Baotme.com - Jasa Pembuatan Website
BELAJAR SEO GRATIS UNTUK PEMULA

Belajar SEO Panduan Mudah Menerapkan SEO Untuk Pemula

Belajar SEO (Search Engine Optimization ) merupakan sebuah pengetahuan wajib bagi pembisnis pemula yang sudah mempunyai website promosi lewat mesin pencari untuk bisa mendapatkan banyak berdatangan pengunjung baru ke website atau toko online atau blog promosinya.

Belajar SEO Mulai Dari Mana ?

Supaya anda mudah belajar seo disini saya akan rangkun dengan lengkap dan terstruktur setiap bagian pembahasan dalam satu halaman ini supaya anda tidak ribet pindah ke halaman lainnya mulai dari pengenal seo dasar sampai ke tingkat lanjut.

apa itu seo

1. Konsep Dasar SEO

Pasti anda sering melakukan pencarian sesutu hal informasi lewat mesin pencari seperti Google, Bing dll dan ketika anda ketik sebuah kata yang anda inginkan nanti google akan memberikan urutan website yang terurut dan relevan sesuai kata yang anda cari.

Dan faktor relevan merupakan salah satu faktor seo dari sekian banyak faktor dimana website anda bisa berada di page 1 google dengan mudah dan cepat.

SEO (Search Engine Optimization) merupakan tindakan optimasi website untuk mesin pencari supaya mendapatkan pringkat atau posisi lebih baik di hasil pencarian mesin pencari.

Mesin pencari seperti Google ini menggunakan algoritma yang sudah mereka tentukan untuk mengurukan daftar website berdasarkan rangking dan berdasarkan kualitas konten dll.

Dengan anda mempraktekan dan menggunakan teknik SEO supaya website anda bisa di baca oleh mesin pencari dan bersahabat dengan algoritma mesin pencari tersebut.

Mengapa SEO Itu Sangat Penting Untuk Website ?

Semenjak hadirnya mesin pencari seperti Google, Bing dll semua hampir mencari informasi lewat online search engine baik informasi berita, pengetahuan, harga jual dll.

Dari data yang di berikan dan di publish oleh Google website yang bisa menempati peringkat atau rangking pertama sampai ke tiga mendapatkan total klik dengan random kurang lebih dari 50%.

Dan untuk peringkat pertama biasa mendapatkan lebih dari 20%.

Ini sangat menunjukan sekali betapa pentingnya SEO untuk website anda dengan bantuan SEO anda bisa mendapatkan banyak ratusan hingga ribuan pengunjung barunya per hari.

Pengunjung dari mesin pencari itu merupakan orang yang memang sedang mencari informasi yang mereka inginkan mulai dari membeli sebuah produk atau mencari informasi pengetahaun belajar seo online dan jika anda mempunya bisni prolehan traffic dari mesin pencari itu memiliki tingkat konversi yang sangat tinggi.

SEO ini merupakan bagian dari inbound marketing dan merupakan bagian dari teknik markering modern di era digital atau milenial ini.

Pemasaran menggunakan inbound termasuk metode SEO marketing ini memakan biaya yang sangat kecil dibanding dengan pemsaran tradisional lainnya.

Konsep Dasar SEO

Google merupakan mesin pencari merupakan sebuah produk dan mereka ingin user puang menggunakan layanan mesin pencari yang mereka buat.

Dan penggunanya pasti menginginkan website terbaik dan relevan yang muncul di halaman pertama karena itu mesin pencari selalu ingin menampilan informasi dan daftar website yang tepat dengan kata kunci yang di tuliskan oleh penggunanya.

Inti dari SEO adalah menjadikan website anda yang terbaik untuk kata kunci yang anda tergetkan.

Dalam segi apa saja yang terbaik itu :

  • Konten Yang Berkualitas
  • Struktur dan Navigasi Yang mudah
  • Kepuasan Pengunjung (User Experience/UX)
  • Popularitas

Apakah Website Anda Bisa Sukses Tanpa SEO ?

 

Sangat Bisa !

