Tata Cara Sholat Tarawih dirumah

Tata Cara Sholat Tarawih dirumah 8 Rokaat Dengan Witir Doa Lengkap

Table of Contents

Baotme.com – Tata Cara Sholat Tarawih dirumah, sholat tarawih merupakan sembahyang sunah spesial pada bulan Ramadan yang pengerjaannya dilakukan sehabis sembahyang isya sampai sebelum memasuki saat dinihari. sholat tarawih bisa dicoba 8 rakaat ataupun 20 rakaat, dilanjutkan dengan 3 rakaat doa witir serta doa buat penutup.

Keistimewaan sholat tarawih bisa merujuk riwayat Abu Hurairah, bahwa Rasul Muhammad saw. menyarankan sholat Ramadan kepada para sahabat tanpa perintah kalau sholat itu harus. Rasulullah saw. berfirman,” Barangsiapa melakukan qiyam( sholat) ramadan karna iman serta mengharap pahala, pasti diampuni dosanya yang sudah lalu”( H. R. Bukhari dan Muslim).

Sholat tarawih bisa dilakukan dengan berjamaah ataupun sendiri. Dalam wabah virus Corona( COVID- 19), Menteri Agama telah menerbitkan Surat Edaran No 6 Tahun 2020 mengenai pedoman Ibadah Ramadan serta Idul Fitri 1 Syawal 1441H di tengah wabah Covid- 19. Dalam pesan edaran itu, umat Islam salah satunya direkomendasikan buat sholat tarawih dengan cara personal ataupun berjamaah bersama keluarga inti di rumah.

Senada dengan Menag, Majelis Ulama Indonesia( MUI) telah mengeluarkan Fatwa No 14 Tahun 2020 mengenai Penyelenggaraan Ibadah dalam Suasana Terjadi Wabah COVID- 19. Bila seorang berada di sesuatu kawasan yang kemampuan penularannya besar ataupun amat besar, sehingga dia bisa meninggalkan sholat tarawih di masjid ataupun tempat umum yang lain.

Dasar Cara sholat Tarawih dirumah

Sholat tarawih bisa dikerjakan dengan jumlah bilangan 8 rakaat serta diakhiri sholat witir 3 rakaat. Dalam menyelenggarakannya juga ada 2 metode. Ialah 4 rakaat satu salam ataupun 2 rakaat satu salam di tambah 3 rokaat sholat witir jadi jumlah 11 rokaat.

Bersumber pada penjelasan Majelis Tarjih serta Tajdid PP Muhammadiyah, jumlah rakaat sholat tarawih 4 rakaat satu salam serta 2 rakaat satu salam ialah tanawuk dalam beribadah, alhasil keduanya bisa diamalkan.

Sholat Tarawih 4 Rakaat Sekali Salam

Sholat tarawih 4 rakaat satu salam dilakukan dengan metode menjalankan 4 rakaat sholat tarawih ditutup dengan salam, setelah itu 4 rakaat sholat tarawih lagi serta ditutup dengan salam. Berikutnya, melakukan sholat witir 3 rakaat sebagai penutup.

Melakukan sholat tarawih 4 rakaat satu salam, didasarkan pada perkataan nabi riwayat Bukhari, dari Abī Salamah Ibn‘ Abd ar- Raḥmān yang menanya padaĀ’ isyah tentang aturan cara sholat Rasulullah pada Ramadhan.

A’ isyah menanggapi,” Nabi saw tidak sempat melaksanakan sholat sunat di bulan Ramadan serta bulan yang lain lebih dari 11 rakaat. Dia sholat 4 rakaat serta jangan anda tanya bagaimana bagus serta panjangnya. Setelah itu ia sholat lagi 4 rakaat, serta janganlah anda bertanya gimana bagus serta panjangnya. Setelah itu beliau sholat 3 rakaat( H. R. Bukharī).

Sholat Tarawih 2 Rakaat Sekali Salam

Metode kedua sholat tarawih 8 rakaat merupakan 2 rakaat sekali salam. Artinya yaitu menyelenggarakan sholat tarawih 2 rakaat ditutup satu salam sebanyak 4 kali. Dengan cara terperinci ialah 2 rakaat, 2 rakaat, 2 rakaat, serta 2 rakaat. Setelah itu dilanjutkan 3 rakaat sholat witir dengan metode 2 rakaat serta 1 rakaat.

Sholat tarawih 2 rakaat satu salam sendiri disandarkan pada riwayat al- Bukhārī, kalau Aisyah mengatakan,” Sempat Rasulullah saw melaksanakan sholat pada durasi antara sehabis berakhir Isya yang diketahui orang dengan‘ Atamah sampai Dinihari sebanyak 11 rakaat, beliau salam pada setiap 2 rakaat, serta dia sholat witir 1 rakaat( H. R. Muslim).

Tata Cara sholat Tarawih 8 Rakaat

Tentang aturan metode sholat tarawih 8 rakaat, dengan cara biasa serupa dengan sholat sunah yang yang lain. Yang membedakan merupakan metode yang dipakainya dalam menyelenggarakan sholat tarawih itu, apakah menggunakan sistem 4 rakaat satu salam ataupun 2 rakaat satu salam.

