namun, pengembang di balik perangkat lunak ini juga orang biasa.

Orang biasa tetapi otaknya yang luar biasa seperti inilah seorang pemrograman yang harus mempelajari banyak hal tentang pengkodean atau bahasa pemrograman supaya anda bisa mulai dengan menghasilkan uang di internet dengan mudah 

Berikut adalah beberapa tips untuk menghasilkan uang dari internet dengan mengembangkan perangkat lunak / software:

  • Lakukan riset pasar. Cari tahu jenis aplikasi apa yang paling dibutuhkan dan diinginkan oleh banyak orang.
  • Kembangkan versi MVP.
  • Mintalah kritik dan saran dari pengguna dan penguji beta.
  • Tindak lanjuti kritik dan saran tersebut.
  • Lakukan Kampanye pemasaran berdasarkan anggaran.

Untuk referensi, Anda dapat membaca kisah Nathan Barry, yaitu dia adalah seorang pendiri ConvertKit, yang berhasil membangun startup perangkat lunaknya sendiri yang berhasil menjual produk softwarenya hingga mendapatkan penghargaan dan uang ratusan juta.

Atau, Anda bisa menjadi freelancer dengan mencari pekerjaan di Upwork dan Freelancer. Juga, ada Remoteok.io, yang mengiklankan pekerjaan pemrograman jarak jauh.

30. Guru Bahasa Inggris Online

belajar bahasa inggris

Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran yang mau tidak mau harus dikuasai sejak usia dini. Ada banyak persyaratan akademik dan pekerjaan yang mengharuskan kita untuk menguasai bahasa Inggris.

Nah, jika Anda mahir berbahasa Inggris dan memiliki teori yang baik, Anda dapat mencoba meningkatkan penghasilan internet Anda dengan menjadi guru bahasa Inggris online.

Untuk meningkatkan peluang Anda untuk masuk perguruan bahasa inggris online anda bisa mengikuti program ESL sampai mendapatkan sertifikat.

Setelah itu, Anda bisa mendapatkan hingga $25 hanya dengan mengajar bahasa Inggris melalui Skype atau platform media sosial lainnya.

Beberapa website yang menawarkan lowongan guru online bahasa inggris:

  • Learn4Good
  • Remote.co
  • VerbalPlanet
  • Chegg Tutors

31. Membuat Situs Lowongan Kerja

situs lowongan kerja

Tahukah Anda bahwa situs loker juga bisa menjadi sumber penghasilan internet?

Jika Anda memiliki situs loker, mereka yang sedang mencari pekerja dengan kriteria yang sudah di tentukan mereka tentu akan memasangkan iklan di website Anda. 

Setelah itu para pencari kerja akan beramai-ramai untuk mendaftar kerja di tempat perusahaan  anda.

Sebetulnya Ada dua cara untuk menghasilkan uang di internet melalui website loker ini, dengan membebankan pengiklan loker dan dengan membebankan biaya berlangganan bulanan kepada pengunjung 

sehingga mereka para pelamar kerja dapat melihat lowongan pekerjaan yang sudah tersedia dan selanjutnya mereka akan mengirimkan aplikasi lamaran kerja ke link atau form yang telah di sediakan.

Cobalah untuk mendapatkan sebanyak mungkin traffic ke situs web Anda sebelum memberikan ruang untuk iklan loker Anda. 

Perusahaan tidak akan memasang iklan pekerjaan di situs web yang tidak dapat menghubungkan pelamar kerja yang memenuhi syarat dan memenuhi kualifikasi

Seperti Contoh situs loker yang sukses adalah ProBlogger Job Board. Metode yang digunakan adalah dengan memungut biaya pemasangan iklan loker pada perusahaan dan perorangan.

Sedangkan bagi pencari kerja dapat mengakses dan melamar bidang yang diinginkan secara gratis. Situs ini juga telah berhasil membangun persona online dengan audiens yang besar.

Tidak ada keraguan bahwa iklan loker ini akan menarik ratusan para mereka yang mencari kerja.

32. Developer Website

web developer

Untuk menjadi seorang web developer, Anda harus belajar coding terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan layanan yang ada untuk mulai membangun situs web dan menerapkan coding yang telah Anda pelajari. 