Dengan mengenal konsep dasar SEO di atas sebetulnya sudah banyak website yang sukses bisa banyak traffic dan penjualan dengan tidak paham sama seklai tehnikal seo karena sekarang mesin pencari sudah pintar salah satu contoh seperti konten berita jika website adan sudah punya brand dan terkenal seo teknikal sudah jarang di gunakan di setiap konten tapi tetap unsur on-page seo pasti di gunakan tapi terkadang tanpa backlink bisa viral juga di media social dan di mesin pencari juga otomatis di prioritaskan juga karena dari segi kontak dll.

Tapi tidak semua website seperti itu jika anda mempunyai website baru makan SEO teknikal ini sangat penting sekali untuk meminimalisi biaya marketing anda dengan menggunakan metode berbayar seperti google ads dll.

Apakah SEO Bisa Anda Kerjakan Sendiri ?

Sebetulanya untuk pengerjaan SEO anda bisa kerjakan dan praktekan sendiri dengan banyak sekali panduan belajar SEO di internet sehingga akan mudah sekali anda mempraktekannya dan menekan budget promosi anda.

Tapi jika website anda sangat komplek misal banyak produk seperti toko onlien atau website app yang tidak mudah jika anda optimasi sendiri kami sarankan anda menggunakan jasa seo terpercaya di internet banyak anda bisa cari saja yah.

Apa Yang Akan Anda Pelajari

Sangat banyak sekali komponen dalam SEO untuk bisa menentukan sebera bagus website anda di mata google atau mesin pencari dan komponen itu juga menjadi penentu urutan rangking posisi di mesin pencari.

Ini merupakan daftar materi SEO yang harus anda kuasai.

  1. Optimasi Halaman Website
  2. Riset Kata Kunci (Keyword Research)
  3. Analisa Pesaing Anda
  4. Membuat Konten SEO Friendly
  5. Membangun backlink dan reputasi.
  6. Melakukan audit terhadap performa SEO Anda.

2. On Page SEO

Belajar SEO On Page

Apa itu optimasi on page SEO ini merupakan aktifitas optimasi dari dalam website apa saja tuh yang ada di dalam website ? banyak sekali mulai dari optimasi konten di dalam artikel kemudian optimasi alt tag di gambar dll.

Kunci utama dari seo on page konten yang berkualitas dan konten yang relevan.

Dengan optimasi seo on page supaya website anda mudah di baca oleh mesin pencari dengan struktur SEO yang benar dan berkualitas.

Dan bagaimana cara optimasi seo on page itu ?

Konsep Dasar On Page SEO

Di dalam konsep seo optimasi on page merupakan hal yang paling utama yang harus anda pahami.

Emang hanya optimasi on page seo saja yang harus anda lakukan ? tentu tidak banyak sekali optimasi lainnya seperti off page dll yang akan di bahas di bawah, dan tanpa optimasi on page seo anda loncat ke optimasi lainnya maka tidak akan maksimal hasilnya.

Inti yang sebenarnya dari on-page SEO adalah :

  • Konten yang bermanfaat bagi pengunjung
  • Navigasi yang mudah untuk penggunjung
  • Pengunjung merasa betah lama-lama di dalamnya
  • Mesin pencari bisa mudah membaca struktur website anda

Mungkin anda sedikit bertanya kenapa semuanya ke pengunjung kapan optimasi mesin pencarinya hehe tenang memang mesin pencari yang cari siapa ?

Pasti pengunjung kan otomatis kalau pengunjung betah banyak yang kunjungi lagi dan lagi otomatis otoritas website anda makin meningkat posisi rangking pun akan lebih baik lagi karena konten anda bagus di mana pengunjung apalagi di mata mesin pencari.

Komponen Yang Harus di Optimalkan di Website Anda

Banyak sekali faktor yang sangat mempengaruhi kepuasan pengunjung website adna dan disini kita akan bahasa satu per satu secara jelas :

  1. Konten
  2. Keyword
  3. Judul
  4. URL
  5. Meta description
  6. Media gambar
  7. Outbound link
  8. Internal link
  9. Social sharing
  10. Kecepatan website

1. Konten Yang Berkualitas (SEO Friendly)

Anda bisa perhatikan konten ini merupakan sebuah komponen utama dalam website dan itu artinya konten memang memiliki perang penting dalam optimasi on page seo.

