Apakah Glaukoma Bisa Disembuhkan (Kerusakan Saraf Mata) ?

Glaukoma_Keruksakan Saraf Mata

Kehilangan penglihatan karena adanya penyakit memang tidak diinginkan seperti apakah glaukoma bisa disembuhkan (keruskan saraf mata) ? Penyakit glaukoma ini biasanya diderita oleh orang dengan usia di atas 60 tahun.

Glaukoma memicu kebutaan permanen yang secara kedokteran belum bisa disembuhkan untuk sekarang ini. Glaukoma terjadi karena adanya tekanan bola mata. Biasanya, dokter mengontrol glaukoma dengan cara memberikan obat-obatan dan operasi agar penyakit tidak semakin parah.

Berbagai Terapi untuk Glaukoma

Apakah glaukoma bisa disembuhkan (keruskan saraf mata)? Ada banyak cara untuk memperlambat efek buruk dari glaukoma. Di antaranya dengan menggunakan obat tetes, obat diminum, dan operasi.

Obat Tetes Mata

Menggunakan Obat Tetes Mata

  • Prostalgin

Prostalgin mengobati glaukoma dengan meningkatkan arus ke luar cairan pada mata (aqueous humor) yang digunakan sehari sekali. Obat tetes mata yang teramasuk prostalgin adalah Latanoprost, Traviprost, Tafluprost, dan Bimatoprost.

  • Beta-Blocker

Beta-blocker bermanfaat untuk mengurangi produksi cairan di mata sehingga menurunkan tekanan pada bola mata. Pengunaan obat ini sekali atau dua kali sehari tergantung kondisi penderitanya. Contoh Beta-Blocker adalah betaxolol dan timolol.

  • Agonis Alfa-Adrenergik

Agonis Alfa-Adrenergik membantu meningkatkan arus ke luar cairan pada mata dan mengurangi produksi aqueous humor. Penggunaannya biasanya dua kali sehari atau tiga kali sehari. Contoh dari obat ini yaitu brimonidine dan apraclonidine.

  • Penghambat Karbonik Anhidrase

Apakah glaukoma bisa disembuhkan (keruskan saraf mata)? Carbonic anhydrase inhibitor atau penghambat karbonik anhidrase berfungsi untuk mengurangi cairan pada mata. Biasanya digunakan sehari dua kali atau sehari tiga kali. Contoh obat ini dalah brizolamide dan dorzolamide.

  • Penghambat Rho Kinase

Rho Kinase Inhibitir untuk membantu menurunkan tekanan pada bola mata. Caranya yaitu dengan menghambat enzim Rho Kinase sebagai enzim pemicu peningkatan cairan. Contohnya netarsudil yang diresepkan sehari sekali.

  • Obat Agen Miotik atau Kolinergik

Agen Miotik atau Kolinergik berfungsi untuk meningkatkan arus ke luar cairan dari mata pasien glaukoma. Contohnya pilocarpine yang digunakan empat kali sehari. Akan tetapi, obat ini berisiko sehingga jarang diresepkan oleh dokter.

Obat Yang Diminum

Menggunakan Obat yang Diminum

Apakah glaukoma (keruskan saraf mata) bisa disembuhkan? Dokter akan memberikan resep obat oral pada pasien glaukoma dari kategori penghambat karbonik anhidrase. Pemberian obat oral ini bila obat tetes mata tidak dapat mengurangi tekanan mata pada pasien ke tingkat yang diinginkan.

Namun sebelum mengonsumsi obat ini, Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Pasalnya, obat ini dapat menimbuylkan efek samping tertentu.

Melakukan Pembedahan atau Operasai

Tujuan dari pemberian obat-obatan, operasi dan terapi lainnya adalah untuk meningkatkan kualitas hidup penderita glaukoma. Terapi dengan operasi untuk glaukoma adalah :

  • Terapi dengan Laser

Pasien glaukoma jenis sudut terbuka bisa memilih terapi laser trabeculoplasty. Sudut aliran yang dibentuk oleh kornea dan iris mata tetap terbuka, tetapi jaringan pada mata yaitu trabecular meshwork sebagian mengalami penyumbatan.

Akibatnya, tekanan pada mata secara bertahap meningkat yang kemudian merusak saraf optik. Terapi laser (dengan menggunakan laser kecil)  befungsi untuk membuka saluran yang tersumbat pada trabecular meshwork.

  • Trabekulektomi atau Bedah Filtrasi

Apakah glaukoma (keruskan saraf mata) bisa disembuhkan? Dokter membuat bukaan pada bagian sklera atau putih mata, lalu mengangkat bagian tertentu dari jaringan trabecular meshwork disebut operasi trabekulektomi.

Trabekulektomi berfungsi untuk membuka saluran baru sebagai jalan pintas bagi trabecular meshwork, dalam mengurangi tekanan pada bola mata.

  • Penyisipan tabung Drainase

Penyisipan tabung drainase adalah dokter memasukan shunt  tabung kecil pada mata pasien. Tujuannya untuk mengalirkan kelebihan cairan sehingga menurunkan tekanan mata.

  • Operasi Glaukoma Invasif Minima

MIGS adalah minimally invasive glaukoma surgery. MIGS adalah jenis operasi yang dikembangkan agar bisa mengurangi beberapa komplikasi dari banyak operasi standar untuk glaukoma. Operasi ini dilaporkan efektif untuk mengurangi tekanan pada mata.

Glaukoma

Cara Mencegah Glaukoma Sejak Dini

Apakah glaukoma bisa disembuhkan (keruskan saraf mata)? Selain faktor keturunan, biasanya segala sesuatu terjadi ada penyebab lainnya. Misalnya glaukoma bisa dicegah sejak dini dengan cara :

  • Lindungi Mata dari Sinar UV

Banyak orang tidak mengetahui bahwa paparan sinar UV secara langsung pada mata dapat menyebabkan glaukoma. Berikan pelindung mata jika Anda beraktivitas di bawah mata hari secara langsung.

  • Konsumsi Buah Berwarna Gelp atau Abu-Abu

Glaukoma juga dapat dicegah dengan mengonsumsi buah-buhan berwrna gelap dan abu-abu. Contohny blueberry, cranberry, dan semua jenis buah golongan berry.

  • Konsumsi Makanan Tinggi Karotenoid

Karotenoid kaya vitamin A dan antioksidan. Contoh makanan tinggi karotenoid adalah jeruk, wortel, ubi jalar, nanas, dan pepaya.

  • Kendalikan Kdar Gula Darah

Mengendalikan kadar gula darah sangat penting untuk mencegah glaukoma. Hal ini karena diabetes dapat menyebabkan gangguan lensa mata dan retina.

  • Periksa Mata Secara Teratur

Usia di atas 40 tahun sangat penting memeriksa kesehatan mata. Bila ada tanda-tanda glaukoma dapat dicegah sejak dini.

Sayangnya, secara kedokteran glaukoma belum bisa disembuhkan. Namun penderita glaukoma jangan beerkecil hati karena kini ada terapi lain dengan menggunakan K-Ion Nano untuk mengatasi masalah glaukoma.

Untuk mendapatkan produk original silakan download aplikasi k-mart klik gambar di bawah ini.

👇👇👇

download

☝️☝️☝️

Dengan begitu, Anda mendapat gambaran akan pertanyaan apakah glaukoma bisa disembuhkan (keruskan saraf mata)?

Ditinjau oleh : dr. Mahendra Rasta Diningrat

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Baca Juga