Tata Cara sholat Tarawih 4 Rakaat 1 Salam

Aturan metode sholat tarawih 4 rakaat satu salam ialah sebagai berikut:

  • Mengucapkan niat sholat tarawih sesuai dengan letaknya, sebagai imam ataupun makmum
  • Niat di dalam batin pada saat takbiratul ihram
  • Mengucap takbir disaat takbiratul ihram
  • Membaca Surat Al- Fatihah serta sesudah itu membaca salah satu surat dalam Al- Quran
  • Rukuk
  • Itidal
  • Sujud pertama
  • Duduk di antara 2 sujud Bersujud kedua
  • Duduk istirahat ataupun duduk sejenak saat sebelum bangun untuk mengerjakan rakaat kedua
  • Bangun dari duduk, kemudian melakukan rakaat kedua sampai rakaat keempat dengan gerakan yang serupa seperti rakaat pertama( mulai dari membaca Al- Fatihah sampai bersujud kedua)
  • Duduk tasyahud akhir dan salam pada rakaat kempat.

Tata Cara sholat Tarawih 2 Rakaat 1 Salam

Aturan metode sholat tarawih 2 rakaat satu salam, urut- urutannya semacam di dasar ini:

  • Melafalkan niat sholat tarawih sesuai dengan letaknya, sebagai imam ataupun makmum
  • Niat di dalam batin pada saat takbiratul ihram
  • Mengucap takbir dikala takbiratul ihram
  • Membaca Surat Al- Fatihah serta setelah itu membaca salah satu surat dalam Al- Quran
  • Rukuk
  • Itidal
  • Bersujud pertama
  • Duduk di antara 2 bersujud sujud kedua
  • Duduk rehat ataupun duduk sejenak saat sebelum bangun untuk melakukan rakaat kedua
  • Bangun dari duduk, kemudian melakukan rakaat kedua dengan gerakan yang serupa semacam rakaat pertama( mulai dari membaca Al- Fatihah sampai bersujud kedua)
  • Duduk tasyahud akhir serta salam pada rakaat kedua.( Dilakukan sebanyak 4 kali sampai mencapai keseluruhan sejumlah 8 rakaat).

Doa Sesudah Tarawih atau Doa Kamilin

Artinya:

“Yaa Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiban- kewajiban, yang memelihara salat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu,

yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang ridha dengan qadla-Mu (ketentuan-Mu), yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat,

yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad), yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka, yang duduk di atas ranjang kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra ,yang makan makanan surga,

yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih.

Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui.

Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya.

Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan shahabat beliau. Berkat rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.”

Dzikir Sholat Witir

سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسُ

Subhaanal malikil qudduus

Artinya

“Maha Suci Allah. Maha Raja”

سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّنَا وَرَبُّ الْمَلآئِكَةِ وَالرُّوْحِ

Subbuuhun qudduusur robbunaa wa robbul-malaa-‘ikati warruuh

Artinya: 

“Maha Suci lagi Maha qudus Tuhan kami, Tuhan seluruh Malaikat dan Ruh”

سُبْحَانَ اللهْ وَالْحَمْدُ لِلهْ وَلآ اِلَهَ اِلَّا اللهْ وَاللهُ اَكْبَرُ 

Subhaanallaahi wal-hamdu lillaahi wa laa ilaaha illallaahu wallaahu Akbar

Artinya:

“Maha suci Allah, dan segala puji bagi Allah, dan tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan allah Mahabesar”

وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahil-‘aliyyil-‘aziim.

Artinya:

“Dan tiada daya (untuk menghindar dari kemkasiatan), dan tiada kekuatan (untuk mengejakan ibadah) kecualai dengan pertolongan Allah Yang Maha tinggi lagi Maha besar.”

Doa Sesudah Sholat Witir

Sholat tarawih dilanjutkan dengan sholat witir sebanyak 3 rakaat. Diambil dari halaman Suara Muhammadiyah, disunahkan pula buat melaksanakan zikir dengan suara keras saat sebelum mengakhiri rangkaian sholat malam itu.

Artinya

“Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu’, kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia.”

“Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu’an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam.”

1.2K

SHARES

Share on facebook
Share
Share on twitter
Tweet
Share on pinterest
Pint
Share on linkedin
Link
Share on whatsapp
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

On Key

Related Posts

Panduan Dan Cara main Binomo Untuk Pemula

Kebanyakan investor pemula berupaya main di berbagai platform trading alternatif biner buat melatih keahlian serta kemampuan mereka. Salah satu tata cara yang sesuai dipakai untuk

Jadwal Imsak Ramadhan 2020 / 1441 H

Berikut ini baotme.com berbagi mengenai jadwal imsak ramadhan 2020 atau 1441 H semoga bermafaat dan puasnya lancar dan di terima oleh alloh swt. Semua warga