Mustahil sekali anda bisa dapatkan pringkat 1 google tanpa mempunyai konten berkualitas.

Tapi apa ciri-ciri konten yang berkualitas ?

  • Memberikan manfaat maksimum bagi pengunjung
  • Lebih menonjol dibandingkan konten lain yang sejenis
  • Dibaca dalam waktu panjang oleh pengunjung
  • Membangkitkan perasaan (kagum, terhibur, bahagia, dll.)
  • Menyelesaikan permasalahan pengunjung

Itulah 5 kriteria konten berkualitas.

Jika anda ingin dapatkan pringkat 1 google di mesin pencari dalam jangka panjang maka konten anda harus memenuhi syarat kelima di atas.

Harus anda ketahui bahwa Google secara terang terangan mengatakan bahwa merek menentang konten yang  seperti di bawah ini :

  • Kurus (thin), dengan kata lain tidak berbobot
  • Tidak memberikan nilai tambah bagi pembaca
  • Tidak original
  • Membuat pembaca frustrasi (karena kualitasnya rendah)

Jika konten anda masuk ke kategori di atas makan tentu akan sulit sekali website anda bisa mendapatkan peringkat terbaik di google.

Parahnya lagi jika website anda kontennya seperti itu rawan untuk kena penalti!

2. Keyword (Kata Kunci) yang ada Pencarinya dan Tertarget

Mungkin anda bertanya keyword itu apa ? keyword atau kata kunci yang anda sering ketikan di google ketika anda cari informasi sesuatu yang anda inginkan nah itu adalah keyword.

Dan keyword ini tidak sembarang menentukannya tidak asal main tebak saja tapi semua berdasarkan riset dan data yang benar dan rata-rata sehingga anda tidak akan salah dalam menargetkan satu kata kunci untuk konten di website anda.

Caranya Bagaimana ?

Mudah sekali untuk riset kata kunci tapi sebelum riset kata kunci anda harus tau anda mau jual produk apa atau anda mau buat artikel tentang apa ?

Contoh disini saya jualan sepatu dan saya buat website toko online sepatu tapi saya mau upload produk atau artikel dan ingin di optimasi seo dengan target keyword yang tepat dan ada pencarinya dong biar terjadi transaksi atau konversi penjualan.

Cara riset kata kunci saya sudah jelaskan di disini Cara Riset Kata Kunci (Keyword)

Dan kenapa harus riset kata kunci dulu sebelum anda membuat konten tentu supaya tepat sasaran dan artikel anda relevan dengan apa yang pengunjung cari di mesin pencari seperti Google.

3. Judul Halaman yang Menarik untuk di Klik

Kenapa harus menarik di bagian judul meta Title SEO karena ini berkaitan dengan CTR makin tinggi persentase CTR anda makin bagus dan banyak pengujung yang masuk ke website anda karena judul yang menarik mengundang klik.

Misalnya anda cari informasi Belajar SEO dan ketikan di google kemudian muncul beberap barisan website dan terlihat judul di websitenya dong dengan kata belajar SEO tapi pasti semuanya pake untuk yang di halaman 1 google tapi anda cenderung tertarik kemana itu pasti berbeda dan perlu ada tambahan kata menarik dong.

Misalnya “Belajar SEO Gratis Lengkap Untuk Pemula” coba anda tertarik ga gratis lho lengkap lagi haha.

Tapi anda coba terus di test yah buat judul berbeda untuk test.

Karena dengan CTR ini ketika website atau sudah berada posisi page 1 baris satu misal tapi judul lebih menarik baris yang ke 2 dan banyak orang yang klik yang website di baris kedua maka lama kelamaan website anda akan berganti dengan website baris ke 2 naik ke atas dan anda pindah kebawah hehe

ko Bisa,….

Yah bisa dong namanya Google puanya algoritmanya karena pengunjung lebih suka dan banyak klik yang bawah dan berarti Judul yang menarik ini sangat penting sekali.

