(vpn chrome app, what is vpn app for iphone, free vpn without app, easy vpn app store, cloud vpn app, vpn server app, best vpn in app store, what is a vpn app, android vpn app apk, mac app store vpn, opera vpn app, cisco vpn app for iphone, best paid vpn app for android, best vpn app for china, vpn mac app, what is vpn app, best free vpn app for android phones, vpn token app, pia vpn app, best cheapest car insurance company, who is the best car insurance company for young drivers, best term insurance company, best online car insurance company, best insurance company for drivers with points, best cheap car insurance company, best company for auto insurance, best cheapest auto insurance company, best car insurance company for new drivers, best company for car insurance, cheapest best auto insurance company, which is the best insurance company for auto, what is the best home and auto insurance company, what is the best and cheapest auto insurance company, best and cheapest car insurance company, best company for home and auto insurance, navigators insurance company am best rating, best car insurance company 2015, what is the best insurance company for auto, best car insurance company california, usda loan mortgage companies, qualifications for a conventional mortgage loan, mortgage home loan process, va mortgage loan credit score requirements, what is the mortgage rate for a va loan, how to apply for a va mortgage loan, mortgage loan omaha, movement mortgage va loan, sierra pacific mortgage my home loan, when to refinance mortgage loan, how much is a jumbo mortgage loan, mortgage loan options for first time home buyers, mortgage loan income to debt ratio, what does it take to be a mortgage loan officer, refinance mortgage and equity loan, qualify for a fha mortgage loan, second mortgage or home equity loan, advantages of a va mortgage loan, va mortgage loan closing costs, apply for mortgage loan online with bad credit)

helmi fadlilah Seorang website developer & digital marketer yang ingin terus berbagi lewat tulisan dan membantu anda mencapai tujuan di bisnis anda.

Review ROG Strix Scar 16, Laptop Gaming Paling Powerful

2 min read

rog strix scar 16

ASUS merilis ROG Strix Scar 16, laptop berperforma tinggi yang sangat kompetitif di kelasnya. Laptop gaming ini mengusung ultraperforma i9+ RTX 4080, layar LED mini dengan tampilan indah, dan desain yang khas. Diimbangi dengan ukuran yang lebih ringkas dan ringan di kelas laptop khusus gaming, menjadikannya format laptop jadi lebih serbaguna bagi kamu yang perlu membawa komputer ke kantor atau sekolah setiap hari.

Fitur Unggulan ASUS ROG Strix Scar 16

ROG Strix Scar 16 menawarkan layar LED mini yang indah dengan dukungan HDR, serta tata letak keyboard yang lebih minimalis. Selain itu, masih banyak fitur unggulan ROG Strix Scar 16 yang mendukung permainan kamu jadi lebih unggul, seperti berikut ini.

  1. Desain Ergonomis

ROG Strix Scar 16 adalah laptop berukuran sedang yang tidak bertujuan untuk menjadi kompak, tipis, ringan. Namun, dengan ukuran 355 x 265 x 30 mm dan berat 2,6 kg, laptop ini bertujuan untuk memaksimalkan kinerja dan kemampuan pendinginan yang dimungkinkan dalam sasis 16 inci. Sasis utamanya masih terbuat dari plastik, dengan finishing halus pada bagian interior dan finishing lebih kasar pada bagian tepi dan bawah, sedangkan penutup tutupnya terbuat dari aluminium solid berwarna hitam. 

Ukuran 16 inci dan format 16:10, layar laptop gaming ini tampil lebih besar, lebih tinggi, dan bezel yang lebih kecil dibandingkan tipe sebelumnya. Sedangkan untuk bagian belakang laptop kini seluruhnya digunakan untuk sistem pendinginan. Di bagian kiri bodi tersedia port daya listrik, port LAN, HDMI 2.1 FRL ukuran penuh, dan dua port USB-C. 

ROG Strix Scar 16 tampil ergonomis dengan sudut tumpul, engsel kuat yang memudahkan penyesuaian dengan satu tangan, dan cengkeraman luar biasa yang diberikan oleh kaki karet besar. ASUS menerapkan LED dengan indikator besar ditempatkan tepat di bawah layar, sejajar dengan pandangan, dan terus berkedip. ASUS juga memperbarui pencahayaan RGB, dengan bilah lampu di bagian depan dan belakang laptop, serta logo RGB di penutupnya. 