Setelah itu, jika Anda sudah mahir, kunjungi situs pekerjaan seperti Upwork dan Freelancer untuk menemukan pekerjaan yang tepat untuk Anda.

Anda juga dapat membuat situs web dengan menyertakan portofolio di dalamnya. Namun sebelum itu, tentukan niche-nya.

Misalnya, Anda hanya menyediakan jasa pembuatan website untuk agen real estate dan perusahaan manajemen properti, atau Anda mengkhususkan diri dalam mengembangkan situs web e-commerce menggunakan platform WooCommerce dan WordPress.

33. Narator Buku Suara

narator buku suara

Semakin populernya buku audio atau book audio baru-baru ini menunjukkan bahwa banyak orang telah beralih dari buku cetak atau ke buku audio. 

Kemungkinan Mereka lebih suka “mendengarkan buku” daripada membacanya. Namun, koleksi audiobook tidak sebesar buku cetak.

Jika Anda suka membaca dan memiliki suara yang bagus, narator buku suara bisa menjadi pekerjaan yang menjanjikan.

Untuk pertama kalinya, Anda dapat bergabung dengan ACX dengan membuat akun. Platform ini akan mempertemukan narator dan penulis buku.

Anda juga bisa langsung Siapkan microphone dan software recording dengan kualitas suara yang jernih. Kemudian buat beberapa contoh suara saat membaca buku.

Jika Anda ingin memperluas jangkauan Anda, buat akun di Upwork dan pilih Pekerjaan Narasi Buku Audio.

34. Content Creator di Instagram

content creator instagram

Sebagai salah satu platform media sosial yang paling cepat berkembang ialah Instagram yang bisa menjadi tempat yang cocok untuk mendapatkan penghasilan. Salah satu Kuncinya adalah memiliki banyak pengikut atau follower.

Memang sih ini akan meningkatkan jumlah pengikut hingga ribuan bahkan jutaan 

Hal ini memang bukanlah tugas yang mudah. Namun, itu akan sebanding dengan pendapatan online yang diperoleh.

Umumnya, biaya posting konten tergantung pada jumlah pengikut dan seberapa aktif mereka melihat dan menyukai posting Anda. 

Jika Anda benar-benar ingin bekerja di bidang ini, bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan ratusan bahkan jutaan rupiah dari sekali posting.

Salah satu cara termudah untuk meningkatkan pengikut Anda adalah dengan memposting foto Instagram. 

Selain itu Anda juga dapat mempelajari tentang format dan konsep Flat Lay, penggunaan filter, sudut pengambilan foto, pengeditan foto, dan yang terpenting, keunikannya.

35. Menjadi Podcaster

podcaster

Apakah Anda senang berbagi cerita atau mendapatkan informasi melalui wawancara? 

Podcasting bisa menjadi salah satu cara untuk menghasilkan uang dii internet, bahkan tanpa harus membayar dengan PayPal atau tanpa modal sekalipun.

Podcast ini populer karena dapat menjadi teman atau sahabat dalam situasi apa pun, 

Jika anda sedang bepergian, bekerja, atau hanya bersantai anda bisa temani dengan podcast

Untuk menjadi podcaster yang sukses dan terbaik, ada dua hal yang perlu dipertimbangkan: yaitu  kualitas audio dan konten.

Untuk memahami cara kerja podcast, luangkan waktu anda sejenak untuk mendengarkan podcast di aplikasi iTunes atau aplikasi android seperti Spotify contohnya. 

Dengarkan beberapa podcast dan perhatikan kesamaannya, seperti seberapa menarik ceritanya, komedi atau humor, perspektif unik, dan ciri khas yang uniknya.

Pendapatan podcast akan bergantung pada jumlah pengikut dan seberapa sering podcast Anda didengarkan. 

Intinya Semakin banyak pengikut, semakin banyak unduhan podcast dan semakin banyak pendapatan yang Anda peroleh.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat podcasting lebih menguntungkan dan dapat menghasilkan uang:

  • Jual produk dan layanan yang terkait dengan topik podcast.
  • Selesaikan podcast dengan membuat situs keanggotaan.
  • Tawarkan sponsor atau kolaborasi di awal setiap episode podcast.
  • Donasi secara publik ke podcast.