4. URL yang singkat dan megandung kata kunci

Meski url ini tidak mempunyai perngaruh yang besar di SEO tapi url yang mengandung keyword ini sangat mempengaruhi terhadap peringkat website atau post yang anda buat di mesin pencari.

Berikut ini adalah contoh URL yang tidak seo friendly :

baotme.com/?p=99

Dan URL yang bagus itu selalu relevan dengan isi yang ada di konten yang kita buat.

Contohnya :

Post ‘Jual Parfum’ > domain.com/jual-parfum/

Page Produk Iphone x > domain.com/iphone/iphone-x/

Jadi buatlah URL yang mendeskripsikan isi di dalam konten lebih baik lagi mengandung keyword utama.

5. Meta description yang jelas dan menarik untuk klik

Meta Description merupakan 1-2 kalimat atau lebih yang muncul di hasil mesin pencari dan itu harus mengandung kata kunci utama :

Meta deskripsi ini sebetulnya tidak mempengaruhi rangking halaman anda tapi lebih bagus lagi ya di optimasi dan mengandung kata kunci yang anda targetkan.

Karena google sekarang lebih sering mengambil deksripsi dari dalam konten di halaman tersebut.

Terkadang di meta deskripsi tidak ada kata kunci yang di targetkan tapi di dalam konten ada kata kunci sesuai dengan yang di cari oleh pengguna dan itu terbaca dan di ambil oleh google.

Dengan meta deskripsi yang menarik itu sangat membantu banyak pengunjung yang tertarik dan mengunjungi website anda.

Seperti logika yang sudah saya ulah di atas banyak klik dari pengunjung = semakin baik rangking website anda.

6. Gambar yang berkualitas tinggi dan ukuran yang optimal

Coba anda bayangkan jika satu halaman website isinya cuman teks saja pasti sangat membosankan sekali bukan maknya perlu adanya visualisasi dengan gambar dan gambar yang seperti apa dan ukuranya gimana.

Saran saya cari yang relevan bisa anda buat sendiri atau cari di Google dan dengan kualitas gambar terbaik tapi ukurannya jangan terlalu besar karena kalau terlalu besar itu akan menyebabkan website anda loading lama.

Beberapa tips mengoptimalkan gambar :

  • Gunakan gambar yang berhubungan dan menjelaskan konten
  • Gunakan tipe ekstensi yang tepat agar ukuran file tidak besar
  • Pastikan resolusi gambar sesuai dengan yang ditampilkan
  • Kompres gambar supaya lebih optimal
  • Tambahkan atribut alt dengan kata kunci ketika meletakkan gambar

7. Dapatkan Referensi berupa link berkualitas ke website lain

Di bagian ini sangat penting terutama untuk website yang masih baru kenapa penting ?

Karena Google melihat dan memfilter sebera relevan dan sebera bagus konten nya apakah terpercaya dan bersumber atau tidak makanya kalau website yang sudah besar berumur lama mudah sekali konten untuk masuk peringkat terbaik di google.

Dan untuk website baru perlu banyak referensi link dari yang terpercaya seperti apa contohnya.

Misal anda mengutip sebuah istilah atau pengertian tentang hal apa saja dan anda tautkan referensi terpercaya dari wikipedia.co.id itu lebih baik di mata google dan juga mempengaruhi kualitas konten anda.

8. Masukan Internal link untuk lebih mudah bernavigasi

Ada istilah di dalam SEO yaitu Bounce dimana bounce ini pengunjung yang masuk ke website anda kemudian di tidak melakukan apa-apa lalu keluar.

Bounce rate ini di ukur dari tingkat seberapa lama pengunjung lama di website anda dan melalukan navigasi ke halaman mana saja.

Ketika Bounce rate tinggi nilainya berarti konten anda bermasalah :

  • Kualitasnya konten mengecewakan
  • Navigasinya yang sulit
  • Loading website lama

Jika bounce rate tinggi makan konten anda sulit untuk mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari dan pengujung anda kecewa apalagi google martik nya algoritmanya yang membanya tingkah laku pengunjung yang masuk ke website anda maka internal link (link antar halaman) ini sangat penting untuk memudahkan pengunjung bernavigasi di website anda.