  1. Keyboard dan Trackpad

Scar 16 menawarkan model keyboard berukuran penuh seperti seri ROG sebelumnya. Tata letak keyboard minimalis dengan dek tengah berisi tombol utama dengan ukuran dan jarak yang tepat, dan tanpa bagian papan angka. 

Namun, ada kolom tombol media di sisi kanan, dan lima tombol lain ditempatkan secara terpisah di kiri atas, seperti pada kebanyakan perangkat ROG lainnya. Tombol panah telah diperbarui dengan ukuran penuh yang saling terkait di antara tombol lain di sisi kanan bawah. Tombol keyboard memiliki lampu latar RGB, dengan kontrol per tombol yang cukup terang dan seragam.

  1. Layar Mini Kemampuan Maksi

ROG Strix Scar 16 mengusung layar 16 inci 16:10 dengan opsi panel IPS atau mini LED ROG Nebula HDR. Layar tersebut menghadirkan kecerahan puncak SDR 900+ nits dengan cakupan warna 100% DCI-P3, dan warna hitam luar biasa kontras. Panel ini memiliki refresh rate 240Hz dengan waktu respon cepat, merupakan fitur yang wajib dimiliki pada laptop gaming untuk gambar yang mulus saat bermain game.

Keistimewaan lain panel layar yang sudah bersertifikasi Pantone ini, menawarkan reproduksi gambar yang seragam dan akurat, serta kecerahan yang lebih tinggi  dibandingkan opsi panel IPS biasa. Penanganan pantulan juga lebih baik dibandingkan varian OLED. Keunggulan tersebut menjadikan laptop ini bisa digunakan untuk pekerjaan dengan akurasi warna, seperti mengedit gambar atau video. 

  1. Kinerja Hardware Tinggi

ROG Strix Scar 16 ditenagai oleh prosesor Intel Core i9-13980HX, memori DDR5-4800 32GB, penyimpanan SSD cepat 2TB+2TB PCle, serta kartu grafis Nvidia RTX 4080 yang terintegrasi dalam prosesor Intel. Secara spesifik, ROG Strix Scar 16 ini dibangun dengan perangkat keras Intel dan Nvidia terbaru yang mampu berjalan berjalan hingga 175W dengan Dynamic Boost. 

Core i9-13980HX adalah prosesor generasi ke-13, dengan 24 Core, 32 Thread, yang memungkinkan prosesor bekerja dengan daya berkelanjutan pada beban CPU yang berat. 

  1. Sistem Pendingin Terbaru

ASUS telah memperbarui sepenuhnya desain termal Scar 16 ini dibandingkan generasi sebelumnya. Kini terdapat tiga kipas, satu set pipa panas yang lebih luas, dan radiator di samping dan di seluruh tepi belakang. 

Sistem pendingin menerapkan heatsink ukuran besar di seluruh bagian belakang dengan pipa panas di bagian atas yang mengalir ke pipa panas CPU/GPU utama. Hasilnya, suhu komponen-komponen di Scar 16 menurun dan membantu aliran udara segar pada  hardware dan perangkat secara keseluruhan. Laptop tidak akan terasa panas saat kamu gunakan untuk bermain game.

  1. Baterai Awet

Tersedia baterai 4-cell Li-ion sama seperti generasi sebelumnya. Baterai bekerja dengan 90 WHs dan mampu bertahan berjam-jam saat kamu bermain game dengan Mode Performa, layar 50%, WiFi aktif. Baterai terisi penuh dari 10% dalam waktu sekitar 2 jam, dengan fitur pengisian cepat selama setengah jam pertama. 

Secara keseluruhan, ROG Strix Scar 16 adalah laptop gaming dengan paket kompetitif yang menonjol. Berkat kinerjanya, modul pendingin yang luar biasa, tampilan LED mini, dan fitur-fitur lain membuat laptop ini tidak dapat ditandingi oleh sebagian besar laptop lain di kelasnya. Melengkapi diri dengan perangkat terbaik akan menempatkanmu pada posisi teratas di semua permainan.

helmi fadlilah Seorang website developer & digital marketer yang ingin terus berbagi lewat tulisan dan membantu anda mencapai tujuan di bisnis anda.