36. Penulis Lepas (Freelance)

cara menghasilkan uang dari internet jadi penulis lepas

Padahal, kegiatan menulis bisa menghasilkan uang bagi seseorang sejak dulu, terutama di dunia online. Jika Anda tidak memiliki pengalaman di lapangan, Anda bahkan tidak perlu khawatir.

Pertama, pilih topik dan jenis konten yang ingin Anda tulis. Misalnya:

  • Postingan Blog untuk Situs Web SaaS
  • Menyalin atau memasarkan teks di situs web real estate
  • Email Pemasaran untuk Situs Web Kesehatan dan Kebugaran

Setelah memilih topik, lakukan beberapa contoh penulisan untuk membantu Anda menemukan pekerjaan.

Anda dapat menggunakan platform freelance jasa penulis atau mengunggah sampel tulisan ke situs web seperti Medium atau LinkedIn.

37. Menjual Desain

cara menghasilkan uang dari internet menjual desain

Cara menghasilkan uang di internet yang selanjutnya adalah dengan bergabung di situs seperti misalkan platform Society6. 

Pada platform ini, Anda dapat mengunggah produk desain dan menjual banyak desain yang dapat digunakan pada berbagai item, seperti casing / softcase smartphone, t-shirt (kaos), permadani, dan lainnya.

Platform Society6 tidak membebankan uang muka apa pun. Anda dapat menjual desain Anda secara instan dan menghasilkan pendapatan secara online.

Untuk langkah langkahnya pertama anda bisa Buka saja “Toko Online”, lalu anda unggah desain yang akan Anda  pasarkan dan pilih item atau produk desain Anda. selain itu Produk penjualan anda  juga bisa dikirim sesuai permintaan konsumen.

38. Mencoba Micro Job

micro job

Microtasks atau pekerjaan mikro adalah tugas atau pekerjaan yang sangat  membutuhkan ketelitian dan kecerdasan yang tinggi untuk menyelesaikannya. 

Untuk di zaman ini di mana semuanya serba otomatis, ada pekerjaan yang hanya bisa dilakukan oleh manusia.

Pekerjaan yang dimaksud adalah pekerjaan kecil dan mudah yang tidak memerlukan keterampilan teknis apa pun. 

Misalnya, meminta Anda untuk memeriksa kembali hasil pencarian untuk kata kunci tertentu, menerjemahkan paragraf, atau mengkategorikan tone dan feel sebuah artikel.

Yang Anda butuhkan hanyalah sebuah PC komputer dan dengan koneksi internet yang lancar. 

Yang Salah satu platform yang menawarkan pekerjaan ini adalah Amazon Mechanical Turk.

39. Bergabung di Clarity.FM

clarity.fm

Sekarang Cobalah anda bergabung dengan situs web seperti Clarity.FM, Savvy.is, dan Coach.me dan anda di situs web tersebut bisa langsung membagikan keahlian Anda. karena Ketiga situs ini menghubungkan Anda dengan banyak pelanggan.

Meskipun tidak menghasilkan banyak pendapatan, bergabung dengan Clarity.FM yang dapat menjadi salah satu  cara untuk menghasilkan uang dari internet dalam waktu yang  singkat. Cukup buat akun untuk lalu bagikan  informasi atau pengetahuan Anda.

40. Remote Working

remote working

Jika Anda menginginkan karir baru, atau tidak ingin berada dalam situasi tersulit , silahkan anda coba gunakan sistem jarak jauh untuk mencari pekerjaan. 

Saat ini, banyak perusahaan mencari karyawan paruh waktu dan penuh waktu dengan sistem WFH (work from home)

Seringkali, posisi jarak jauh ditawarkan, seperti dukungan pelanggan, desainer, atau apa pun yang sedang Anda kerjakan.

Informasi kerja jarak jauh dapat dicari di Internet, misalnya dengan mengunjungi beberapa situs seperti Flexjobs, SolidGigs, We Work Remotely, dan Remote.

41. Jadi Penerjemah Subtitle Film

penerjemah film

Jika Anda tahu bahasa asing, cobalah menjadi penerjemah lepas (subtitle) untuk subtitle film. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Yang pertama Anda harus memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, senang menonton film, mengikuti perkembangan dunia perfilman, duduk berjam-jam mendengarkan jalan cerita tanpa mudah bosan, dan yang terpenting, mampu bekerja cepat dan mampu bertahan di bawah tekanan.