9. Mudah di-share ke social media

Sekarang Google tidak menilai dari tingkat jumlah share konten ke media social untuk rangking website anda tapi bukan berarti ini tidak penting justru sangat berdampak sekali terhadap website anda.

Ini efek dari social share :

  • Pengunjung Bertambah
  • Branding, website anda akan dikenal di media social juga
  • Faktor kepuasan bertambah tinggi (kalau website anda bisa memuaskan pengunjung yang datang)
  • Beberapa dari pengunjung akan memberikan backlink dari media social

Dibanding dengan SEO media social juga sangat bagus untuk membangun branding ketika website anda sudah di kenal di media social makan pengunjung akan mencari di Google serach atau mesin pencari.

Dan oleh karena itu tombol share media social di website anda sangat penting.

10. Kecepatan loading website dan hambatan kecepatan

Kecepatan website sangat penting dan sangat mempengaruhi peringkat website anda.

Peningkatan kecepatan website bukan hanya untuk mesin pencari Google tapi untuk kenyamanan pengunjung juga dan banyak bounce rate itu juga bisa dari paktor kecepatan website yang lambat makanya perlu di optimasi.

page speed kecepatan website sangat penting untuk seo

 

Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi kecepatan:

  • Kualitas hosting yang digunakan
  • Jumlah file .js dan .css di <head>
  • Ukuran Gambar yang terlalu besar
  • Ukuran halaman yang terlalu besar sehingga mengganggu pengunjung

Harus anda ingat terlalu banyak gambar dan video ini juga mempengaruhi kecepatan website anda makanya perlu di kompress dan jangan terlalu banyak gambar yang penting penting saja.

Dan anda harus segera optimasi jika kecepatan website anda kurang dari Score 75 anda bisa cek kecepetan website anda dengan tools di bawah ini :

3. Riset Kata Kunci (Keyword Research) dan Analisa Pesaingan

riset kata kunci keyword research

Riset Kata Kunci (Keyword Research) adalah mencari kata kunci yang memang ada pencarinya dan tertarget sesuai yang anda targetkan.

Pentingnya Riset Kata Kunci

Jadi jangan sampai anda melewati tahap riset kata kunci sebelum anda membaut konten anda karena nantinya akan percuma ketika salah satu konten anda masuk page pertama di google tapi tarffic atau pengungjung nya tidak ada sudah pasti itu kata kuncinya tidak tepat dengan apa yang pengunjung ketikan.

Untuk mengetahui kata kunci yang tepat anda bisa menggunakan tools yang lengkap ini gratis dari Ubersuggest

Riset Keyword (Kata Kunci) Dengan Ubersuggest

Tools ini masih baru dan lengkap gratis lagi saya sering sekali menggunakan tools ini karena lebih lengkap dan datanya lumayan hampir sama dengan google keyword planner.

Kenapa tidak pakai google keyword planner karena sekarang kalau data pencarinya ingin real (12.000) tidak estimasi seperti (100-1000) itu perlu beriklan atau akunya harus pernah beriklan di google ads.

Caranya cukup mudah sekali :

  • Kunjungi https://app.neilpatel.com/en/ubersuggest/
  • Pilih target negara
  • Masukan kata kunci
  • Klik Search

Seperti gambar di bawah ini :

riset kata kunci dengan ubersuggest belajar seo

Di gambar di atas banyak sekali indikator yang perlu anda tau :

  • Search Volume (Jumlah Pencarian Rata-Rata Perbulan)
  • SEO Difficulty (Tingkat Kesulitan SEO)
  • Paid Difficulty (Tingkat Kesulitan Google Ads)
  • Cost Per Click (Biaya Per Klik Menggunakan Google Ads Iklan berbayar)

Dengan metrik di atas anda jadi tau tingkat persaingan kata kunci yang anda tentukan mudah atau sulit dan apa sangat sulit adan indikator nilai score nya jiak 20 ke bawah itu easy atau mudah dan jika 40 ke atas media 60 ke atas hard atau sangat sulit.

Jadi saran saya targetkan dengan keyword yang mudah dulu untuk di awal membangun konten di website anda.

Mencari Kata Kunci Persaingan Rendah

Untuk mencari kata kunci dengan persaingan rendah anda bisa target kan yang long tail keyword apa itu long tail keyword (kata kunci panjang) dan itu sangat mudah sekali biasanya 3-5 kata lebih itu termasuk long tail keyword.

Contohnya : tips belanja online aman

Di atas merupakan kata kunci panjang atau long tail keyword dan untuk short keyword ini sangat sulit dan tergantung persaingan juga sih.

Contoh yang short keyword : tips belanja online, jual baju muslim dll

Silahkan ada gunakan kata kunci panjang untuk target konten di website baru anda.

4. Content Marketing Merupakan Bagian Utama dari SEO

content marketing belajar seo

Di bagian ini anda akan berkenalan dengan bagian yang terpenting dari SEO yaitu content marketing atau pemasaran konten.

SEO dengan konten ini merupakan bagian yang berbeda tapi masih dalam satu tempat dan saling berhubungan satu sama lainnya.

SEO tanpa konten yang berkualitas sia sia dan sebaliknya konten berkualitas tanpa seo yah sama aja.

Dan jika kedua komponen ini tidak di gunakan secara maksimal maka hasilnya website anda tidak akan maksimal dan mendatangkan pengujung banyak dan posisi terbaik di mesin pencari.

Apa itu content marketing (pemasaran konten) ?

Content marketing ialah kegiatan usaha-usaha pemasaran online yang dilakukan dengan cara membuat konten yang bermanfaat untuk orang lain dengan tujuan agar mereka makin mengenal bisnis/usaha anda.

Teknik pemasaran dengan konten marketing ini sangat populer, bisa kita lihat perkembangannya yang sangat pesat dalam grafik ini :

peningkatan kunjungan dengan konten marketing belajar seo

Berikut ini contoh penerapannya :

Sebuah produk baju muslim kemudian menerbitakan konten-konten yang berisi tips berhijab dan konten muslim lainnya yang berhubungan dengan baju muslim dengan begitu ketika orang cari tips berhijab anda bisa mempromosikan produk anda ke target yang tepat.

Dari sini anda sudah bisa tau dan paham hubungan antara konten marketing dan seo.

SEO Modern adalah Konten Marketing + SEO

Pada jaman dahulu kala seo itu merupakan sosok yang menakutkan haha lebay banget yah jadi gini dulu seo itu yang di optimalkan itu bukan dari konten tapi praktisi seo terus berusaha keras untuk mencari celah untuk bisa masuk di page pertama google.

Misal mencari celah dengan submit backlink dengan robot atau dengan tools spamming lainnya, keyword yang banyak (stuffing keyword) dll yang bisa merusak kualitas website di kemudian hari bahkan bisa juga de-index website anda hehe.

Kemudian apa yang harus anda lakukan ?

Anda harus menyadari betapa pentingnya kualitas konten dan SEO dan berarti anda harus fokus mengingkatkan kualitas konten yang terbaik dan mudah di baca tidak hanyak konten yang asal-asal asal banyak asal ada tapi harus mudah di baca dai di pahami serta memberikan solusi atau jawaban buat pengguna tidak hanya buat Google saja.

Dan oleh karena itu anda harus perhatikan aturan main di bawah ini :

1. Buat Konten Yang Berkualitas

Tidak ada orang yang ingin baca konten yang tidak berkualitas dan tidak memberikan solusi bahkan tidak menarik untuk di baca oleh karena itu anda harus membuat konten yang yang berkualitas karena semakin banyak konten yang berkualitas semakin tinggi juga peluang website anda mendapatkan banyak pengunjung dari mesin pencari.

Dan mendapatkan posisi rangking terbaik di mesin pencari Google sudah tidak sulit lagi jika bagian ini anda optimasi dengan tepat.

Jadi anda jangan membuat konten yang berkualitas rendah karena itu akan berdampak ke nilai website anda juga akan rendah.

Terus bagaimana cara membuat konten berkualitas apa saja yang perlu apa saja yang harus anda penuhi konten itu seo friendly dan berkualitas.