Nah, jika Anda tertarik dengan bidang ini, Anda bisa mencoba melamar melalui situs-situs seperti Jobstreet, SribuLancer atau Upwork.

42. Korektor atau Proofreader

proofreading

Tugas seorang proofreader atau korektor adalah memeriksa kualitas teks. Proofreader bertanggung jawab untuk memastikan bahwa teks bebas dari kesalahan ejaan, tata bahasa, tanda baca, spasi, dan pemformatan.

Jurusan ini biasanya ditawarkan oleh penerbit buku. Anda dapat mengirim aplikasi Anda melalui situs web resmi atau mengunjungi kantor secara langsung.

Namun, jika Anda ingin bekerja dari rumah, Anda dapat mengunjungi situs Freelancer Indonesia dan Scribendi. Kedua situs ini menghubungkan Anda dengan klien yang membutuhkan layanan proofreading.

43. Menawarkan Sistem Keanggotaan

subscription

Situs keanggotaan telah mendapatkan banyak minat akhir-akhir ini. Meskipun jumlah pemirsa yang mengunjungi situs web menjadi faktor utama, proses pembuatannya mudah.

Misalnya, Mark Manson mengelola blog tentang pengembangan diri. Di situs webnya, ia menawarkan sistem keanggotaan sehingga pembaca dapat mengakses kursus online, video, dan artikel lainnya.

Terlihat bahwa penonton mengunjungi sebuah website atau blog karena menyukai apa yang dibahas dan cara penyampaiannya. Orang-orang ini cenderung menjadi pengunjung setia blog mark manson tadi.

Nah, disini Anda bisa mencoba mencari uang dari internet dengan menawarkan sistem keanggotaan agar pengunjung Anda bisa mengakses konten premium yang telah anda buat.

Tidak semua orang akan tertarik dengan promosi afiliasi Anda. Namun, promosi ini akan menjadi penawaran khusus bagi mereka yang menyukai konten blog Anda.

Sistem keanggotaan ini tergantung pada jenis atau tema website dan jumlah konten berkualitas yang akan dibuat.

44. Menyewakan Ruang Beriklan

online ads

Biasanya, persewaan ruang iklan dilakukan oleh situs yang sudah memiliki trafik tinggi. Jika traffic website Anda terus bertambah,  lalu saatnya anda mempertimbangkan cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat dan instan.

Selain kebijakan jaringan iklan, pembayaran didasarkan pada total tayangan atau klik.

Jaringan iklan yang populer di kalangan blogger dan pemilik situs web  namanya adalah Google AdSense. 

Untuk menggunakannya, Anda harus mendaftarkan diri. Jika diterima dan diverifikasi, iklan siap ditempatkan di situs web Anda dan di tampilkan di website anda..

Selain Google AdSense, Ezoic dan Media mengevaluasi situs terdaftar. Gunakan kedua jaringan untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan pendapatan iklan.

Selain itu untuk Cara menghasilkan uang di internet juga bisa Anda lakukan tanpa perlu bergabung dengan jaringan khusus. Jika Anda sudah memiliki audiens, coba sewakan ruang iklan ke bisnis serupa lainnya.

Misalnya, situs web Anda berisi berbagai informasi tentang seputar bisnis misalkan  setelah itu. Untuk mendapatkan uang dari iklan, Anda bisa menyewakan ruang iklan ke perusahaan bisnis terbesar yang ada di indonesia

Pilihan lainnya adalah membuat konten berbayar. Perusahaan akan membayar Anda untuk menulis konten bersponsor. Konten ini akan dipublikasikan dan di tampilkan di situs web Anda.

45. Melamar Sebagai Asisten Virtual

assisten virtual

Jika Anda pandai membuat dan mengelola rencana, menjadi asisten virtual anda  bisa menjadi cara untuk menghasilkan uang. Peran ini bertanggung jawab untuk berbagai tugas seperti pembukuan, entri data, email, penelitian, dll.

Selain dengan menjadi sumber penghasilan, menjadi asisten virtual menawarkan Anda kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang penting, terutama karena layanan ini semakin diminati.