Optimasi Konten Berkualitas

  • Tentukan kata kunci filter dan mulai dengan kata kunci pesaing yang rendah -> menengah -> tinggi sebelum buat konten sesuai kata kunci.
  • Syarat agar konten bisa menempati posisi terbaik di google.
    • Tidak boleh copy paste (konten harus oroginal dan belum ada di website manapun)
    • Terdapat kata kunci di : Title, Meta Title, Meta Deskripsi, 100 Kata pertama, 100 kata terkahir, H1, H2, H3, Alt Text Gambar, jumlah konten minimal harus 500 kata bahkan lebih.
    • Simpan gambar dulu di atasnya kemudian sisipkan kata kunci di 100 kata pertama.
    • H1,(biasanya udah di judul) jadi anda tinggal buat H2(kata kunci+kata lain),
      H3 (kata kunci+kata lain)
    • Tulisa konten 500 kata yang menarik dan enak di baca kalau emang konten penawaran.
    • Setelah selesai cek lagi dengan SEOquake -> diagnosis.
    • Diantara H1 H2 itu di pisahkan dengan kata kata 100 kata dll.
    • Harus ada persamaan kata dari kata kunci di H3
    • Keyword density. Kata kunci / kata lain x 100% density yang standar 2-3% yang terbaik 2,5% – 2,75% kalau ini kurang anda harus mengulang tambagkan kata kunci nya di dalam konen dan jika lebih anda bisa kurangi atau tambahkan kata lainnya biar tanpa mengurangi kata kunci untuk menurunkan density anda bisa tambahkan kalimat misal awal 500 kata jadi 600 kata lainnya.
2. Kuantitas konten sudah tidak terlalu penting

Jumlah konten banyak tapi tidak berkualitas itu sangat percuma dan sangat ngabisin banyak waktu dan pikiran tapi tidak berdampak positip dan posisi terbaik untuk halaman website anda di mesin pencari.

Semakin sering anda publish konten, itu semakin sulit anda untuk mempertahankan kualitas konten yang anda buat.

Jadi anda harus pastikan konten yang anda buat dan bahas itu tidak dimiliki di website lain dan kalau bisa kualitas konten lebih tinggi memang di informasi sekarang sudah banyak yang terbitkan di google website lain.

Terus bagaimana saya mau buat konten tapi sudah ada yang buat tenang saja anda tinggal buat konten maksud yang sama tapi bahasa kosa katanya berbeda dan misal aga grafik gambar tambahan dll pokonya harus lebih tinggi nilai kualitas dari konten yang sudah ada supaya anda bisa masuk di page 1 google.

3. Google itu me-rangking halaman, bukan website

Bener banget google itu tidak peduli website anda memiliki banyak halaman sampai 1000 halaman sekalipun tapi yang google rangking kan cuman 1 halaman terbaik dari website anda.

Jadi jumlah konten banyak tidak akan mempengaruhi rangkin website anda di mesin pencari.

Jadi anda harus buat konten terbaik anda dengan fokus kata kunci yang anda fokuskan jangan anda buat 2 konten yang masih nargeting kata kunci yang masih saya mending ada buat 1 konten yang maksimal dan berkualitas.

4. Konten berkualitas saja itu belum cukup

Meskipun konten ini memiliki peran terbesar tapi Google merupakan robot sehingga google perlu dukungan komponen luar yang menyatakan bahwa konten itu berkualitas atau tidak.

Jadi tidak hanya relevansi saja itu sih udah bisa kebaca oleh google tapi misal keputusan membaca orang berapa lama orang lama berada di halaman tersebut kemudian apakah banyak yang mereferensikan halaman tersebut di website lain (backlink) atau konten ini banyak di share tidak di media social dll.

5. Penggunaan keyword itu penting

Content marketing biasanya suka lupa dengan keyword (kata kunci) karena ini merupakan peran penting untuk SEO karena percuma kalau konten anda banyak dan bekualitas jika tanpa sentuhan kata kunci yang tepat dan tertarget.

4 kesalahan fatal dalam penggunaan keyword (kata kunci) untuk konten SEO :

  1. Keyword stuffing – ini menggunakan kata kunci yang sama dan terus di ulang-ulang dalam satu halaman atau satu post, harapannya supaya Google bisa menganggap konten ini sangat relevan dengan kata kunci yang anda targetkan, padahal itu akan berakibat fatal.
  2. Keyword umum – berusaha mengincar kata kunci (keyword) yang terlalu umum atau luas tanpa peduli dengan search intent atau maksud pencariannya.
  3. Tanpa keyword – jika anda sudah mencoba menerbitkan banyak konten, anda akan merasakan bahwa konten yang mengincar suatu kata kunci (keyword) tertentu secara tepat akan mendapat volume atau jumlah pengunjung yang lebih besar dari pada yang tidak mengincar sama sekali.
  4. Persaingan internal – jika 1 website umumnya hanya muncul sekali di satu halaman hasil pencarian. Jika lebih dari satu konten anda membidik keyword utama yang sama, maka anda akan terjadi persaingan internal halaman di website anda. Karena itu lakukan cek untuk keyword di setiap halaman website anda.

5. Off Page SEO Membangun Backlink

off page seo

Dibagian SEO off page ini adalah bagian optimasi di luar website.

Mengoptimasi website di bagian On Page SEO saja tidak cukup dan tentu harus ada dukungan optimasi off page seo juga supaya lebih maksimal dan bisa masuk ke halaman pertama di mesin pencari Google.

Mengapa Backlink Itu Sangat Penting

Jadi begini untuk lebih mengenal off page seo saya disini ingin menjelaskan sedikit tentang proses crawel google ke semua website.

Google itu merupakan sistem dan yang bekerja itu ada Googlebot si googlebot ini dia bekerja mencari dari link ke link di semua website dan nanti google akan mempilter mana website yang memilki banyak referensi link (url) yang berkualitas.

Lebih banyak url yang meberikan referensi ke website anda maka semakin bagus pula website anda dimata google.

  • Pengertian off page adalah optimasi yang di lakukan di luar website ini lebih dikenal dengan backlink (rekomendasi) anchor text (kata yang mengandung link)
  • Syarat membuat anchor text minumum 20%/30% backlink dengan kata kunci kursus seo sisinya dengan kata lainnya.

Sosial Bookmark

  • Backlink harus berkualitas seperti fb dll web yang autoriti tinggi.
    1) Syarta backlink harus Relevan
    2) DA tinggi minimal di atas 30
    3) PA tinggi minimal di atas 30
    4) Cek DA PA dengan tools sebelum di jadikan backlink di checkmoz.com

Jenis Jenis Backlink

  • Backlink social media
    1. Facebook
    2. Twitter
    3. Printers
    4. Quora dll.
  • Backlink social bookmark
    1. Backlink social profile di fans page.
    2. Backlink di google my businness di map.
    3. Backlink web directory / sudah tidak di rekomendasikan
    4. Backlink contektual link di dalam konten
    5. Backlink Blog commant/ sudah tidak di rekomendasikan
  • Tugas cari backlink sampai 100 backlink tapi jangan satu hari misal per hari dapatkan 5 backlink sampai mencapai 100 backlink dengan backlink media social dan social bookmark. Bisa cari di google sumber baklink nya dengan syarat berkualitas DA PA tinggi dan relevan.
  • Dan masukan di exel ceklis setiap buat backlink.
  • Contoh backlink di social media(fans page) cukup cantumkan di status saja.
  • Tidak akan mendongkrak langsung rangking tapi untuk keragamanan anchor text.

Semoga Pandun Belajar SEO GRATIS ini bisa membantu ada dalam meningkatkan pengunjung ke website baru anda dan bisa mendaptakan banyak konvesi penjualan di toko online anda jika anda menggunakan SEO untuk promosi produk yang anda jual.

Jika anda mengalami kendala atau ada pertanyaan silahkan komentar di bawah ini dan jangan lupa bagikan panduan belajar seo lengkap ini ke teman di media social anda semoga bermanfaat.

About The Author

2 thoughts on “Belajar SEO Panduan Mudah Menerapkan SEO Untuk Pemula”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Baotme.com - Jasa Pembuatan Website
Scroll to Top