Pemilik usaha kecil saat ini lebih memilih untuk menyewa layanan asisten virtual daripada karyawan penuh waktu

46. Menawarkan Jasa di Website

membuat website jasa

Cara lain untuk menghasilkan uang dari internet adalah dengan menawarkan layanan dan layanan di situs web seperti jasa pembuatan website atau jasa google ads di baotme.com.

Ada dua strategi, yaitu:

Membuat Blog Edukasi

Buat blog dengan topik penting. Misalkan Anda memiliki blog yang membahas tentang teknik pertukangan. 

Kemudian, Anda telah berhasil mengundang pengunjung untuk berlangganan konten situs. Alirannya naik dan stabil.

Nah, strategi selanjutnya adalah menambahkan halaman layanan dengan informasi dan pelajaran tentang pertukangan kayu. 

Pembelajaran ini dapat bersifat pribadi (per pelanggan) atau melalui media seperti Skype.

Membuat Website sederhana

Buat situs web sederhana di platform WordPress dan tawarkan layanan Anda kepada individu dan perusahaan. 

Misalnya, Anda sedang mencari lowongan pekerjaan untuk penulis lepas. Pilih ceruk yang tepat dan mulailah membangun situs web sederhana.

Tambahkan beberapa halaman penting dengan informasi tentang diri Anda, layanan yang ditawarkan, dan contoh hasil tulisan.

Temukan prospek dengan membuat posting tamu, wawancara podcast, atau menerapkan taktik promosi dingin.

Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih memuaskan, Anda bisa mencoba menggabungkan kedua cara di atas.

47. Membuat dan Menjual Tema, Plugin WordPress

jual template dan plugin

Keterampilan pengkodean yang terkait dengan webdeveloper yang  berpotensi digunakan sebagai cara untuk menghasilkan uang dari internet.

Tidak hanya melalui jasa pembuatan website, Anda juga bisa menjual theme dan plugin website WordPress. Faktanya, menjual tema WordPress dapat menghasilkan keuntungan hingga $1 juta dari satu pasar.

Nah, pertama-tama, Anda dapat membuat berbagai tema dan plugin yang dibutuhkan pengguna Anda. Pastikan kualitas terbaik yang Anda tawarkan. Anda kemudian dapat menjualnya melalui situs web pribadi Anda menggunakan sistem premium.

Untuk menjangkau audiens yang lebih besar, Anda dapat bergabung dengan beberapa pasar, seperti ThemeForest dan TemplateMonster. Kemudian, tingkatkan penjualan Anda. Beberapa pasar akan menghadiahi Anda dengan sistem tier berdasarkan jumlah penjualan yang Anda lakukan.

48. Jual Beli  Domain

jual beli domain

Domain adalah alamat situs web yang digunakan sebagai identitas online.

Apalagi bagi para pebisnis, nama domain sangat penting bagi brand nya. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang rela mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan nama domain yang ideal dan unik.

Namun, ada juga orang yang memanfaatkan promosi nama domain untuk mengeluarkan sedikit uang.

Ini sering digunakan untuk mendapatkan keuntungan dengan membeli dan menjual nama domain atau bisnis membalik nama domain. 

Tidak ada keraguan bahwa satu nama domain menjual berkali-kali lebih banyak daripada voice.com. Harganya lebih dari $30 juta!

Jika Anda tertarik, flipping domain name ini bisa menjadi cara mudah menghasilkan uang dari internet.

Sebagai langkah pertama, Anda dapat membeli nama domain.  Lalu Daftar untuk dijual kemudian ditampilkan di situs web dengan domain tersebut. 

Atau, Anda dapat bergabung dengan pertukaran domain seperti Flippa dan Sedo.

Untuk beberapa manfaat, berikut adalah beberapa tips untuk melakukan flipping domain:

  • Pilih kategori tertentu yang Anda ketahui. Misalnya, teknologi atau real estate
  • Pertimbangkan nama dengan nilai jual kembali yang tinggi sebelum membeli.
  • Periksa ketersediaan domain dengan ekstensi yang berbeda.
  • Pertimbangkan harga saat membeli nama domain potensial.
  • Gunakan berbagai media untuk meningkatkan penjualan Anda.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang Di Internet Tanpa Modal

49. Menjual Kerajinan Tangan Online

landing page

Untuk yang satu ini dengan men jual kerajinan tangan secara online anda perlu promosi di sosial media ataupun di website 

Kenapa demikian ?

Karen Mengelola bisnis kerajinan akan jauh lebih mudah dengan kita promosi di marketplace misalkan ataupun lewat media sosial ataupun di website anda

Selain itu Anda dapat mengelola inventaris, mengelola pesanan, pengiriman, dan menghubungi pelanggan langsung dari satu dasbor dengan lebih mudah untuk promosi kerajian anda melalui website

Hal ini merupakan salah satu cara instan untuk berjualan kerajinan anda secara online dan juga cara mendapatkan uang dari internet.

50. Mengikuti Kontes Desain Online

ikuti kontes desain online

Bagi Anda yang menyukai dunia desain grafis dan memiliki bakat serta skill untuk mendesain logo menggunakan Corel Draw, Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator, 

Anda harus mencoba mengikuti kontes desain online 

Kenapa harus mencoba? karena Anda mengikuti kontes desain ini akan dibayar dalam dolar AS.

Kontes desain online adalah sebuah kontes yang mana menampilkan karya desain  yang  mana karya seni ini di tampilkan di tempat pertemuan bagi para desainer grafis di seluruh dunia untuk memamerkan karya terbaik mereka untuk hadiah berupa uang tunai yang dibayarkan dalam dolar AS sebagai mata uang internasional.

Maka dari itu selain datang ke tempat pertemuan ada juga salah satu platform yang akan memamerkan hasil karya seni yang terbentuk seperti toko online yang nantinya akan di lihat pelanggan untuk di beli dengan karya seni yang bagus unik dan menarik

Nah di situlah muncul kehadiran cuan muncul kehadiran uang yang akan di dapatkan melalui internet dengan secara instan dan mudah.

51. Menjadi Freelancer Data Entry

freelance data entry

Seperti namanya, entri data adalah pekerjaan memasukkan data ke dalam suatu sistem.

Ada banyak jenis pekerjaan dari freelancer data enty, dari pekerjaan yang membutuhkan keterampilan khusus hingga pekerjaan sederhana. 

Salah satu Contohnya adalah entri captcha, yang akan diminta untuk Anda gunakan di situs web.

Kami merekomendasikan entri captcha sebagai pekerjaan sampingan, karena hasilnya tidak sebagus metode lain. 

Namun, siapa pun dapat melakukan pekerjaan ini bisa dari rumah tanpa kualifikasi khusus.

Caranya adalah, Anda cukup bergabung dengan salah satu platform seperti 2captcha dan mulai memproses entri data kapan pun Anda mau.

Selain itu Uang yang dihasilkan dari 1000 kode verifikasi bisa mencapai $1, yang akan masuk ke akun PerfectMoney yang terdaftar.

Kesimpulan

Oke selesai sudah dari awal sampai akhir kata ini  untuk simpulan dari semua pekerjaan di atas dapat digunakan sebagai sumber pendapatan utama ataupun penghasilan sampingan 

Terlebih lagi Anda tidak harus melakukan semuanya, cukup pilih salah satu yang paling Anda sukai. 

Selalu Asah keterampilan Anda dan coba keberuntungan Anda dengan mendaftar di banyak situs web atau perusahaan yang membutuhkan keterampilan Anda.

Ingatlah bahwa metode cara mendapatkan uang dari internet yang kita bahas dalam artikel ini untuk menghasilkan uang melalui internet tidak serta merta memberi Anda banyak uang. 

Bekerja dengan sepenuh hati. Ketika keahlian dan tingkat keahlian Anda meningkat, pendapatan Anda juga meningkat. Seperti itulah caranya semoga bermanfaat dan memberikan solusi bagi anda yang masih nganggur atau anda yang mencari pekerjaan bahwa sana anda datang ke artikel yang tepat 

Oke sekian dan terimakasih!

helmi fadlilah Seorang website developer & digital marketer yang ingin terus berbagi lewat tulisan dan membantu anda mencapai tujuan di bisnis anda.

Cara Memulai Bisnis Online Di tahun 2023

Untuk memulai bisnis di tahun 2023 ini perlu yang namanya sebuah stategi untuk mencapai sebuah keberhasilan apalagi sekarang di tahun 2023 semua serba menggunakan...
helmi fadlilah
13 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *